Apa yang kamu lakukan apabila suhu di rumah mulai terasa panas? Salah satu caranya adalah menyalakan pendingin ruangan alias air conditioner (AC). Kehadiran AC sangat penting bagi masyarakat modern zaman sekarang, karena mampu memberikan udara sejuk dengan suhu yang bisa diatur sesuka hati. AC dijual dengan ragam ukuran, keunggulan, kapasitas, sampai harga.

Permasalahan yang kerap menghantui pengguna AC adalah AC yang tidak dingin. Fenomena ini kerap menjadi mimpi buruk bagi beberapa orang karena mereka akan kepanasan dan berujung pada ketidakmampuan melakukan aktivitas dan pekerjaan dengan lebih produktif. Penyebab AC tidak dingin pun bisa dari faktor eksternal maupun internal. Maka dari itu, mari kita simak bersama dengan lebih rinci penyebab AC tidak dingin dan cara mengatasinya.

Filter AC yang tidak rutin dibersihkan

shutterstock.com

Salah satu unsur yang mendukung kinerja AC dalam menghantarkan suhu dingin adalah filter AC. Filter berguna untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada dalam udara AC. Lama kelamaan, kotoran tersebut akan menyumbat saringan filter sehingga udara dingin tidak mampu menembus keluar.

Cara mengatasi penyebab AC tidak dingin ini adalah rutin membersihkannya. Cuci filter sebulan sekali supaya filter bersih dari kotoran. Sebelum membersihkan, pastikan kamu menutup barang-barang di sekitar AC seperti kasur dengan koran agar barang tersebut nggak kotor. Pasang filter kembali dan kamu akan mendapatkan semilir angin dingin yang menyejukkan.

Kondensor AC yang kotor

shutterstock.com

Tidak hanya filter, kondensor AC yang kotor juga bisa jadi penyebab AC tidak dingin. Kondensor terletak di bagian luar AC yang berguna untuk memanaskan gas refrigerant (freon) pada suhu tertentu. Sama dengan filter, jika kondensor kotor, ia nggak akan bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal yaitu melakukan proses pendinginan.

shutterstock.com

Kamu perlu membersihkan kondensor secara rutin untuk mencegah dampak dari penyebab AC tidak dingin jenis ini. Tindakan ini bisa kamu lakukan sendirian. Gunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran. Kamu juga bisa memakai selang air dengan menggunakan arus air yang pelan sehingga kondensor tidak rusak.

Apabila kamu tidak menggunakan AC dalam waktu lama, tutup kondensor dengan kain agar konsensor tidak jadi penyebab AC tidak dingin. Jangan taruh kondensor di tempat di mana banyak tanaman hias dan ranting pohon.

Refrigerant (freon) yang habis atau bocor

shutterstock.com

Refrigerant adalah gas yang berguna dalam proses pendinginan ruangan. Merek refrigerant yang terkenal adalah Freon sehingga refrigerant lebih dikenal masyarakat dengan kata freon. Freon yang habis bisa jadi penyebab AC tidak dingin. Ciri-cirinya adalah terjadi pembekuan es pada pipa AC, AC bocor, dan timbul suara mendesis akibat kebocoran.

Dampak jangka panjang dari penyebab AC tidak dingin ini adalah freon AC yang bocor bisa terhirup dan membahayakan kesehatan tubuh kita, seperti gangguan pernapasan hingga kematian. Untuk menghindari dampak dari penyebab AC tidak dingin ini, segeralah menghubungi teknisi AC untuk memperbaikinya.

Pengaturan termostat yang salah

shutterstock.com

Kesalahan dalam menetapkan suhu AC bisa menganggu kenyamananmu saat bekerja atau sekedar bersantai dalam kamar. Misalnya, suhu ruanganmu 23  derajat Celcius tetapi kamu memasang suhu AC 26 derajat Celcius. Hal ini jelas salah karena AC mengeluarkan suhu yang lebih tinggi dari suhu ruanganmu.

Maka dari itu, kamu harus mengatur suhu AC dengan benar. Apabila suhu ruangan 25 derajat Celcius, atur suhu AC di bawah angka tersebut, misal 18 derajat Celcius atau 20 derajat Celcius. Cara lain untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin adalah dengan mengatur AC melalui remote dengan setting “COOL”. Dengan mengatur suhu AC yang tepat, kamu bisa bekerja dengan produktif di atas meja kerja.

Pintu dan jendela yang dibuka

shutterstock.com

Saat kamu menyalakan AC, apakah kamu sudah memastikan bahwa pintu dan jendela ruangan sudah tertutup rapat? Apabila belum, mungkin hal ini menjadi penyebab AC tidak dingin. Pintu dan jendela yang terbuka sedikit bisa berpengaruh pada suhu ruangan sehingga terasa tidak sedingin biasanya.

Untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin satu ini, kamu hanya cukup menutup pintu dan jendela saat AC dinyalakan. Apabila kamu ingin keluar ruangan, segera tutup kembali pintu. Aksi ini termasuk simpel, lho. Jadi, pastikan kamu selalu menutup pintu dan jendela, ya!

Ukuran AC yang tidak sesuai

shutterstock.com

Bisa jadi penyebab AC tidak dingin adalah pemilihan ukuran yang tidak sesuai. AC yang terlalu kecil jelas tidak bisa memberikan semburan udara dingin di ruangan yang besar. Jika penyebab AC tidak dingin ini terjadi, ada baiknya bila kamu menggantinya dengan AC berukuran lebih besar.

Cara lain untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin karena ukuran adalah dengan menggunakan AC kecil dalam jumlah lebih dari satu. Teknik ini sering menjadi jalan keluar dari penyebab AC tidak dingin demi ruangan yang nggak panas. Kamu pun bisa bersantai di atas sofa sambil menonton TV atau membaca buku kesayanganmu dengan tenang.

Masalah teknis internal AC

shutterstock.com

Apabila keenam penyebab AC tidak dingin di atas tidak terjadi, mungkin terdapat masalah di bagian internal mesin AC. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus mengontak teknisi AC sesegera mungkin. Ia akan mengecek kondisi mesin AC milikmu, mencari penyebab AC tidak dingin, dan memperbaikinya.

Itulah ketujuh penyebab AC tidak dingin yang biasanya terjadi. Supaya AC milikmu tetap awet, kamu harus rajin merawatnya dengan mengecek dan membersihkan kondensor serta filter AC sebulan sekali. Selain awet, kamu juga bisa mencegah penyebab AC tidak dingin. Apabila kinerja AC semakin menurun meskipun kamu sudah memperbaikinya, mungkin ini saatnya kamu menggantinya dengan AC yang baru. Idealnya, AC dapat bertahan hingga 15 tahun.

Baca juga artikel dengan informasi menarik lainnya dari Dekoruma! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur dengan kualitas terbaik untuk menghidupkan suasana rumahmu. Dekoruma jual kursi anak, meja makan, rak buku, hingga tempat tidur.

Ragam jenis kasur dari merek-merek ternama juga bisa kamu temukan di Dekoruma, lho! Di antaranya adalah kasur Alga, Elite, Guhdo, King Koil, dan Serta yang siap membuat tidurmu makin nyenyak.

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga jual aneka properti di berbagai daerah yang strategis dan sedang berkembang. Beberapa di antaranya, ada properti baru di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan serta properti dijual di Tangerang dan Depok. Tunggu apa lagi? Yuk, temukan perabotan rumah dan properti impianmu di Dekoruma!