Dalam rangka menyambut tahun yang baru, apa saja yang telah kamu persiapkan? Bagaimana dengan menghadirkan suasana baru di rumahmu? Memperbaharui tampilan desain ruangan di rumah dapat mendatangkan energi baru, menyempurnakan semangat dalam menyambut lembaran tahun yang baru.

 apartmenttherapy.com

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk  menyegarkan kembali desain ruangan yang terlihat usang, baik itu perombakan besar ataupun penambahan detail kecil. Meskipun begitu, jangan sampai kamu melewatkan satu hal.

Dalam memperbaharui desain ruangan, bukan saja keindahan visual yang perlu dicapai, tapi kenyamanan pengguna ruangan menjadi yang utama. Pilihlah objek yang dapat menambah nilai kenyamanan pada desain ruangan. Kenalilah kriteria kenyamananmu melalui 5 cara berikut ini!

Mengganti warna cat pada desain ruangan

 hunker.com

Polesan warna baru yang diaplikasikan baik pada sebagian elemen desain ruangan, seperti pada perabot dan pernik dekor maupun pada keseluruhan ruang memang efektif dalam mencipatkan kesan berbeda. Warna cat tembok mampu memberi ritme baru pada desain ruangan lama.

apartmenttherapy.com

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah warna pada desain ruangan adalah dengan mengecat tembok dengan cara yang unik, mewarnai ulang furnitur, dan mengaplikasikan wallpaper dinding. Perubahan warna pada desain ruangan juga bisa dihadirkan melalui soft furnishing seperti sarung bantal, tirai, kap lampu, dan karpet.

Sesuiakan material dengan suasana yang ingin dihadirkan

hunker.com

Salah satu elemen yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan desain ruangan adalah material interior. Pilihan material berbahan atau bertekstur kayu misalnya, dapat menghadirkan suasana alami yang menghangatkan pada desain ruangan. Selain itu, kayu juga kedap suara sehingga dapat melindungi privasi pengguna ruangan.

 home-designing.com

Jika kamu ingin menghadirkan kesan sejuk pada desain ruangan, gunakanlah keramik atau material batu alam seperti marmer dan granit sebagai pelapis lantai dan dinding. Untuk kesan yang lebih modern, kaca atau cermin dapat dipasang sebagai hiasan atau ornamen sekat.

Tentukan pilihan motif yang ingin ditampilkan

hunker.com

Memperbaharui desain ruangan tidak berarti kamu harus melakukan perubahan besar atau membeli perabot dan dekorasi baru. Detail yang kecil, seperti motif dan pola, ternyata  dapat memberi dampak yang menakjubkan pada perubahan desain ruangan.

apartmenttherapy.com

Motif dan pola pada desain ruangan biasanya sengaja dihadirkan untuk menutupu kekurangan yang ada. Pada ruanga berplafon rendah, motif garis vertikal  diterapkan agar ruangan terkesan lebih tinggi. Tidak hanya pada dinding, teknik ini pun bisa diaplikasikan pada objek ruangan yang lebih kecil, seperti karpet dan gorden jendela.

Selain membuat tampilan ruangan lebih nyaman untuk dinikmati, perpaduan motif dan pola yang diterapkan pada desain ruangan mampu memberi nuansa dinamis pada ruangan.

Hadirkan permainan tekstur di dalam desain ruangan

hunker.com

Permainan tekstur berperan dalam menciptakan sensasi dalam desain ruangan. Sensasi tersebut dapat dirasakan dengan melihat dan meraba langsung objek-objek yang dihadirkan.

Benda yang berbahan tebal dan berbulu memberikan sensasi hangat dan bersahabat, objek tersebut pas dihadirkan pada desain ruangan komunal, tempat kumpul keluarga. Sedangkan ruangan yang didominasi dengan objek-objek bertekstur ringan, tipis, dan halus jadi terkesan lebih luas.

Ciptakan kesan baru dari pencahayaan

home-designing.com

Menghilangkan tampilan usang pada desain ruangan juga dapat dilakukan dengan mengolah aspek pencahayaan. Ubahlah kesan suram pada desain ruangan dengan mengganti pencahayaan yang lebih terang.

Jika lebih banyak menggunakan pencahayaan setempat, lampu dinding dan lantai, alihkan ke pencahayaan general, yaitu lampu gantung, agar ruangan nampak lebih lapang dan terang.

home-designing.com

Untuk desain ruangan kamar tidur, aplikasikan pencahyaan berwarna kuning sehingga tercipta suasana yang lebih intim dan hangat. Efek pencahayaan berbeda pada desain ruangan juga dapat didatangkan melalui kekayaan warna dari lampu LED.

Beriringan dengan pergantian tahun, menyegarkan kembali tampilan desain ruangan dapat memercikan gairah baru sehingga kamu bisa lebih termotivasi dalam mencapai berbagai tujuan di tahun yang baru ini!

Kamu sedang mencari perlengkapan kamar tidur yang baru? Dekoruma adalah solusi yang tepat karena Dekoruma jual bedcover, selimut, bantal, tempat tidur, dan kasur dari merek-merek ternama, seperti kasur King Koil dan Comforta.

Tak hanya untuk kamar tidurmu saja, Dekoruma juga jual sofa bed, rak display, rak dinding, dan coffee table untuk ruang tamu di rumahmu, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!