Kayu merupakan salah satu material dasar yang umum dipakai untuk membangun hunian. Adapun, kayu terdiri dari berbagai jenis yang masing-masingnya memiliki karakteristik tersendiri, di mana penggunannya dapat menambah estetika dan memberikan nuansa natural yang hangat pada hunian.

Dari sekian banyak jenis kayu yang terdapat di Indonesia, kayu bengkirai merupakan salah satu jenis kayu populer. Menawarkan sederet kelebihan, utamanya kayu bengkirai memiliki ketahanan yang prima dan dapat membuat hunian tampil lebih menawan.

Nah, buat kamu yang belum tahu, Kania akan memberikan ulasan mengenai berbagai kelebihan kayu bengkirai untuk hunian. Jika kamu penasaran, yuk kita simak artikel berikut ini!

Apa Itu Kayu Bengkirai?

jobearnshaw.co.uk

Kayu bengkirai kerap disebut juga dengan nama Yellow Balau. Jenis kayu yang satu ini banyak ditemukan di kawasan hutan tropis seperti di Kalimantan, serta di sejumlah wilayah di Filipina dan Malaysia. Fakta lainnya, kayu bengkirai juga dapat tumbuh hingga 40 meter dengan diameter mencapai 120 cm. Memiliki karakter padat dengan warna khas kuning kecoklatan, kayu bengkirai dapat kering dalam waktu mulai 12 hari hingga 1 bulan lamanya pada suhu normal untuk diolah menjadi berbagai keperluan untuk hunian.

Terdiri dari berbagai macam tekstur seperti halus dan sedikit kasar, kayu bengkirai juga memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Selain itu, kayu bengkirai juga mempunyai bobot yang sedikit lebih berat ketimbang kayu jati. Meskipun kayu bengkirai memiliki potensi retak yang tinggi, namun kayu bengkirai dapat diperbaiki dengan mudah. Sama dengan memberikan dempul tembok, kamu cukup menutupinya dengan dempul atau wood filler yang tidak akan mengurangi kekuatan kayu bengkirai itu sendiri.

Kayu Bengkirai Memiliki Durabilitas Tinggi

softwoods.com.au

Menurut Departemen Kehutanan, kayu bengkirai merupakan jenis kayu dengan tingkat kekuatan kelas I dan II yang nyaris setara dengan kayu jati. Alhasil, durabilitas tinggi dari kayu bengkirai membuatnya ideal untuk diolah menjadi berbagai keperluan eksterior rumah seperti atap, decking, hingga pagar rumah.

Tak hanya itu, kayu bengkirai juga memiliki tingkat keawetan kelas I, II dan III tergantung dari umur. Kayu bengkirai memiliki ketahanan yang prima terhadap cuaca ekstrim sehingga sering dipakai untuk keperluan konstruksi berat seperti jembatan, bantalan rel kereta, hingga perkapalan.

Pengolahan Mudah Kayu Bengkirai

blogspot.com

Meskipun bobot kayu bengkirai lebih berat dari kayu jati, namun kayu yang satu ini sangat mudah diolah. Kayu bengkirai dapat diserut, diukir dan dipotong dengan mudah sehingga menjadi favorit para pengrajin kayu untuk membuat berbagai produk eksterior seperti kursi ataupun meja yang khusus ditempatkan di luar ruangan.

Kayu Bengkirai untuk Hunian Estetik

google.com

Dengan karakter warna kuning kecoklatan, kayu bengkirai menawarkan keindahan melalui kesan natural yang kasual, tidak berlebihan, bahkan sangat ideal untuk ditimpa menggunakan berbagai warna cat. Selain itu, warna netral dari kayu bengkirai juga dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih estetik di berbagai gaya dan konsep hunian, baik itu melalui lantai ataupun aneka furnitur, seperti meja dan kursi.

Harga Ekonomis Kayu Bengkirai

google.com

Memiliki ketahanan prima yang tak kalah dengan kayu jati, kayu bengkirai dijual dengan banderol yang jauh lebih ekonomis. Dengan harga mulai Rp 30.000 per batangnya dalam ukuran 6 cm × 12 cm x 400 cm, tentu kayu bengkirai menjadi solusi sempurna untuk kamu yang ingin menciptakan hunian berkonsep natural tanpa harus merogoh kantong terlalu dalam.

Memiliki ketahanan yang baik dan tampilan yang sangat menawan, kayu bengkirai merupakan material sempurna untuk dijadikan material eksterior hunian maupun perabotan khusus outdoor. Nah, apakah kamu tertarik memanfaatkan kayu bengkirai untuk mempercantik hunian?

Temukan artikel mengenai jenis kayu lainnya hanya di Dekoruma! Selain menyediakan artikel, Dekoruma juga jual furniture online, lho! Ada banyak furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual kursi kantor, meja makan, rak sepatu, meja tv, dan lemari pakaian. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!

Kalau kamu sedang mencari properti hunian untuk dijadikan tempat tinggal atau sarana investasi, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak pilihan rumah ataupun apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Jakarta Selatan, apartemen dijual di Jakarta Barat, rumah baru di Tangerang, dan yang lainnya. Tunggu apa lagi? Langsung saja cek dan temukan properti impianmu di Dekoruma!