Trik Ampuh Mengusir Semut dengan Bahan-Bahan Alami

Salah satu hal yang dibenci para ibu rumah tangga adalah semut. Kehadirannya bisa mengganggu aktivitas memasak dalam dapur. Karena di dapur terdapat banyak bahan makanan yang mengandung rasa manis, semut berbondong-bondong datang untuk mengambilnya. Bahan makanan pun terkontaminasi semut-semut kecil dan dapur jadi kotor.

Ada banyak cara mengusir semut yang ditawarkan, mulai dari yang alami hingga kimia. Namun, Kania menyarankan kamu, para ibu rumah tangga, untuk menggunakan cara mengusir semut yang alami. Selain lebih ramah lingkungan, cara mengusir semut alami juga aman untuk anak-anak. Pula, bahan yang digunakan juga berasal dari dapur dan nggak mahal. Penasaran apa saja bahan alami yang dipakai sebagai cara mengusir semut? Mari kita simak di bawah ini.

1. Buah Lemon

unsplash.com/@rawpixel

Selain sebagai bahan memasak serta minuman, buah lemon juga bermanfaat untuk menjauhkan semut dari dapur. Cara mengusir semut ini bisa kamu mulai dengan menaruh sari lemon yang sudah diperas di ambang pintu dan kusen jendela dapur. Sebarkan juga sari lemon di lubang-lubang atau retakan tembok yang berpotensi jadi jalan semut masuk. Bukan hanya semut yang pergi, tapi kecoa juga karena lemon ini sangat ampuh sebagai cara menghilangkan kecoa.

shutterstock.com

Tidak hanya sarinya, kamu juga bisa menggunakan kulit buah lemon sebagai cara mengusir semut. Potong kulit lemon dalam ukuran yang kecil. Kemudian, taruh potongan kulit tersebut di sekitar pintu masuk dapur atau di dekat akses masuk dapur. Semut dijamin nggak bakal berani masuk ke dapur karena ia benci bau khas yang dihasilkan buah lemon.

2. Tepung

shutterstock.com

Semut juga kerap kali kita temui di lemari penyimpanan makanan. Padahal, kita sudah menutup lemari rapat-rapat. Untuk mengatasi hal ini, tak ada salahnya bila kamu menggunakan tepung sebagai cara mengusir semut. Bagaimana caranya?

Taburkan tepung dengan membentuk garis yang sesuai dengan lekuk lemari makanan. Apabila semut mulai masuk ke lemari, ia akan terhalangi oleh garis tepung tersebut sehingga ia akan mundur dan pergi dari lemari makananmu.

3. Garam

shutterstock.com

Memiliki rasa yang berlawanan dengan gula, rasa asin yang dimiliki garam bisa membuat semut terbirit-birit pergi. Cara mengusir semut yang satu ini bisa dikatakan sangat praktis karena garam merupakan bahan memasak yang wajib dimiliki semua ibu rumah tangga. Cukup dengan menaburkan garam secukupnya di sekitar frame pintu. Kamu juga bisa menerapkan cara mengusir semut ini dengan menaruhnya di jalan yang biasanya dilewati semut untuk mencuri bahan makananmu.

4. Kulit Jeruk

shutterstock.com

Buah jeruk memang terkenal dengan rasanya yang manis sehingga jeruk juga digemari oleh semut. Dengan kenyataan yang seperti ini, kok bisa jeruk dijadikan cara mengusir semut? Ya, jeruk bisa jadi cara mengusir semut dengan menggunakan kulit buahnya.

Ambil beberapa kulit jeruk dan blender dengan mencampurkan satu cangkir air hangat. Setelah halus, langsung tuang campuran tersebut secara perlahan ke sarang semut. Cara mengusir semut langsung ke sarangnya merupakan langkah yang tepat. Hal ini dikarenakan ratu semut berada di dalamnya sehingga saat ia mati, ia tidak mampu mengirimkan tentara semut lagi untuk mencari makanan.

5. Cuka

shutterstock.com

Berbeda dengan bahan makanan lain, cuka bisa jadi cara mengusir semut yang paling praktis. Mulailah dengan mencampurkan cuka dengan air dalam porsi yang sama. Taruh campuran tersebut dalam botol spray kecil.

Ketika kamu menemukan sarang semut di dalam dapur atau bagian rumah lain, gunakan cara mengusir semut ini dengan langsung menyemprotkannya. Botol spray ini juga bisa kamu bawa saat pergi piknik bersama buah hati di taman terbuka untuk melindunginya dari gigitan semut nakal.

6. Wadah / Tempat Makan Berisi Air

shutterstock.com

Cara mengusir semut ini nampaknya sudah banyak diterapkan. Bagi kamu yang belum tahu cara mengusir semut satu ini, kamu hanya membutuhkan wadah atau tempat makan. Isi wadah tersebut dengan air secukupnya. Taruh bahan makanan berbotol atau dalam kemasan antiair yang berpotensi dikerumuni semut, seperti kecap dan susu kental manis, dalam wadah tersebut.

