Loster, elemen bangunan yang terdiri dari lubang-lubang berukuran kecil ini seringkali terabaikan oleh sang penghuni. Fungsi utama dari loster adalah menjadi ventilasi udara dan cahaya. Pada jaman dahulu, loster hanya ditempatkan pada dinding pagar atau bagian atas dinding rumah. Kalau sekarang loster justru digunakan untuk menghias rumah secara keseluruhan baik itu eksterior dan interior.

Kamu bisa menyesuaikan material dan pola loster yang cocok dengan gaya rumah masing-masing. Penasaran seperti apa hasilnya? Yuk, intip 6 inspirasi loster dengan sentuhan simpel berikut ini!

1. Loster sederhana dengan bayangan yang cantik

Loster bisa digunakan juga sebagai pengganti jendela rumah seperti yang terlihat pada gambar di atas. Dengan pola lubang yang kotak-kotak dan terbuat dari kayu, sinar matahari bisa masuk menyinari bagian dalam rumah dengan intensitas yang wajar. Lantai dan dinding dalam rumah pun akan terlihat cantik karena ada bayangan loster. Cocok sekali untuk hunianmu yang interiornya minimalis tanpa banyak dekorasi.

2. Loster sebagai partisi ruang

pinterest.com

Apakah ruang tamu milikmu posisinya bersebelahan dengan ruang makan atau ruang keluarga? Kalau begitu kamu membutuhkan sebuah partisi untuk menjaga privasi satu sama lain. Loster bisa jadi pilihan yang tepat sebagai partisi selain rak dan lemari. Agar tidak memenuhi ruangan, pilihlah loster yang terbuat dari kayu dan tidak terlalu tebal.

3. Loster sebagai hiasan dinding

Selain dijadikan partisi, loster juga bisa menghiasi rumah jika dipasang pada dinding. Karena diutamakan sebagai hiasan dinding, kamu tidak perlu repot mempertimbangkan arah datang sinar matahari dan sebagainya.

Tentukan saja lokasi yang paling pas untuk memasang loster kemudian pilih warna dan motif yang paling sesuai dengan interior rumah.

4. Loster dari besi sebagai teralis balkon

Alih-alih menggunakan teralis biasa untuk memagari area balkon di kamar tidur, coba gunakan loster dari besi yang tidak kalah kuatnya. Selain aman, dilihat dari luar pun akan sangat cantik. Pilihlah loster dengan lubang-lubang besar supaya kamu bisa mengintip pemandangan di luar rumah. Meski loster ini ditempatkan di balkon kamar tidur, kamu tidak perlu khawatir kalau privasimu akan berkurang karena masih ada pintu dan tirai yang menghalangi pandangan orang asing dari luar.

5.  Loster sebagai penghias pagar

dekoruma.com

Ingin mempercantik pagar rumah? Kamu tidak perlu repot-repot menumbuhkan dan merawat tanaman merambat lho. Perpaduan pagar dan loster bisa jadi ide yang sangat menarik. Agar keamanan rumah tetap terjaga, sebaiknya perpaduan pagar dan loster ini dibuat dengan tinggi atau rapat ke dinding. Dengan demikian orang asing tidak bisa memanjat loster dan masuk ke dalam rumah. Ukuran lubang loster juga perlu diperhatikan agar privasi penghuni tetap terjaga.

6. Loster sebagai hiasan eksterior

google.com

Eksterior rumah adalah bagian yang pertama kali dilihat oleh para tamu dan bisa mempengaruhi penilaian mereka terhadap kepribadian sang penghuninya. Penggunaan loster sebagai hiasan eksterior bisa coba kamu terapkan.

Untuk rumah bergaya modern minimalis, gunakan loster dari beton dengan motif yang sederhana. Sedangkan untuk rumah bergaya tradisional, gunakan loster dari kayu dengan motif hasil ukiran. Tidak ketinggalan, berikan lapisan khusus seperti cat agar lebih awet berhubung loster ini terus-menerus terkena sinar matahari dan hujan.

Apa pun bahan dan motif loster yang kamu gunakan untuk menghias rumah, hasilnya akan terlihat simpel namun cantik. Tertarik mencobanya?

Temukan beragam furnitur fungsional untuk hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual spring bed, sofa minimalis, kursi teras, meja makan, hingga kursi kantor pun ada. Selain model dan ukurannya beragam, harganya ramah di kantong.

Tak hanya itu, Dekoruma menyediakan aneka kasur dengan ragam jenis material dan merek. Dekoruma jual Guhdo, Dunlopillo dan King Koil. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan temukan furnitur impianmu!