Sistem pencahayaan pada hunian, terutama pencahayaan alami merupakan salah satu faktor penting yang tidak boleh disepelekan saat merancang rumah. Tak hanya untuk mempermudah aktivitas karena penerangan yang lebih baik, pencahayaan alami yang baik juga akan membuat ruang dalam rumah lebih nyaman dan sehat karena mampu meminimalisir tumbuhnya parasit dan kuman serta bakteri.

Ingin perbaiki pencahayaan alami di rumahmu? Cek cara maksimalkan pencahayaan alami dan berbagai inspirasi pencahayaan alami untuk buat rumahmu jauh lebih nyaman!

Manfaatkan Pintu sebagai Pencahayaan Alami

Sistem pencahayaan alami paling dasar dan konvensional adalah jendela rumah. Jika jendela di rumahmu nggak memungkinkan, kamu bisa mendapatkan tambahan pencahayaan alami tambahan dari pintu, lho.

home-designing.com

Nggak cuma sebagai sirkulasi dan entrance, kamu bisa merancang pintu di rumah dengan bahan dan desain yang memungkinkan pencahayaan alami bisa menembus masuk ke dalam ruangan. Selain sebagai pencahayaan alami, desain pintu seperti ini bisa memberikan tampilan yang lebih menarik dan elegan pada rumah.

Pencahayaan Alami melalui Skylight

whyskylights.com

Ruang di dalam rumah berdempetan dengan ruang lain sehingga sulit mendapatkan pencahayaan alami dari elemen dinding melalui jendela? Sulit bukan berarti tak mungkin. Manfaatkan rancangan skylight yang memungkinkan ruang mendapatkan pencahayaan alami dari bagian atas ruangan.

Jika desain skylight terasa terlalu rumit dan memerlukan budget lebih, penggunaan atap berbahan kaca juga cukup populer sebagai pengganti skylight untuk menambah sumber pencahayaan pada hunian.

Alternatif Pencahayaan Alami dengan Glass Block

archdaily.com

Memberikan bukaan pada hunian memang bisa memberikan pencahayaan alami pada rumah. Tapi, terkadang terdapat view yang ingin kamu hindari. Untuk itu, kamu bisa ganti sumber pencahayaan alami di ruangan dengan menggunakan kaca es glass block agar pencahayaan alami bisa menembus masuk ruangan tanpa membuat view yang tak diinginkan terlihat dari dalam ruangan.

Untuk tampilan yang menarik, kamu bisa menata komposisi dari glass block semenarik mungkin dan kamu akan mendapatkan estetika yang juga mampu memaksimalkan penerangan pada ruangan.

Pencahayaan Alami dengan Efek Bayangan yang Dramatis dengan
Roster

home.co.id

Tak cuma sekedar terang saja, pencahayaan alami bisa kamu desain untuk hidupkan suasana yang lebih dramatis. Efek dramatis ini salah satunya bisa kamu dapatkan dari bayangan-bayangan di dalam ruang melalui penggunaan roster atau loster.

Kini ada banyak sekali pilihan desain roster yang menarik dan modern sehingga tak cuma buat pencahayaan alami memberikan efek bayangan yang dramatis, namun secara tampilan juga estetik dan menarik.

Ventilasi tak hanya Sebagai Sirkulasi Udara

google.com

Umumnya, kehadiran ventilasi ruangan memang bertujuan sebagai sumber dari sirkulasi udara di dalam ruang. Namun, selain itu ventilasi ruang juga dimodifikasi untuk memungkinkan masuknya pencahayaan alami ke dalam ruangan

Untuk itu, tak ada salahnya memberikan ventilasi ruang yang lebih lebar dengan penggunaan material-material tembus pandang yang memungkinkan cahaya untuk masuk ke dalam hunian.

Banyak sekali bukan alternatif cara hadirkan pencahayaan alami pada hunianmu selain menggunakan jendela, metode pencahayaan alami konvensional yang lebih umum digunakan. Dengan kreativitas, banyak sekali elemen pada ruang yang bisa menjadi jalur masuknya pencahayaan alami ke dalam rumah. Penggunaan material atap kaca, dinding glass block, hingga rooster adalah beberapa alternatif unik yang bisa jadi pilihanmu.

Meskipun memiliki pencahayaan bersumber alami yang baik pada ruang, jangan pernah sepelekan kehadiran dari pencahayaan buatan untuk maksimalkan pencahayaan ruangan, ya. Yuk, mulai berkreasi dan ciptakan ruangan yang lebih nyaman dan fungsional dengan pencahayaan maksimal!

Apakah kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Kunjungi Dekoruma untuk melihat furnitur yang kamu inginkan. Dekoruma jual meja kantor, sofa, lemari pakaian, tempat tidur, dan furnitur lain dengan banyak model dan ukuran.

Selain furnitur, aneka jenis kasur dengan kualitas material terbaik untuk kebutuhan tidurmu juga ada di Dekoruma, lho! Dekoruma jual spring bed The Luxe, Lady Americana, King Koil, dan Comforta.

Tak ketinggalan, Dekoruma juga jual American Standard, merek perlengkapan kamar mandi ternama yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua keperluan rumahmu bersama Dekoruma!