Dalam dunia pertamanan, ada istilah taman kering. Taman kering ini identik dengan bebatuan, pasir, dan tanaman yang mampu berkembang tanpa banyak air. Beberapa orang menyukai taman kering karena tidak perlu disiram setiap hari dan tidak membuat area di sekitarnya menjadi kotor akibat cipratan tanah. Bagi kamu penyuka tanaman yang huniannya tidak memiliki halaman depan, sangat disarankan untuk membuat taman kering dalam rumah.

Masih belum punya ide mau seperti apa menata taman kering dalam rumah? Yuk, simak 5 ide dari Kania berikut ini:

1. Taman kering dalam rumah dengan kumpulan sansevieria

pinterest.com

Tanaman sansevieria pasti sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta tanaman. Tanaman yang sering disebut sebagai tanaman lidah mertua ini terkenal mampu menyerap polusi udara. Cocok diletakkan di dalam rumah juga nih, Sahabat Kania.

Sansevieria di dalam pot sudah sangat umum. Coba sisihkan sepetak lahan kecil untuk ditanami sejumlah sansevieria dengan media tanah yang ditutupi oleh bebatuan berwarna putih. Jadi bukan hanya bebas polusi udara, rumah terlihat segar dan cerah juga!

2. Taman kering dalam rumah bergaya zen

thechurchnews.com

Ide berikutnya adalah taman kering dalam rumah bergaya zen yang terinspirasi dari negeri Jepang. Taman kering dalam rumah yang satu ini tidak menggunakan tanaman sama sekali. Hanya ada hamparan kerikil batu warna putih dan beberapa batu berukuran besar di atasnya. Uniknya, hamparan kerikil batu warna putih ini tidak disebarkan begitu saja, melainkan dibuat pola. Ada yang berpola garis-garis dan lingkaran. Pola tersebut dibuat menggunakan tongkat kayu atau garpu taman.

interiorzine.com

Masih bergaya zen, berikutnya ada taman kering dalam rumah sekaligus area luar rumah. Unik, ya? Taman ini pada dasarnya ada di luar rumah, namun bagian dinding dirombak dan menggunakan kaca yang menjorok ke dalam. Dengan demikian, para penghuni rumah tetap bisa menikmati taman kering dari dalam rumah.

3. Taman kering dalam rumah serba kaktus

pinterest,com

Tanaman kaktus dikenal sebagai tanaman yang mampu bertahan hidup dengan sedikit air. Oleh karenanya tanaman ini cocok dijadikan penghias taman kering dalam rumah. Jika punya rumah berukuran besar, akan keren jika dihias dengan kaktus berukuran besar juga.

visiteiffel.com

Bagaimana jika lahan di dalam rumah terbatas? Kamu bisa menggunakan sudut rumah dan menyulapnya menjadi taman kering dalam rumah berisi beberapa kaktus mini. Gunakan rak supaya semakin hemat ruangan.
mode-lily.com

Mau lebih unik? Pilihlah satu pot besar untuk ditanami beraneka bentuk kaktus mini. Menggemaskan!

4. Taman kering dalam rumah, si mungil terarrium

gloopla.com

Singkatnya, terarrium adalah sebuah taman mungil yang berada di dalam sebuah wadah kaca berbentuk geometris. Kebanyakkan terarrium menggunakan sedikit media tanah, lumut, dan pasir. Tanaman yang sering digunakan adalah kaktus mini, pakis, ivy, dan sebagainya. Agar taman kering dalam rumah yang mungil ini semakin ciamik, tambahkan beberapa dekorasi seperti patung atau rumah-rumahan.

5. Taman kering dalam rumah bergaya modern dengan bebatuan

pinterest.com

Berbeda dengan taman kering dalam rumah bergaya zen, taman dengan bebatuan ini didominasi dengan hamparan batu berukuran sedang yang warnanya alami. Di sekitarnya diberi tambahan tanaman hijau yang menyegarkan suasana.

dialindial.com

Ada juga yang modelnya lebih modern dan minimalis seperti ini. Warna bebatuannya disesuaikan dengan warna interior dan di atasnya diberi meja untuk pajangan milik keluarga.

Demikianlah lima ide taman kering dalam rumah yang bisa kamu terapkan. Dari semua inspirasi di atas, mana yang paling kamu suka?

Sedang mencari furnitur baru untuk rumahmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual spring bed, kursi makan, ottoman, meja tamu, lemari pakaian, dan meja rias. Untuk model dan ukurannya pun sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Selain itu, ada juga berbagai pilihan jenis dekorasi. Dekoruma jual vas & pot bunga, bingkai foto, karpet, poster, hingga pajangan meja. Jangan berlama-lama lagi, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma, yuk!