Siapa di sini yang suka memelihara hewan peliharaan yang tidak memerlukan perhatian yang berlebih seperti ikan? Ikan termasuk hewan peliharaan yang mudah dirawat serta harganya murah. Kamu bisa menemukan dan membeli ikan di mana-mana, dari pasar hingga mall.

Wajib hukumnya untuk penggemar atau pengoleksi ikan untuk memiliki sebuah aquarium. Aquarium ada sebagai tempat beraktivitas sekaligus tempat tinggal si ikan. Permasalahannya adalah kebanyakan aquarium hadir dalam ukuran yang cukup besar sehingga bisa mempersempit ruangan. Selain itu, aquarium besar juga memakan biaya yang cukup besar.

Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu mencoba aquarium atau aquascape mini. Tidak hanya berguna sebagai tempat tinggal ikan kesayanganmu, aquarium mini unik juga mampu menjadi dekorasi yang menghiasi rumah. Berikut adalah aquarium mini unik yang bisa kamu jadikan inspirasi sebagai tempat tinggal ikan hias kesayanganmu.

Aquarium mini bohlam lampu

etsy.com

Banyak barang di kehidupan sehari-hari bisa kamu jadikan aquarium mini. Salah satunya adalah bohlam lampu ini. Gunakan bohlam lampu milikmu yang sudah tak terpakai lagi. Keluarkan seluruh komponen yang ada di dalamnya dan bersihkan bohlam.

Setelah itu, masukkan beragam hiasan seperti tanaman serta batu alam dan atur sedemikian rupa. Masukkan air dan ikan yang berukuran kecil. Agar tidak jatuh, tempelkan bohlam lampu pada sebuah alas dengan lem tembak atau perekat lainnya.

Aquarium mini gelas wine

pinterest.com

Tak hanya bohlam lampu, gelas wine pun bisa kamu transformasi menjadi aquarium mini. Aquarium ini bisa dikatakan lebih mudah perawatannya. Berbeda dengan bohlam lampu, gelas memiliki permukaan terbuka sehingga kamu bisa melakukan cara membersihkan kaca aquarium mini dengan mudah. Terlebih kamu juga bisa memberi makan ikan dengan lebih mudah.

Taruh aquarium mini yang unik ini di tempat yang tidak mudah dijangkau. Hal ini dilakukan agar aquarium tidak mudah tersenggol dan pecah, mengingat ukurannya yang kecil. Misalnya, kamu bisa taruh di meja ruang tamu yang lebar atau meja teras depan rumah.

Aquarium mini mesin permen

google.com

Coba seleksi barang di dalam gudang. Mungkin kamu akan menemukan barang antik yang dapat digunakan sebagai aquarium mini seperti mesin permen gumball ini. Bersihkan mesin secara keseluruhan dan tutup lubang keluar permen untuk menghindari kebocoran. Tata hiasan sedemikian rupa dan masukkan air beserta ikan hias aquarium kesayanganmu.

Jangan lupa untuk mengganti air dan mengecek kondisi perlengkapan aquarium mini secara periodik, ya! Selalu pastikan bahwa tutup mesin sedikit terbuka agar ikanmu tetap  mendapat udara bersih untuk hidup.

Aquarium mini sekaligus pot tanaman

pinterest.com

Ingin memelihara ikan sekaligus ramah lingkungan? Aquarium mini ini bisa jadi jawabannya. Berbentuk seperti pot tanaman, aquarium mini ini dibagi dua bak lingkaran Yin-Yang. Bagian yang transparan digunakan untuk memelihara ikan, bagian lainnya untuk tempat tanaman hias.

Keduanya menguntungkan satu sama lain. Kotoran yang dihasilkan ikan berguna untuk menjadi nutrisi bagi tanaman. Air yang disiram ke tanaman akan terserap dan disaring agar dapat menjadi air bersih tempat tinggal ikan. Air tersebut dialirkan ke aquarium sehingga ikan mendapatkan air bersih untuk hidup.

Aquarium mini dari televisi bekas

boredpanda.com

Punya televisi bekas? Jangan langsung buang atau jual ke pasar loak! Televisi kecilmu bisa kamu ubah menjadi aquarium mini. Kamu hanya perlu membongkar isi televisi dengan bantuan teknisi. Pastikan bahwa tidak ada elemen berbahaya seperti kabel listrik yang tertinggal di dalam televisi.

Kaca televisinya bisa kamu ganti dengan kaca transparan. Setelah usai dibongkar, hias bagian dalam televisi dengan aneka hiasan bawah laut dan tuang air beserta ikan. Setelah jadi, letakkan aquarium TV ini di meja TV kecil. Lucu banget, ya!

Aquarium mini sepatu olahraga

google.com

Untuk aquarium mini yang satu ini, kamu bakal dibuat terkagum-kagum. Aquarium mini cantik ini merupakan hasil karya W+K Tokyo Lab dalam The NIKE 78 Project. Berbentuk sepatu merek NIKE tipe AIR MAX 360, aquarium mini yang unik ini mampu menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil. Agar mirip habitat aslinya, hiasan aquarium seperti batu alam dan rumput laut dihadirkan dalam aquarium mini ini.

Keenam aquarium mini ini juga harus diperlakukan seperti aquarium biasanya. Ganti air dan bersihkan aquarium mini secara periodik. Jangan lupa untuk menaruhnya di dekat sumber cahaya agar ikan tetap bisa hidup. Rawatlah aquarium mini dengan baik agar kamu tidak keluar uang lagi untuk beli aquarium baru yang lebih besar.

Sedang mencari kasur baru untuk kamar tidurmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis kasur dari beragam merek ternama. Dekoruma jual kasur Alga dan King Koil, serta aneka spring bed seperti spring bed The Luxe dan Guhdo. Tunggu apa lagi? Buruan kunjungi laman Dekoruma dan temukan kasur impianmu!