Material kayu dipercaya dapat menciptakan suasana yang homey tanpa mengorbankan tampilan interior yang estetik. Berbagai motif kayu dapat dipilih berdasarkan jenis kayu agar dapat divariasikan saat diaplikasikan pada hunian.

Umumnya digunakan sebagai material lantai, memilih motif kayu yang sesuai dengan gaya interior hunian pun penting. Berikut aneka aplikasi motif kayu yang bisa kamu pilih agar suasana hunian semakin homey!

1. Ilusi mata dengan efek 3D

pinterest.com

Siapa sangka motif kayu bisa dibuat menjadi efek 3D juga? Untuk menciptakan lantai dengan ilusi mata ini, kamu perlu menyediakan potongan papan kayu dengan tiga tingkatan warna, kemudian disusun menyerupai kubus.

Agar tidak memusingkan para penghuni ataupun tamu, aplikasikan motif kayu pada lantai ruangan kosong. Pilih sudut ruangan yang polos untuk dijadikan focal point.

2. Pola herringbone yang tidak lekang oleh waktu

ecohomesolutions.ie

Motif kayu yang ditata dengan pola herringbone ini terinspirasi dari tulang ikan herring. Lantai parket ini cocok untuk menghiasi hunian bergaya minimalis, modern, dan Skandinavia karena pilihan motif kayu dengan tone yang berbeda-beda.

Biarkanlah papan kayu tampil dengan warna asli karena perbedaan tingkatan warnanya bisa membuat rumah terlihat lebih menarik dan alami.

skeltonbuildingservices.co.uk

Untuk kesan yang lebih hangat, pilihlah motif kayu dengan warna cokelat tua seperti lantai kayu parket pada inspirasi di atas. Semakin besar hunianmu, sebaiknya pilih juga ukuran kayu yang besar agar terlihat seimbang.

3. Motif kayu berpadu dengan keramik

ambrosiacreative.com

Pernahkah terpikir untuk memadukan ubin keramik dengan motif kayu pada lantai hunian? Tampak seperti anyaman, pola lantai ini cocok untuk hunian bergaya klasik dengan nuansa modern.

Pemilihan warna yang tepat juga penting agar tercipta suasana yang diinginkan di hunian. Jika ingin hunian terlihat cerah, gunakan keramik putih dan motif kayu cokelat tua. Jika ingin kesan yang lebih gelap, padukan keramik hitam dengan kayu warna cokelat muda.

4. Pola kotak-kotak seperti papan catur

pinterest.com

Jika bosan dengan tampilan motif kayu alami, coba buat pola seperti papan catur ini dengan melapisi lantai kayu dengan cat warna gelap. Cocok untuk hunian bergaya klasik, aplikasi lantai kayu ini akan memberikan keunikan tersendiri bagi ruangan.

Jika pada papan catur warnanya hitam putih, motif kayu ini bisa kamu buat dalam warna cokelat tua dan cokelat muda. Supaya lebih mudah saat pemasangan, gunakan lantai kayu dari keramik atau parket.

consorzioturisticoscilla.com

Jika ingin tampilan alami tapi rapi, kamu bisa menggunakan kayu asli kemudian cat pola kotak warna hitam. Gunakan selotip sebagai garis bantu sekaligus mencegah cat berserakan ke area lain.

5. Pola segienam

pinterest.es

Lantai rumah dari berbagai motif kayu ini unik karena ditata membentuk segienam. Namun untuk urusan pemasangan, serahkan kepada tenaga profesional agar hasil yang didapatkan tetap estetik untuk interior hunian.

6. Motif kayu anyam

ambrosiacreative.com

Aplikasi motif kayu berbeda pada lantai berikutnya adalah dengan memadukan dalam pola anyaman. Keunikan dari lantai ini terletak pada kekosongan anyaman yang diberi tambahan kayu dengan motif berbeda agar lantai tidak terlihat monoton.

pinterest.com

Masih ingat dengan partisi dari anyaman bambu? Warna dan detail anyaman beragam tergantung motif kayu yang digunakan. Lebih mudah mengaplikasikan pola anyaman jika lantai terbuat dari parket atau keramik.

7. Kombinasi aneka warna

myaffordablefloors.com

Jika ingin lantai kayu tanpa tampilan khasnya, coba aplikasikan berbagai motif kayu dengan warna-warni seperti inspirasi di atas. Tak perlu bingung memilih warna yang pas, memasang variasi kayu di lantai dapat menjadi focal point pada ruangan di hunian.

Selera masing-masing orang untuk motif kayu pada lantai memang beragam dan tidak bisa dipaksakan. Tapi yang jelas, aplikasi motif kayu yang bervariasi akan membuat hunian menjadi lebih homey!

Kamu sedang mencari kasur baru untuk kamar tidurmu? Dekoruma jual Airland, Guhdo, dan King Koil, tiga merek kasur terkenal yang memiliki kualitas terbaik dan bukan abal-abal. Ada juga spring bed Dunlopillo dan Serta!

Selain kasur, ada juga berbagai jenis kursi yang nyaman untuk bersantai di rumah. Dekoruma jual Bottom Dock, yaitu merek bean bag yang tersedia dalam berbagai warna dan motif. Tunggu apa lagi? Yuk, cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!