Salah satu tanaman alam yang tidak asing lagi di dunia furnitur dan kerajinan tangan, rotan adalah jenis tanaman yang tumbuh subur di kawasan Asia termasuk Indonesia. Sering ditemukan sebagai kreasi anyaman pada

furniture
, material ini terkenal dengan kesan tradisional yang dibawanya.

Dengan kelenturan dan warna yang indah, rotan menjadi material favorit untuk pembuatan berbagai hasil karya yang luar biasa indahnya. Kenal lebih jauh mengenai rotan dan berbagai jenis kreasinya yang bikin semua berdecak kagum.

Mengapa menggunakan rotan?

theworldofchinese.com

Kehebatan rotan bukan hanya terletak dari sifat-sifatnya yang lentur, kuat dan mudah dibentuk. Material ini juga tergolong sebagai bahan dasar yang cukup murah dengan estetika ala tropis yang menggoda. Produk dari material ini mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, sehingga menjadikannya mudah diaplikasikan baik di bagian outdoor ataupun indoor rumah.

Penggunaan rotan tidak lepas dari budidaya yang melibatkan proses penanaman dan panen. Dengan permintaan untuk material ini semakin tinggi, maka tindakan kriminal seperti illegal logging terhadap kayu hutan akan bisa diminimalisir.

Pembuatan Furnitur

Rotan dan dunia furnitur memang sudah sulit dipisahkan. Bahkan bukan berlebihan jika kegunaan utama dari material ini diprioritaskan untuk pembuatan berbagai jenis furnitur atau peralatan rumah tangga. Industri furnitur untuk material ini tercatat sangat meluas dan dalam berbagai skala, baik produksi pabrik maupun privat dari pengrajin lokal.

standard.co.uk

Beberapa produk furnitur berbahan rotan antara lain sofa, kursi, meja, alas meja, tempat tidur, dan tikar. Tak hanya memenuhi kebutuhan rumah tangga, mereka juga mempunyai gaya artistik tersendiri yang khas.

Untuk perumahan atau perkantoran yang mengusung tema tradisional, otomatis bahan rotan lebih cocok digunakan dibandingkan dengan bahan olahan lainnya, misalnya gelas atau besi yang kaku.

Kesenian & Kerajinan Tangan

acaw.indo

Selain perabot, rotan menjadi sumber penghidupan utama bagi banyak orang yang bergelut di dunia kesenian dan kerajinan tangan. Berkat fleksibilitas, kekuatan dan durabilitasnya, sudah banyak hasil kesenian dan kerajinan tangan yang tercipta di tangan pengrajin berkelas dunia.

Nilai bahan alam dari material ini terletak pada kecantikannya sehingga sudah tercatat beberapa pagelaran atau pameran di museum dan galeri yang menampilan produk kesenian seperti anyaman rotan, termasuk alat instrumental musik seperti vibraphone, cylophone dan marimba. 

Dekorasi Rumah Tangga

italianbark.com

Sudah pernah melihat lampu atau bingkai kaca dari rotan? Pernak pernik kecil atau dekorasi rumah dari material ini juga semakin menjadi pemandangan umum yang sering dilihat di setiap rumah.

Produk keranjang atau storage berbagai ukuran dari rotan juga sering dijual dalam variasi bentuk yang menarik. Kreasi tak terbatas dari material ini juga semakin menarik dengan hadirnya tirai, kipas angin, bingkai televisi, hingga tas koper vintage yang cantik.

Bahan Dasar Interior dan Eksterior

medium.com

Pemakaian rotan sebagai material dasar bangunan umumnya lebih sering digunakan oleh penduduk lokal pada bagian desa atau pedalaman. Material yang terjangkau dan kukuh mampu menopang dan melindungi kediaman yang nyaman. Tidak heran jika beberapa organisasi sosial juga menggunakan rotan sebagai bahan bangunan, baik untuk keadaan darurat maupun permanen.

Sementara untuk konsep rumah modern, rotan juga bisa digunakan sebagai bahan pelengkap dengan nuansa dekoratif yang berbeda, baik dikombinasikan dengan material lain ataupun berdiri sendiri.

Dengan kecintaan terhadap produksi rotan, otomatis pasar ekspor Indonesia akan terdongkrak. Sebagai salah satu negara yang memproduksi material ini, tak ada salahnya beralih menggunakan produk lokal dari rotan untuk mempercantik interior hunian. Apakah kamu tertarik menggunakannya?

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya dari Dekoruma, ya! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan beragam furnitur untuk mengisi hunianmu. Dekoruma jual sofa minimalis, kursi, meja makan, laci, dan meja tv.

Ada juga aneka kasur dari berbagai merek terkenal yang bisa membuat tidur kamu makin nyenyak. Dekoruma jual Serta, King Koil, Comforta, dan Guhdo. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!