Warna kuning memiliki karakter yang kuat. Warna primer satu ini mampu tampil menonjol karena sifatnya yang terang. Hal ini membuat warna kuning kerap dipilih untuk memberikan tampilan lebih outstanding atau memperjelas focal point dari sebuah desain.

Di lain sisi, dalam arsitektur, desain warna kuning bukanlah pilihan aman dalam setiap desain. Penggunaan warna kuning pada  bangunan bisa jadi hal yang cukup tricky. Namun, berbagai desain bangunan arsitektural berikut menjadi contoh sukses pengaplikasian warna kuning dalam desain arsitektur:

1. Arsitektur modern pada Falcon Headquarters

idaaf.com

Kantor pusat perusahaan Falcon ini memiliki fasad bangunan berwarna kuning sehingga membuatnya juga populer dengan nama “Yellow Headquaters”. Warna ini tak hanya sekedar pemanis tampilan, namun berfungsi untuk mengatur temperatur pada bagian dalam gedung agar tetap terasa nyaman.

Fasad warna kuning ini juga memberikan permainan bayangan pada interior gedung dan juga tampil menonjol pada bagian luar bangunan di antara vegetasi yang asri.

2. Kantor Aztec Serpent yang menyegarkan Perancis

contemporain.com

Berada di tengah kota, bangunan kantor satu ini memadukan fasad kaca dengan warna kuning yang memberikan tampilan lebih dinamis pada bangunan ini. Komposisi bentuk bangunan dan juga pengaplikasian dua karakter fasad yang berbeda membuat bangunan ini terlihat berbeda dari setiap sudut pandangnya dengan warna kuning sebagai focal point yang takkan bisa lepas dari pandanganmu.

3. Perumahan nelayan Tyre di Abbasiyeh, Lebanon

architizer.com

Warna kuning juga identik dengan kesan yang playful dan ceria. Kesan ini yang ingin dihadirkan melalui perpaduan warna terang ini dengan komposisi bangunan yang dinamis seperti perumahan nelayan di Lebanon satu ini.

Perpaduan warna kuning dengan konsep ruang komunal terbuka di tengah ini dipercaya mampu menurunkan kadar stres dan meningkatkan harmoni antara para penghuni.

4. Desain berani Cube House di Rotterdam

shutterstock.com

Cube House adalah salah satu konsep properti perumahan untuk lahan terbatas yang bisa dikatakan memiliki pengolahan bentuk cukup berani. Dengan bentuk kotak yang disusun secara diagonal, desain bangunan ini terlihat sangat dinamis. Ditambah dengan pengaplikasian warna kuning, Cube house ini terlihat sangat berani dan tetap menarik.

5. Kota bersejarah Izamal, Mexico

shutterstock.com

Pengaplikasian warna kuning tak hanya menarik pada kota dan bangunan modern. DI Mexico, lebih tepatnya kota Izamal, kamu bisa menemukan bagaimana warna ini diaplikasikan pada bangunan-bangunan bersejarah dengan gaya arsitektur klasik.

Penggunaan warna kuning ini justru membuat desain-desain bangunan jauh lebih menarik sehingga menambah daya tarik orang-orang untuk mengeksplorasi lebih jauh budaya dari kota tua ini.

6. School of Architecture, FIU di Miami

pinterest.com

Florida International University (FIU) yang berlokasi di Miami memiliki bangunan yang berhasil memadukan warna kuning dan juga warna merah menjadi sebuah komposisi warna yang membantu bangunan menjadi point of interest dari lingkungan sekitarnya.

Kedua warna primer yang sangat mencolok ini dirancang dengan konsep gradasi warna yang pixelated sehingga mampu memberikan kesan lebih modern yang artsy.

7. Pesona warna-warni di Kota Antiqua, Guatemala

alittleadrift.com

Serupa dengan kota Izamal di Mexico, kota dengan arsitektur bersejarah di Guatemala ini juga tampil sangat indah dengan skema warna yang digunakannya. Berkunjung ke Antiqua, kamu bisa menemukan berbagai bangunan sejarah dengan wajah yang berwarna-warni. Penggunaan warna yang berani, seperti warna kuning, membantu wajah bangunan tetap terlihat kekinian dan disukai para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Itulah berbagai gambaran aplikasi warna kuning pada desain-desain bangunan dan juga elemen arsitektural dari berbagai penjuru dunia yang menunjukkan bahwa warna kuning juga bisa tampil menarik, elegan, bahkan memukau! Bagaimana jika dicoba pada hunian?

Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma untuk membaca artikel dengan inspirasi menarik lainnya, ya! Kamu juga bisa menemukan aneka furnitur berkualitas untuk melengkapi rumahmu, lho! Dekoruma jual rak bukuside table, kursi malas, kursi teras, hingga meja TV dengan beragam model dan ukuran.

Selain semua furnitur di atas, Dekoruma juga jual Bottom Dock, yaitu merek bean bag yang tersedia dalam berbagai pilihan warna menarik untuk bersantai di rumah. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!