Jika dinding memiliki wallpaper, maka lantai memiliki karpet sebagai pelapis permukaannya. Penggunaan karpet pada lantai dinilai mampu menciptakan suasana yang nyaman di dalam ruangan, serta memberi nilai plus untuk keindahan. Material karpet cukup beragam mulai dari bulu, wol, bulu sintetis, katun, nilon, hingga karpet plastik.

Karpet plastik sekarang ini kian digemari dibandingkan karpet lainnya. Apa saja alasannya? Coba simak pembahasannya berikut bersama Kania.

1. Mudah dibersihkan

rd.com

Bahan karpet dari plastik sangat mudah dibersihkan. Sama seperti lantai keramik, karpet plastik juga dapat dihinggapi debu. Gunakanlah alat kebersihan seperti sapu atau kain lap untuk membersihkan karpet plastik setidaknya sehari sekali. Agar lebih bersih dan bebas kuman, celupkan kain lap ke dalam air sabun kemudian lap permukaan karpet plastik secara perlahan.

Membersihkan karpet plastik jelas lebih mudah dibandingkan dengan cara membersihkan karpet kain bahkan karpet berbulu yang hanya bisa dibersihkan dengan vacuum cleaner. Kalau terkena tumpahan makanan atau minuman, bersiaplah untuk mencucinya secara perlahan atau membawanya ke tukang laundry.

2. Tidak menyerap noda

professionals.tarkett.com

Material plastik dikenal tidak akan menyerap noda ataupun cairan. Hal ini pun berlaku untuk karpet plastik. Saat kamu menumpahkan makanan atau minuman, cukup dengan lap saja maka tampilannya akan kembali bersih.

Lain halnya dengan karpet kain atau bulu yang sangat mudah menyerap noda. Meski sudah dibersihkan, bisa saja noda tersebut membekas. Hasilnya, karpet akan terlihat kurang menarik lagi. Bagi kamu yang memiliki anak kecil, karpet plastik akan sangat cocok untuk menghias ruang makan dan ruang bermain mereka.

3. Tahan lama

hourigans.com

Karpet plastik bisa dibilang tahan lama karena sifatnya tidak menyerap air. Bakteri dan jamur pun tidak akan bersarang di karpet dan membuatnya lapuk. Jika karpet ini diletakkan di dalam ruangan, jelas akan lebih tahan lama lagi karena tidak langsung terkena sinar matahari.

Sifatnya yang tahan lama ini membuat karpet plastik tidak perlu diganti dalam hitungan tahun. Sangat efisien dan menghemat pengeluaran, bukan?

4. Harga terjangkau dengan motif yang bervariasi

shutterstock.com

Dibandingkan dengan karpet jenis lainnya, karpet plastik dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan biasanya dihitung per meter. Pilihan motifnya pun sangat beragam. Ada yang menyerupai motif kayu, geometris, anyaman, keramik, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menyesuaikannya dengan selera atau gaya interior ruangan yang akan diberikan karpet plastik.

5. Ukuran bisa disesuaikan dan pemasangannya sangat mudah

festivalcalcacali.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, karpet plastik ini dijual per meter. Ukurannya bisa disesuaikan dengan luas masing-masing ruangan. Jika satu sisinya kelebaran, gunakan saja gunting untuk memotongnya. Dengan demikian, seluruh permukaan lantai akan tertutup sempurna oleh karpet.

Cara pemasangannya pun sangat mudah. Alat dan bahan yang diperlukan hanyalah lem khusus serta alat bantu untuk meratakan permukaan karpet plastik.

6. Bersifat sejuk

carpetsabudhabi.ae

Tinggal di negara tropis memaksa kita untuk pintar mencari material untuk perlengkapan rumah tangga yang sifatnya sejuk saat disentuh. Salah satu dari material tersebut adalah plastik. Sifat karpet plastik tidak menyerap panas, sehingga saat dipijak akan terasa sejuk. Hal ini tentu akan memengaruhi suhu ruangan juga dan membantu kamu menghadapi panas pada siang hari dengan merebahkan diri di atas karpet plastik tersebut.

Bagaimana pendapat kamu mengenai karpet plastik setelah ulasan Kania di atas? Jika kamu tipe orang yang ingin praktis, karpet plastik bisa menjadi andalan kamu untuk mempercantik lantai rumah!

Kamu sedang mencari furnitur dan dekorasi untuk menghidupkan suasana hunianmu? Dekoruma solusinya! Dekoruma jual kursi teras, sofa, tirai, hiasan dinding, lemari pakaian, kursi malas, lampu meja, dan masih banyak lagi. Selain harganya bersahabat, model dan ukurannya pun sangat beragam.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual Green Leaf, yaitu merek tempat penyimpanan makanan ternama yang terbuat dari bahan berkualitas dan aman untuk kesehatan. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!