Saat membangun sebuah hunian, pintu merupakan akses keluar masuk bagi para penghuni sekaligus sebagai sirkulasi antar ruangan. Variasi material pintu saat ini pun menghadirkan pintu alumunium sebagai salah satu pilihan populer.

Tak hanya bobotnya yang ringan, pintu alumunium juga dikenal memiliki durabilitas yang tinggi dengan proses pemasangan yang sederhana. Walaupun saat ini material pintu sudah bervariasi, desain pintu sendiri penting demi tampilan hunian estetik dengan durabilitas yang terjamin.

Pintu alumunium memang sudah terbilang pasaran dengan desain yang hampir serupa ditemukan di pasaran. Padahal, selain sebagai kerangka dan daun pintu, desain pintu alumunium sendiri dapat mempercantik interior hunian. Intip saja inspirasinya berikut ini!

Artistik dengan Kaca Patri

flickr.com

Stained glass atau lebih dikenal sebagai kaca patri terlihat estetik jika disandingkan dengan kerangka alumunium seperti pada desain pintu alumunium di atas. Cocok digunakan sebagai pintu dapur maupun pintu kamar mandi, desain kaca patri pada daun pintu membawa tema tertentu yang disesuaikan dengan gaya interior hunian. Tampilan interior terlihat semakin dinamis dengan lukisan pada kaca ini.

Hemat Ruang dengan Pintu Geser

edilportale.com

Difungsikan sebagai sekat ruangan, pintu alumunium dengan model geser atau sliding doors bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menghemat ruang. Seperti model pintu alumunium yang satu ini, di mana tampilan bersih dan elegan siap menyempurnakan hunian berkonsep minimalis yang ingin kamu wujudkan.

Pintu Alumunium Lipat

sliders-uk.com

Inspirasi lainnya, kamu bisa mengadopsi pintu alumunium model lipat. Ketimbang model pintu geser, desain bi-fold atau lipat ganda menyerupai akordeon ini akan memberikan bukaan lebih maksimal sehingga ruangan tampak lebih luas dan besar.

Perlu diperhatikan, kamu yang ingin memasang pintu alumunium dengan model lipat ini diharuskan memiliki area yang luas karena daun pintu membutuhkan ruang yang lebih lega supaya bisa dilipat secara sempurna.

Pintu Alumunium Futuristik

rigwealtheng.com

Desain pintu alumunium yang satu ini bisa difungsikan sebagai pintu utama di hunian kamu karena desainnya yang sangat berkelas. Pastikan, kamu memiliki area yang luas sehingga terlihat lebih seimbang, di mana aplikasinya sangatlah cocok untuk hunian yang menerapkan gaya desain futuristik ataupun kontemporer karena modelnya yang sangat anti-mainstream.

Standar dengan Sentuhan Elegan

foxwindowsanddoors.com

Untuk kamu yang menyukai gaya konvensional, desain pintu alumunium berikut sangat pas untuk digunakan. Walaupun terlihat mengadopsi desain standar, desain minimalis yang simpel ini sangat mudah juga ditemukan di pasaran tanpa perlu mengorbankan nilai estetik.

Selain itu, pintu alumunium dengan model engsel pintu standar ini tergolong mudah untuk dipasang. Supaya tak monoton, kamu bisa memadukannya dengan kaca di bagian samping sehingga terkesan lebih estetik.

Pintu Alumunium Pivot

edilportale.com

Bingkai pintu alumunium berpadu dengan material kaca atau cermin pada daun pintu menjamin kekuatan yang prima untuk memaksimalkan pencahayaan yang masuk ke dalam ruangan. Seperti pada inspirasi di atas, tak hanya sebagai pintu dalam ruangan, desain pintu ini cocok untuk diaplikasikan sebagai pintu utama karena desainnya yang simpel tapi elegan.

Sama halnya dengan pintu lipat, pemasangan pintu alumunium bertumpuan tidak pada dinding, melainkan pada lantai dan kerangka pintu, juga memerlukan area yang luas agar dapat dibuka dengan lebih sempurna.

Pintu Alumunium dengan Kayu

hfwindows.com

Siapa bilang material alumunium tak bisa dikombinasikan dengan material papan kayu? Untuk kamu yang ingin membangun hunian berkonsep industrial, kamu bisa memanfaatkan desain pintu alumunium yang memadukan daun pintu kayu dengan bingkai alumunium seperti pada inspirasi di atas.

Supaya terlihat lebih menarik, kamu bisa mengombinasikannya dengan jendela rumah dari kaca yang memakai bingkai berbahan serupa sehingga lebih estetik dan bisa memaksimalkan pencahayaan yang masuk ke dalam hunian.

Berbagai inspirasi di atas menunjukkan bahwa pintu alumunium sangat cocok diaplikasikan pada berbagai konsep desain hunian. Tak hanya bergaya, pintu yang memanfaatkan alumunium pasti akan tahan lama sehingga ada baiknya mempertimbangkan penggunaannya pada hunianmu.

Sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya di Dekourma, lho! Dekoruma jual Funika, Aveda, dan Pro Design, tiga merek furnitur ternama yang pastinya memiliki kualitas terbaik. Tunggu apa lagi? Buruan cek laman Dekoruma dan temukan furnitur impianmu!