Luas yang terbatas dapat menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik rumah saat mendesain hunian. Apalagi dengan mempertimbangkan kebutuhan hunian masa kini yang kian berkembang. Mau tidak mau kamu pun dituntut untuk lebih kreatif dalam mengelola lahan yang ada, sehingga konsep teras rimbun hadir menjadi pilihan bagi hunian asri.

Salah satu area yang kini menjadi kebutuhan utama adalah area terbuka hijau. Konsep teras rimbun tidak hanya dapat mengakomodasi kebutuhan ruang terbuka di rumah, namun juga bisa menciptakan area relaksasi yang dapat dimanfaatkan pemiliknya untuk menyalurkan hobi berkebun di rumah. Dengan adanya teras rimbun, rumah pun semakin sehat karena area di sekitar teras terus dilimpahi udara bersih.

Tertarik memiliki teras rimbun di rumah? Yuk, simak keenam inspirasi teras rimbun ini!

1. Ciptakan Konsep Taman Tropis

houzz.co.uk

Salah satu cara paling mudah menghadirkan konsep teras rimbun adalah dengan mengadopsi konsep taman tropis. Gunakanlah tanaman berbatang tinggi dengan daun yang lebar agar kesan rimbun mudah tercipta.

Manfaatkan lahan sempit di belakang rumah untuk membuat teras rimbun. Jika kamu menyukai tampilan teras yang menyerupai hutan tropis, perbanyaklah tumbuhan atau pohon berdaun lebat dan tempatkan secara berdekatan. Kamu juga bisa menambahkan beberapa bunga hias gantung untuk mempermanis tampilan teras.

2. Kesan Alami dengan Dek Kayu

houzz.co.uk

Selain area di belakang rumah, ruangan kosong di samping rumah pun dapat dimanfaatkan sebagai teras rumah. Kali ini, konsep teras rimbun hadir dengan tampilan yang lebih minimalis, namun fungsinya dilengkapi dengan kehadiran sofa empuk dan coffee table. Pasang instalasi kisi-kisi kayu untuk membatasi teras rimbun di samping rumah.

Penggunaan dek kayu dapat menambah kesan alami di teras rimbun. Pastikan kamu menggunakan kayu yang tahan air, pelapukan udara luar, dan terbebas dari serangan rayap. Jenis kayu komposit dapat menjadi pilihan material praktis untuk lantai teras yang tahan lama.

3. Kesan Rimbun dari Tanaman Merambat

decoist.com

Tanaman merambat efektif menciptakan kesan rimbun di area teras. Pagar atau tembok yang membatasi teras rimbun dapat dimanfaatkan sebagai media tumbuh tanaman merambat. Pangkas tanaman rambat dinding sehingga membentuk pola menjulur yang atraktif seperti pada inspirasi di atas. Konsep teras rimbun ini juga dapat diaplikasikan pada ruangan terbuka di dalam ruangan (inner court).

4. Asri dan Minimalis dengan Tanaman Bambu

decoist.com

Tanaman lainnya yang dapat digunakan untuk mendukung tampilan minimalis di teras rimbun adalah tanaman bambu pembawa hoki. Berbeda dari tanaman tropis lainnya, tanaman bambu memang tidak memiliki batang yang besar atau berdaun lebar. Namun bila tanaman bambu ditempatkan secara berdekatan, konsep teras rimbun pun dapat tercipta. Selain itu, tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pelindung atau pembatas di teras rumah.

5. Lapangkan Teras dengan Warna Putih

houzz.co.uk

Kesan rimbun tidak hanya dapat diciptakan oleh tumbuhan asli semata. Rumput sintesis dan tanaman hias artifisial atau beberapa elemen taman kering, seperti pasir dan batu koral juga dapat dimanfaatkan untuk teras rimbun.

Untuk lahan yang terlalu kecil, konsep teras yang dipenuhi tanaman hijau dapat membuat ruangan terbuka terasa sempit sehingga membuat tidak nyaman. Lapangkan teras rimbun dengan menerapkan dominasi warna putih yang diapliaksikan pada dinding dan furnitur berupa meja dan kursi teras.

6. Menyatu dengan Area Indoor

decoist.com

Teras rimbun dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi hunian dan pemiliknya, terlebih saat teras rimbun memang sengaja dihadirkan berdekatan dengan ruangan utama di dalam rumah. Udara bersih yang mengalir melalui model teras rumah asri ini bisa langsung dirasakan oleh pemiliknya sekalipun tengah melakukan aktivitas di dalam rumah.

decoist.com

Berkat kehadiran teras rimbun, rumah nyaman dan asri pun dapat tercipta. Setelah menyimak keenam inspirasi teras rimbun ini, pastinya kamu jadi tahu, ‘kan bagaimana cara menghadirkan area berkebun di lahan terbatas. Kalau kamu justru memiliki rumah minimalis 2 lantai, kamu lebih bisa menghadirkan teras rimbun ini karena lebih luas. Siap membuat teras rimbun sendiri?

Jangan lupa perhatikan juga bagian interior rumahmu, ya! Di Dekoruma, kamu bisa menemukan berbagai produk furnitur dan dekorasi menarik untuk menghidupkan suasana rumahmu, lho! Dekoruma jual rak buku, sofa, jam dinding, lemari, tirai, dan meja rias yang tersedia dalam beragam model.

Selain itu, Dekoruma juga jual spring bed dari merek-merek terkenal untuk menemani tidur nyenyakmu, seperti spring bed The Luxe dan King Koil. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung cek semuanya di Dekoruma!