Punya masalah dengan desain ruang tamu kecil? Keterbatasan ruang memang kerap menjadi penghalang dalam mewujudkan rancangan impian kita. Tapi, bukan berarti desain ruang tamu kecil yang kamu punya tak bisa tampil menarik sekaligus nyaman untuk digunakan beraktivitas, lho.

Ada beberapa tips dan trik praktis yang bisa kamu gunakan untuk membuat desain ruang tamu kecil terasa lebih lega dan tentunya nyaman. Yuk, simak cara desain ruang tamu kecil berikut!

Desain Ruang Tamu Kecil dengan Warna-warna Terang

hgtv.com

Alihkan perhatian dari desain ruang tamu kecil dengan menggunakan warna-warna terang seperti biru muda, kuning, hijau. Warna-warna cerah akan membuat suasana ruangan menjadi lebih terbuka dan nyaman. Hindari penggunaan warna gelap karena akan membuat ruangan terasa lebih sempit.

Pertimbangkan Cermin sebagai Bagian dari Desain Ruang Tamu Kecil

adriaencasa.com

Selain mendominasikan warna-warna terang dalam desain ruang tamu kecil, coba gunakan cermin agar ruangan tampak lebih leluasa. Kamu dapat mengaplikasikan cermin ke dinding untuk memenuhi sisinya atau dipasang sebagai dekorasi rumah. Namun, akan lebih baik jika cermin dalam ruangan cukup besar agar dapat memberikan cukup refleksi untuk efek visual ruangan yang terasa lebih luas dan lapang.

Hindari Pola-pola Berlebihan untuk Desain Ruang Tamu Kecil

chuckragantix.com

Aplikasi pola-pola tertentu pada ruang memang terasa menarik dan bisa membuat ruangan terasa lebih hidup dan dinamis. Namun, pada desain ruang tamu kecil, pola-pola berlebihan pada interior justru akan membuat ruang terasa lebih sesak, padat, dan tentunya sempit.

Jika kamu memang pecinta pola, aplikasikan pola-pola pada elemen dekoratif seperti taplak, bantal sofa atau benda kecil lainnya pada desain ruang tamu kecil milikmu dan biarkan elemen lainnya tampil polos.

Minimalisir Perabot untuk Desain Ruang Tamu Kecil yang Lebih Lega

idealhome.co.uk

Sudah bukan rahasia jika mengurangi perabot akan membuat desain ruang tamu kecil milikmu terasa lebih luas. Jadi, cobalah untuk mengutamakan perabot-perabot utama saja pada desain ruang tamu kecil milikmu, seperti rak tv, sofa, dan meja kecil.

Pilihlah perabot multifungsi dengan ukuran dan detail sesuai keperluan. Konsep minimalis modern tentu cocok untuk desain ruang tamu kecil karena konsep ini mengusung tema simpel untuk semua elemen dalam ruangan.

Pentingnya Pencahayaan pada Desain Ruang Tamu Kecil

workdesign.com

Tips desain ruang tamu kecil selanjutnya adalah memastikan ruangan memiliki pencahayaan yang baik. Ruangan yang gelap cenderung akan menimbulkan kesan ruangan yang sempit dan sesak. Cobalah manfaatkan pencahayaan alami dengan memilih genteng kaca atau jendela yang sesuai agar ruangan tampak lebih terbuka.

Lebih Bijak dalam Memilih Dekorasi untuk Sempurnakan Desain Ruang Tamu Kecil

2016primary.com

Pada saat merancang ruang, sentuhan pelengkap akhir adalah menambah dekorasi pada ruangan. Namun, untuk kamu yang miliki keterbatasan ruang, hindari penggunaan dekorasi yang berlebihan. Dekorasi yang cukup dan sederhana membantu desain ruang tamu kecil tidak terkesan sesak, penuh, dan sempit.

Jika Memungkinkan, Desain Ruang Tamu Kecil Jadi Terbuka Menjadi Solusi

pinterest.com

Cara lainnya untuk sulap desain ruang tamu kecil adalah dengan menggunakan konsep ruang terbuka jika memungkinkan. Gabungkan ruang tamu dengan ruang lainnya seperti ruang keluarga, ruang TV, atau ruang makan untuk mengurangi penampakan struktur ruangan yang sudah terbagi menjadi lebih kecil.

Meskipun susah-susah gampang, membuat desain ruang tamu kecil terasa nyaman dan menarik tidaklah mustahil. Yuk, mulai atur dan desain ulang ruang tamu milikmu dan ciptakan desain ruang tamu kecil yang jauh lebih nyaman dan menarik.

Ingin mengganti furnitur rumahmu dengan yang baru? Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur berkualitas dengan harga bersahabat, lho! Dekoruma jual rak buku, meja makan, rak tv, sofa, kursi lesehan, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual panci, kompor, dan spatula untuk memasak. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!