Handuk adalah salah satu benda yang wajib ada di rumah dan dibutuhkan setiap hari. Fungsi utamanya untuk menyerap sisa air, baik itu setelah mandi, cuci tangan, berenang, dan sebagainya.

Digunakan dalam kehidupan sehari-hari, apakah kamu sudah tahu jenis-jenis handuk yang umum dipakai? Dibagi berdasarkan fungsi dan bahannya, inilah jenis-jenis handuk yang perlu kamu ketahui.

1. Handuk kepala

spy.com

Sesuai dengan namanya, handuk kepala berfungsi untuk mengeringkan area kepala. Ukurannya sedang dan memiliki serat yang lembut sehingga cocok digunakan untuk mengeringkan rambut setelah keramas.

Biasanya handuk kepala ini ditemukan di salon, tapi beberapa orang juga menggunakannya di rumah agar lebih mudah mengeringkan rambut. Sifatnya pun multifungsi karena dapat digunakan untuk mengusap wajah juga.

2. Handuk tangan

dwell.com

Saat mencuci tangan, pasti kamu memerlukan handuk tangan. Ukurannya kecil hingga sedang dan bentuknya beragam mulai dari persegi panjang hingga oval. Biasanya ia diletakkan di dekat wastafel sebagai pengganti tisu. Lumayan juga menjadi lebih ramah lingkungan dengan mengurangi sampah tisu.

3. Jubah handuk

bocaterry.com

Berbeda dengan cara umum yaitu mengeringkan badan lalu digantung, jubah handuk menutupi seluruh badan sekaligus mengeringkan secara perlahan. Tak hanya lebih nyaman, jubah ini mengeringkan badan tanpa perlu menggesek kulit sehingga dianggap lebih sehat.

Jubah handuk biasanya digunakan sehabis mandi atau berenang. Kalau kamu hobi berenang, disarankan untuk memiliki jubah ini supaya badan tetap hangat selama keluar dari kolam renang dan berjalan menuju kamar mandi.

4. Handuk badan

bollandbranch.com

Setiap kamar mandi pasti mempunyai handuk badan. Semua orang wajib memiliki persediaan yang banyak karena alasan higienis. Saat liburan pun, wajib hukumnya untuk membawa cadangan.

Meski beberapa pihak penginapan sudah menyediakan handuk badan, tetap saja akan lebih nyaman dan bersih jika menggunakan milik pribadi. Untuk dibawa liburan, sebaiknya pilih yang berukuran sedang dan memiliki bahan lembut. Dengan demikian, ia tidak akan memakan tempat yang banyak dalam koper.

5. Handuk muka

allure.com

Bagi kamu yang tertarik dengan perawatan kulit, pasti informasi ini tidak asing: mengeringkan setelah mencuci muka lebih baik menggunakan handuk muka tersendiri. Kulit muka sangat sensitif sehingga perlu dirawat dengan saksama.

Perlengkapan kamar mandi ini juga perlu disediakan dalam jumlah yang banyak karena muka perlu dikeringkan dengan handuk bersih. Mencucinya secara rutin diperlukan jika ingin kulit muka tidak terpapar oleh kotoran dan debu yang hinggap.

Lebih dari sekadar memilih jenisnya, material handuk pun perlu dipikirkan agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari penggunanya. Ketahui lebih dalam mengenai beberapa jenis material yang tersedia di pasaran.

Bahan katun

wayfair.com

Handuk dari bahan katun dibuat dari serat kapas yang sudah diolah menjadi benang terlebih dahulu. Bahan ini terkenal mudah menyerap air dan lembut di kulit. Bahan katun sendiri terbagi atas combed cotton dan carded cotton.

Bahan cotton comber memiliki serat benang yang pendek sehingga handuk terasa lebih halus dan memiliki ikatan yang lebih kuat. Tingkat keawetannya cukup tinggi meski berkali-kali digunakan untuk menyeka sisa air.

marthastewart.com

Sementara itu, bahan carded cotton ditenun menggunakan mesin sehingga serat benangnya menghadap arah yang sama. Bahan yang satu ini dibiarkan memiliki sisa serat-serat halus sehingga memungkinkan ada yang terlepas saat digunakan untuk menyeka air. Untuk harga, bahan combed cotton lebih mahal daripada bahan carded cotton.

Bahan nilon

shutterstock.com

Handuk bahan nilon memiliki serat yang sedikit kasar. Biasanya menjadi bahan waslap, ia bisa membantu mengangkat kulit mati sehingga kulit terasa lebih bersih dan sehat. Lebih mudah ditemukan di negara-negara Asia, bahan nilon ini juga membantu melancarkan peredaran darah dan produksi kolagen.

Bahan microfiber

shutterstock.com

Terakhir, ada handuk dari bahan microfiber dengan serat sintetis yang memiliki diameter lebih kecil dari rambut manusia. Karena ukuran seratnya yang kecil ini, lap microfiber bisa menyerap air hingga ke celah-celah yang kecil yang tidak bisa dijangkau oleh bahan lainnya.

Bahan microfiber juga bisa menyerap air tujuh kali lebih banyak dari bobotnya. Meski begitu jika dibandingkan dengan bahan lain, handuk microfiber akan lebih mudah kering saat dijemur. Tidak hanya untuk urusan menyerap air, bahan ini juga memiliki keunggulan untuk menangkap debu dan bakteri. Ia pun sangat cocok dibawa tamasya karena bisa menghemat ruang koper juga.

travelandleisure.com

Setelah mengetahui segala jenis handuk beserta material yang berbeda-beda, pastikan kamu sudah menyediakan yang tepat untuk keperluan dan keinginan agar berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Temukan ragam furnitur untuk melengkapi hunianmu di Dekoruma, lho! Dekoruma jual rak, lemari, kursi, meja, dan tempat tidur. Untuk furnitur multifungsi, Dekoruma jual sofa bed, tempat tidur berlaci, dan stool yang dapat dijadikan tempat penyimpanan. Selain model ukurannya bervariasi, harganya pun sangat bersahabat sehingga tidak akan membuat kantongmu kering.

Nah, kalau kamu sedang mencari tempat penyimpanan tambahan untuk di rumah, Dekoruma juga jual Olymplast, yaitu merek lemari kabinet plastik terkenal yang sudah menjadi produk favorit masyarakat Indonesia. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!