Tak hanya bahan makanan dalam kemasan, wadah isi air juga bisa digunakan di bawah kaki-kaki meja makan. Agar cara mengusir semut ini nggak membawa bahaya baru bagi rumah, kamu harus mengganti air secara rutin. Selain membuang semut yang tergenang, kamu juga bisa menghindari perkembangbiakkan jentik nyamuk.

7. Cengkeh

sajiansedap.grid.id

Semut tidak menyukai aroma yang dikeluarkan oleh cengkeh. Oleh karena itu, cengkeh dapat kamu manfaatkan sebagai cara mengusir semut yang aman dan ampuh. Caranya pun sangat mudah karena tidak membutuhkan bahan lainnya.

Coba letakkan beberapa cengkeh, sekitar 7 sampai 10 cengkeh di area yang banyak semut, seperti di dapur, meja makan, bahkan meja kerja. Saat mencium baunya, semut akan pergi sehingga tidak akan mengganggumu lagi. Nggak cuman semut, cengkeh pun juga jadi salah satu cara mengusir lalat dari rumah, lho!

8. Bubuk Kopi

majalah.ottencoffee.co.id

Tak hanya nikmat dan kaya akan manfaat kesehatan saja, ternyata bubuk kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengusir semut, lho! Bahkan, sebagai cara mengusir tokek di rumah juga bisa.

Bubuk kopi memiliki aroma nikmat bagi manusia, tapi bagi semut aroma bubuk kopi sangat menyengat sehingga mereka tidak menyukainya. Kamu bisa menggunakan cara mengusir semut ini dengan menaburkan bubuk kopi pada area yang sering didatangi oleh semut. Dengan demikian, semut akan pergi jauh dan tidak berani datang lagi.

9. Bawang Putih

healthnwell.com

Bawang putih memang ampuh membuat semua jenis masakan jadi tambah sedap. Tak hanya itu saja, bumbu dapur ini juga ampuh untuk dijadikan sebagai cara mengusir semut, lho! Kamu hanya perlu mengupas dan mengiris bawang putih seperti hendak dicampurkan pada masakan. Setelah itu, tinggal letakkan saja irisan bawang tersebut di area yang terdapat banyak semut dan mereka pasti akan pergi satu per satu.

10. Kayu Manis

medicalnewstoday.com

Meskipun namanya kayu manis, tapi bahan alami ini tidak disukai oleh semut, lho! Ya, kayu manis memiliki wangi khas yang cukup kuat dan aroma tersebut dapat membuat para semut pergi. Untuk melakukan cara mengusir semut ini, taruhlah beberapa potong kayu manis di area yang kerap menjadi sarang semut. Kalau mau menghasilkan aroma yang lebih kuat agar semua semut pergi, kamu bisa menumbuk batang kayu manis hingga menjadi bubuk.

11. Bubuk Cabai

mandalnews.com

Semut tidak menyukai aroma yang pedas. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan bubuk cabai sebagai cara mengusir semut di rumah. Prosesnya pun tidak ribet, kamu hanya perlu menuangkan bubuk cabai ke sebuah wadah. Kemudian, taruhlah wadah tersebut di dekat makanan atau tempat-tempat yang kerap didatangi semut, seperti pojok dinding atau meja dapur. Jika di rumahmu ada anak kecil atau hewan peliharaan, pastikan agar mereka tidak mendekati bubuk cabai tersebut, ya!

Bagaimana? Cara mengusir semut di atas mudah diterapkan dan ekonomis, bukan? Saat ingin menerapkan cara mengusir semut tersebut, kamu perlu ingat bahwa sebaiknya kamu langsung menyerang sarang semutnya karena terdapat si ratu semut. Jika semut diserang saat dalam perjalanan mengambil makanan, ratu semut akan semakin banyak mengirimkan tentara semut.

hunker.com

Selain itu, higienitas juga perlu kamu terapkan. Simpan semua bahan makanan dalam wadah yang tertutup rapat, baik itu tempat makan plastik maupun besi. Jika ada remah-remah makanan yang terjatuh, segera bersihkan. Dengan menjaga kebersihan rumah, semut pun malas datang karena ia tidak bisa mengakses sumber makanannya. Selamat menerapkan cara mengusir semut di atas!

Selain cara mengusir semut, kamu juga bisa menemukan artikel yang membahas cara mengusir binatang lainnya di Dekoruma. Misalnya, ada cara mengusir kucing secara halus, cara membasmi rayap, hingga cara mengusir ular.

Sedang mencari furnitur yang tepat untuk menghidupkan suasana rumahmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual kursi bar, meja makan, sofa, dan masih banyak lagi. Ada juga aneka kasur berkualitas dengan merek-merek terkenal, seperti kasur King Koil, Alga, dan Comforta untuk menemani waktu tidurmu.

Nah, kalau kamu justru sedang mencari tempat tinggal baru, Dekoruma juga menyediakannya untukmu, lho! Ada banyak pilihan hunian dengan harga terbaik di berbagai lokasi yang strategis dan sedang berkembang, seperti rumah dijual di Tangerang, Jakarta Selatan, dan Depok. Tunggu apa lagi? Yuk, temukan rumah impianmu di Dekoruma!