Belum punya hunian permanen tapi ingin tinggal di properti privat dan nyaman? Alternatif terbaik, kamu bisa sewa rumah. Berbeda dengan kamar kost, sewa rumah memungkinkan kamu menempati dan memanfaatkan semua bagian rumah tanpa harus berbagi dengan penghuni lainnya.

Cocok digunakan bersama keluarga kecil, banyak rumah yang disewakan, terutama di area perkotaan, membuat opsi ini menggiurkan. Namun, jangan asal memilih rumah untuk disewa karena terdapat sejumlah persiapan yang harus dilakukan supaya proses sewa rumah berjalan lancar dan membuatmu bisa menempati rumah sewaan secara nyaman.

Berikut ini, Kania akan membagikan tips-tips mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum sewa rumah demi hunian yang nyaman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Persiapkan Biaya Sewa Rumah

overstock.com

Terdapat dua opsi umum terkait pembayaran sewa rumah, yakni pembayaran bulanan dan tahunan di mana masing-masingnya bisa disesuaikan menurut kemampuan dan kebutuhan. Khusus kamu yang ingin menyewa rumah dalam jangka pendek, lebih baik memilih rumah dengan sistem pembayaran sewa bulanan, sedangkan untuk jangka panjang, sebaiknya memilih opsi pembayaran sewa rumah tahunan karena kalkulasi biayanya bisa jauh lebih ekonomis.

Sesuaikan Lokasi Sewa Rumah dengan Kebutuhan

local-insurance.ca

Hal lain yang perlu diperhatikan, jangan memilih untuk sewa rumah hanya karena tergiur dengan desain arsitektur rumah yang ditawarkan. Alangkah baiknya, kamu mengetahui detail lokasi rumah dan menyesuaikannya menurut aktivitas yang rutin kamu lakukan, seperti jarak ke kantor, kampus, sekolah atau fasilitas umum.

Jika ternyata kamu sewa rumah lalu tidak strategis sesuai keperluan, akhirnya hanya akan menambah biaya transportasi sehari-harinya. Agar dapat sewa rumah yang strategis, kamu bisa memanfaatkan jasa broker yang akan mencarikanmu lokasi rumah yang sesuai keinginan dan kebutuhan.

Periksa Rumah dengan Teliti

shutterstock.com

Jika kamu sudah menemukan kandidat hunian yang pas, langkah selanjutnya adalah memeriksa kelayakan rumah dengan teliti. Kamu harus memperhatikan tampilan arsitektur hunian seperti kontruksi bangunan, termasuk memperhatikan kondisi interior hunian.

Jika saat inspeksi sebelum sewa rumah, kamu menemukan dinding retak, jendela rusak, atap bocor ataupun saluran air yang mampet, segera hubungi pihak penyewa sebelum menandatangi kontrak sewa rumah supaya tak terjadi salah paham di kemudian hari.

Pahami Surat Kontrak Sewa Rumah

shutterstock.com

Idealnya, perjanjian sewa rumah diperlukan kontrak resmi supaya proses serah terima bisa dilakukan secara profesional dan tidak merugikan pihak penyewa atau pemilik properti. Nah, jika kamu mendapatkan surat kontrak sewa rumah, pastikan kamu sudah membaca isi kontrak secara cermat dan memahami sejumlah poin penting seperti tanggal akhir sewa rumah, kenaikan biaya sewa rumah, biaya tambahan serta apa saja larangan yang diberlakukan saat tinggal di hunian sewaan. Tentu, hal ini harus kamu pahami sejak awal untuk meminimalisir kerugian yang mungkin timbul di kemudian hari.

Dekorasi Hunian Sewaan

ostkcdn.com

Meskipun kamu tinggal di hunian sewaan, namun tak ada alasan untuk tidak memberikan sentuhan personal pada hunian yang akan kamu tempati. Walaupun tak bisa mengubah desain bangunan secara permanen, kamu tetap bisa mempercantik ruangan dengan menambahkan dekorasi rumah yang bersifat sementara.

Mulai dari menata lukisan yang dimiliki, menempatkan karpet di tengah ruang tamu, hingga menambahkan tanaman hias dalam pot dapat mengubah suasana menjadi lebih nyaman. Jika perlu, hadirkan pula tanaman yang dipercaya bisa membawa hoki, seperti bambu air.

Lima hal di atas sebaiknya kamu persiapkan sebelum melakukan sewa rumah. Jangan sampai salah memilih rumah untuk disewa karena pasti akan memakan biaya dan hati di kemudian hari jika dilakukan secara asal-asalan. Usahakan rumah tetap terasa personal sehingga kehidupan sehari-hari menjadi nyaman juga.

Temukan ragam furnitur berkualitas dengan harga bersahabat hanya di Dekoruma! Dekoruma jual sofa minimalis, meja rias, kursi teras, hingga kasur dari berbagai merek ternama, seperti spring bed Dunlopillo dan Guhdo. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan temukan furnitur impianmu!