Jenis-Jenis Exhaust Fan dan Kisaran Harganya

Memiliki rumah sehat adalah idaman semua orang. Selain membersihkan rumah secara berkala, idealnya sebuah rumah wajib memiliki exhaust fan serta sistem sirkulasi udara yang baik supaya semua penghuni rumah dapat menghirup udara segar dan menghindari udara kotor yang terkontaminasi.

Di era modern, kamu tak hanya diberikan opsi untuk memasang sistem sirkulasi udara tradisional melalui jendela, namun dapat menerapkan sistem ventilasi mekanis seperti exhaust fan untuk menyalurkan udara baru yang segar dan bersih, serta menghilangkan bau di dalam rumah secara efisien dan cepat.

Terdiri dari berbagai macam jenis, kamu sebaiknya mengetahui setiap variasi exhaust fan supaya bisa memasangnya pada ruangan yang tepat. Buat kamu yang belum familiar, simak jenis-jenisnya yang ada di pasaran berikut ini, yuk!

Exhaust Fan Langit-Langit

shutterstock.com

Cocok dipasangkan di plafon ruangan yang tidak dilengkapi area terbuka seperti dapur, model exhaust fan yang satu ini terhubung dengan saluran pembuangan udara bernama Mechanical Ventilation Heat Recovery System (MVHR) yang bisa kamu letakkan di bagian loteng serta pipa sebagai penyalur udara ke luar rumah.

Adapun, exhaust fan yang diinstalasi pada langit-langit saat ini terdiri dari berbagai macam merek dan ukuran kipas, mulai dari 8 inci, 10 inci, hingga 12 inci. Sebelum memasangnya, pastikan kamu menyesuaikannya dengan luas ruangan supaya proses sirkulasi udara bisa berjalan secara maksimal.

Nah, karena ukurannya bervariasi, maka harganya pun beragam. Dilansir dari beberapa sumber, harga untuk exhaust fan langit-langit berukur 8 inci berkisar mulai dari Rp 150.000. Sementara, ukuran 10 inci bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp 225.000 dan 12 inci seharga Rp 350.000.

Exhaust Fan Dinding

shutterstock.com

Paling umum ditemukan di Indonesia, model exhaust fan pada dinding ini mempunyai proses pemasangan yang cenderung sederhana. Dengan cara kerja yang simpel, ia dapat menghilangkan udara kotor, bau dan pengap dengan membuangnya ke luar rumah tanpa harus memasang saluran pipa.

Idealnya, exhaust fan yang dipasang pada dinding berhadapan langsung dengan area terbuka, cocok dipasang pada ruang makan maupun dapur yang tak hanya memungkinkanmu dapat menikmati udara bersih, namun menambah tampilan modern pada ruangan tersebut.

Sama dengan jenis yang dipasangkan pada langit-langit, exhaust fan dinding pun terdiri dari beragam ukuran. Untuk ukuran 8 inci dibanderol dengan kisaran harga Rp 220.000, 10 inci sekitar Rp 250.000, dan ukuran 12 inci seharga Rp 330.000.

Exhaust Fan Jendela

shutterstock.com

Untuk menjaga kesegaran udara di kamar, ruang tamu ataupun ruang keluarga, kamu bisa menggunakan exhaust fan yang dipasang pada jendela rumah. Model ini bisa kamu pasangkan pada jendela kaca yang mempunyai ketebalan mulai dari 3-7 mm dan menghadap ke area terbuka supaya udara kotor dari dalam ruangan bisa langsung dibuang keluar.

Sementara, jika kamu ingin memasang exhaust fan ini pada ruangan yang tidak berhadapan langsung ke area terbuka, pastikan untuk memasangnya secara berhadapan pada ruangan yang berukuran lebih besar. Di pasaran, kamu bisa mendapatkan jenis yang satu ini dengan harga mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 400.000.

Inline Exhaust Fan

hpm.com.au

Berbeda dengan tipe lainnya, inline exhaust fan mempunyai beberapa komponen, yaitu saringan dalam, saringan luar, kipas penyedot, dan pipa. Tujuannya adalah untuk menghisap uap air dan udara kotor dari ruangan yang tidak mempunyai akses ke ruangan terbuka di luar bangunan.

Exhaust fan dipasang di tengah saluran yang menghubungkan saringan dalam dan saringan luar, memungkinkan suatu ruangan untuk terhubung ke area terbuka. Oleh sebab itu, model ini sangat cocok digunakan di kamar mandi atau ruangan yang terisolasi dari luar. Nah untuk harganya, dilansir dari beberapa sumber, inline exhaust fan ini dijual dengan kisaran mulai dari Rp 250.000 – Rp 650.000.

Exhaust Fan dalam Cooker Hood

Terakhir adalah exhaust fan berupa cooker hood yang secara spesifik bisa kamu pasangkan di atas alat memasak seperti kompor. Model ini bekerja kuat untuk menyingkirkan asap, uap, serta bau yang dihasilkan dari proses masak-memasak di dapur dan dapat memaksimalkan kinerja exhaust fan pada plafon atau dinding supaya asap kotor lebih cepat disingkirkan.

Berkat keunggulannya yang mampu menyingkirkan asap dapur secara langsung, jenis exhaust fan ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu mulai dari Rp 1.100.000 hingga Rp 2.800.000. Bahkan, ada juga yang berkisar di harga Rp 5.000.000 sampai Rp 9.000.000. Semua tergantung dari ukuran, kinerja, dan mereknya.

Dalam penerapannya, ada baiknya kamu tetap mengombinasikan sistem ventilasi rumah natural supaya sirkulasi udara dapat berjalan semakin lancar dan membuat kualitas udara di dalam ruangan tetap sehat. Nah, sudah tahu kan perbedaan dari masing-masing exhaust fan? Jangan sampai salah memilih, ya!

Temukan exhaust fan pilihanmu hanya di toko furniture online Dekoruma. Tak hanya exhaust fan, Dekoruma juga menyediakan kasur dari ragam merek untuk memberikan kenyamanan maksimal saat kamu tidur. Beberapa di antaranya adalah kasur Dunlopillo dan Comforta.

Kalau kamu baru saja memiliki sang buah hati, Dekoruma juga jual lemari anak, kursi anak, dan tempat tidur bayi, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!