Rumah atau griya merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Bermula dari manusia purba yang menjadikan gua sebagai tempat bernaung hingga berkembangnya peradaban dengan mulai membangun griya dari material alam sederhana dan kini teknologi-teknologi canggih dan eksplorasi material seperti saat ini.

Tak hanya berfungsi sebagai hunian, kini berbagai desain griya dikembangkan dengan berbagai manfaat dan fungsi yang lebih kompleks. Seperti berbagai desain kompleks griya modern dari berbagai penjuru dunia berikut:

Komposisi Struktur untuk Ciptakan Komplek Griya yang Unik

archdaily.com

Habitat 67 adalah sebuah model kompleks residensial yang berada  Montreal, Kanada ancangan Moshe Safdie. Dari segi penampilan saja, kompleks ini sudah tampil sangat unik dengan komposisi yang sangat dinamis.

Tak cuma memberikan terobosan dalam hal struktur, kompleks residensial ini juga menjadi contoh bagaimana sebuah rancangan hunian juga mampu menjadi landmark arsitektur. Hingga kini, Habitat 67 masih menjadi salah satu kompleks griya yang kerap menjadi studi dan juga referensi dalam pengembangan desain residensial

Griya Modern dengan Fokus pada Ruang Komunal

archdaily.com

Pengembangan residensial kini lebih berfokus pada pengembangan vertikal. Tak heran kini bangunan apartment mulai mengganti kehadiran kompleks griya vertikal yang konvensional.

Namun, untuk menghidupkan kembali esensi ketetanggaan, sebuah apartemen “The L’arbre Blanc housing tower” dibangun dengan balkon-balkon dramatis yang mampu berfungsi bak ruang komunal dimana tiap tetangga bisa berinteraksi dari huniannya masing-masing.

Peran Griya yang Memberikan Warna Berbeda pada Lingkungan Urban

google.com

Berkunjung ke Jepang, salah satu negara dengan teknologi dan desain griya yang maju tentu ada banyak kompleks residensial menarik. Tak cuma soal fungsi, penampilan juga jadi faktor yang nggak pernah terlewatkan dalam desain kompleks griya. Seperti kompleks griya unik yang dibangun  pada 2006 di Mitaka ini.

Meskipun berukuran kecil, kompleks griya yang terdiri dari 9 apartment kecil ini dirancang dengan bentuk dan warna artistik nan kontras yang menjadikannya menonjol dibandingkan lingkungan sekitar.

Sentuhan Kontemporer pada Komplek Griya Modern

pinterest.com

Jika konsep kompleks griya sebelumnya hadir dengan penuh warna, berbeda dengan konsep residensial yang berada di Saintes satu ini. Berfokus pada pengembangan komunitas dan adaptasi terhadap lansekap dan lingkungan, kompleks griya ini tampil serba putih.

Dengan pengolahan gubahan massa yang menghormati keadaan lansekap asli lingkungan, griya ini mampu menciptakan ruang komunal dan hunian bersama yang menarik dan tetap bisa tampil unik meskipun hanya dengan aplikasi warna putih.

Konsep Griya Hijau yang Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan

google.com

Masalah lingkungan seperti pemanasan global kini menjadi isu yang juga kerap dikaitkan dengan  dunia arsitektur. Hal ini juga menjadikan banyak bangunan tak terlepas juga griya dan produk arsitektur lainnya.

Tak heran kini banyak kompleks griya yang dirancang dengan konsep desain berkelanjutan. Salah satunya kompleks griya berkelanjutan yang dikembangkan di Dubai ini. Sebagai kompleks griya dan komunitas pertama di Dubai dengan “Net Zero Energy”, kompleks residensial yang modern namun tetap asri ini nggak cuma ramah lingkungan, tapi juga nyaman untuk dihuni.

Nggak cuma unik, berbagai konsep desain dan penataan griya dari berbagai penjuru dunia tersebut nggak hanya berfokus pada griya sebagai tempat tinggal, tapi juga bagian dari kehidupan penghuninya dan juga dampaknya pada lingkungan sekitar dalam jangka waktu panjang.Konsep perancangan kompleks griya mana yang jadi favoritmu?

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka furnitur sesuai kebutuhan ruangan. Misalnya, untuk ruang makan, Dekoruma jual meja makan, kursi makan, dan lemari kabinet.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual alat rumah tangga dan dekorasi untuk memenuhi semua kebutuhan rumahmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!