Warna merupakan unsur penting dalam sebuah interior ruangan. Tentunya, kalian punya warna favorit yang ingin diterapkan di rumah impian. Jangan sembarangan, warna yang akan kamu pakai harus diperhitungkan dengan baik. Pasalnya, tiap warna memiliki arti yang berbeda dan memberikan efek tertentu bagi ruangan di dalamnya.

Bisa jadi, warna yang kamu favoritkan tidak cocok untuk ruangan tertentu dalam sebuah rumah. Agar tidak salah pilih warna dan bisa mengombinasikan warna dengan sempurna, alangkah baiknya bila kamu memahami arti warna dengan baik. Berikut adalah arti warna dalam sebuah ruangan. Yuk, kita simak bersama!

Arti warna netral (hitam/putih/abu-abu)

   google.com

Warna-warna ini paling sering digunakan dalam rumah karena sifatnya yang netral. Warna netral berarti fleksibel. Kamu bisa mengombinasikan warna netral dengan warna lain agar terlihat lebih hidup. Warna ini adalah warna dasar yang harus ada. Konon katanya, warna hitam harus selalu ada dalam ruangan dalam bentuk dekorasi atau furnitur seperti lampu lantai atau bantal sofa.

Arti warna merah

dmarge.com

Warna merah kerap diidentikkan dengan warna yang mampu memberikan energi dalam ruangan serta meningkatkan adrenalin penghuninya. Jika kamu menggunakan warna merah dalam ruang keluarga atau ruang makan, kebersamaan dan percakapan yang intens akan hadir. Quality time bersama keluarga akan lebih terasa.

Akan tetapi, merah tidak cocok digunakan dalam kamar tidur karena arti warna dirinya. Merah mampu menstimulasi tekanan darahmu dan detak jantung yang lebih tinggi. Fenomena ini akan membuatmu sulit untuk beristirahat dan memulihkan stamina tubuhmu.

Arti warna oranye

    houzz.com

Warna oranye bisa meningkatkan antusiasme. Warna oranye juga dikenal sebagai warna yang enerjik. Artinya, warna oranye lebih cocok digunakan pada ruangan yang akan sering kamu gunakan sebagai tempat berolahraga. Oranye bisa membuatmu mengeluarkan segala emosi dan unek-unek saat kamu sedang berolahraga.

Arti warna kuning

home-designing.com

Senada dengan oranye, warna kuning identik dengan warna yang ceria. Ia mampu memberikan suasana bahagia bak matahari yang bersinar cerah di langit. Namun, warna ini tidak cocok kamu jadikan sebagai warna utama. Sebab, warna kuning mampu menciptakan perasaan depresi dan kemarahan.

Maka dari itu, kombinasikan warna kuning dengan warna netral supaya lebih seimbang. Karena arti warna kuning yang ceria, kuning cocok ditempatkan pada dapur, ruang makan, dan kamar mandi. Tidak lupa, warna kuning juga mampu memberikan kesan ruangan yang luas sehingga boleh digunakan di ruangan kecil.

Arti warna biru

home-designing.com

Berbeda dengan arti warna merah, kuning, dan oranye, warna biru justru memberikan efek yang menenangkan hati. Detak jantung akan berada pada titik normal, sama dengan tekanan darah. Karenanya, warna biru cocok digunakan di kamar mandi dan ruang tidur.

Warna biru sendiri memiliki banyak cabang. Warna biru pastel dan biru muda biasa akan terlihat cantik apabila kamu mengombinasikannya dengan furnitur berwarna hangat, misalnya pada meja dan sofa. Di sisi lain, biru tua merupakan warna yang mampu membuat perasaan sedih.

Arti warna hijau

home-designing.com

Warna hijau merupakan warna kombinasi antara biru dengan kuning. Kolaborasi dua warna tersebut menciptakan arti warna hijau, yaitu menenangkan dan meningkatkan keceriaan. Warna hijau cocok digunakan hampir di seluruh ruangan rumah. Bila diaplikasikan di dapur, warna ini bisa meningkatkan ketenangan.

Kebersamaan dan kenyamanan saat berkumpul dengan keluarga bisa kamu rasakan dengan memakai warna hijau di ruang keluarga. Arti warna ini juga membuat hijau cocok digunakan di kamar tidur. Istirahat jadi lebih tenang karena hijau membantumu melepas stres dan kamu jadi lebih rileks.

Arti warna ungu

home-designing.com

Warna ungu terkesan dramatis tetapi mewah. Karena arti warna ini, ungu justru cocok dijadikan warna sekunder. Kombinasikan warna ungu dengan warna netral melalui dekorasi lucu atau furnitur. Warna ini juga mampu memberikan suasana yang rileks sama seperti biru sehingga cocok juga untuk diaplikasikan di kamar tidur.

Itulah arti warna yang biasa dipakai dalam ruangan. Saran Kania, ada baiknya bila kamu mengombinasikan warna netral dengan warna lainnya. Kehadiran warna netral sebagai warna utama bisa menjadi penenang sehingga rumahmu bisa lebih nyaman ditinggali.

Temukan beragam jenis furnitur untuk hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual meja rias, sofa minimalis, meja makan, lemari, hingga kursi kerja. Selain model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan temukan furnitur impianmu!