Saat membeli properti hunian, kita sering menemukan istilah-istilah yang kerap muncul mengenai tipe rumah, yaitu rumah cluster dan townhouse. Pengembang properti sering kali memasarkan proyek mereka sebagai salah satu dari kedua istilah tersebut, sehingga wajib bagi kita untuk memahami perbedaannya.

Sebelum memutuskan untuk memilih salah satu tipe rumah antara rumah cluster atau townhouse, ada baiknya ketahui dulu lebih dalam mengenai perbedaan antara rumah cluster dan juga townhouse.

1. Rumah cluster bukan berarti townhouse

dezeen.com

Sebelum membahas lebih dalam mengenai perbedaan antara rumah cluster dan townhouse, penting untuk memahami terlebih dahulu definisi dari dua tipe perumahan ini.

Rumah cluster merupakan sekelompok rumah yang dibangun di dalam satu lingkungan dengan komposisi yang harmonis tanpa ada pagar yang memisahkan antar halaman rumah. Namun, umumnya hanya terdapat satu jalan akses masuk dan keluar yang dijaga oleh petugas keamanan, sehingga keamanan para penghuni dinilai terjamin.

pakubuwono6.com

Sedangkan, townhouse umumnya diartikan sebagai kompleks perumahan dengan jumlah unit terbatas yang berada di tengah kota dengan sistem layaknya rumah cluster di mana seluruh kompleks dilindungi pagar atau tembok. Fasilitas-fasilitas penunjang yang disediakan khusus bagi para penghuni townhouse boleh terbilang ekslusif dan megah seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan lainnya.

2. Kebijakan desain properti hunian yang berbeda

cityclubofcorvallis.org

Jika kamu seseorang yang lebih menginginkan rumah idaman dengan tampilan yang bebas diutak-atik, ada baiknya kamu memilih rumah cluster. Walaupun rumah yang dibeli sudah mempunyai desain arsitektur tersendiri, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu dapat renovasi rumah agar desain arsitektur rumah lebih sesuai dengan keinginan kamu.

Lain halnya dengan townhouse, desain arsitektur rumah memang terlebih lebih megah dan menawan agar disesuaikan dengan keseluruhan kompleks. Namun berbeda dengan rumah cluster, umumnya tidak diperbolehkan untuk merenovasi tampilan depan rumah.

3. Konsep dasar kompleks perumahan yang berbeda

citramaja.com

Pada kompleks rumah cluster, prioritas utama terletak pada keamanan lingkungan tempat tinggal. Perumahan cluster menggunakan one gate system atau sistem satu akses yang dijaga ketat oleh petugas keamanan selama 24 jam setiap harinya.

greyloft.com

Meskipun perumahan townhouse juga menggunakan one gate system layaknya rumah cluster, sistem townhouse hadir di Indonesia untuk menghadirkan perumahan eksklusif yang berada di tengah kota untuk memenuhi kebutuhan para ekspatriat dan kaum elit.

4. Jumlah unit rumah dalam sistem cluster dan townhouse

citraraya.com

Perbedaan antara rumah cluster dan townhouse selanjutnya bisa kamu temukan pada jumlah unit rumah yang terdapat pada satu kompleks perumahan. Kompleks rumah cluster biasanya memiliki luas kompleks yang cukup luas dengan jumlah unit bisa mencapai ratusan rumah cluster.


knightfrank.com

Sedangkan pada perumahan dengan konsep townhouse, kamu mungkin hanya akan menemukan belasan hingga puluhan unit rumah saja di dalam satu kompleks. Hal ini jauh lebih sedikit daripada kompleks rumah cluster karena konsep eksklusif yang menjadi prinsip dan nilai jual lebih dari perumahan townhouse.

5. Fasilitas lebih eksklusif pada townhouse

citraraya.com

Baik kompleks rumah cluster ataupun town house, keduanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas para penghuninya, mulai dari fasilitas olahraga seperti kolam renang, lapangan basket, dan jogging track hingga area ruang terbuka hijau seperti taman atau bahkan danau buatan.

vtownhouse.com

Namun pada rumah cluster,  fasilitas-fasilitas tersebar luas di area kompleks perumahan dengan jumlah yang lebih terbatas. Pada perumahan townhouse, fasilitas-fasilitas yang tersedia khusus bagi para penghuni cenderung lebih lengkap dan semuanya bisa dinikmati di dalam satu kompleks yang sama.

Itulah perbedaan-perbedaan mendasar antara rumah cluster dan townhouse. Setiap tipe perumahan ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang perlu jadi pertimbanganmu dalam memilih hunian yang paling tepat sesuai kebutuhan. Jadi, tipe perumahan seperti apa yang menurutmu paling sesuai dengan hunian impianmu? Rumah cluster atau townhouse?

Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma untuk membaca artikel dengan informasi bermanfaat lainnya, ya! Selain artikel, Dekoruma juga jual furniture minimalis untuk melengkapi hunianmu, lho! Mulai dari kasur, sofa, lemari, rak, hingga meja, semuanya tersedia. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!