Lahan hunian yang semakin terbatas membuat banyak orang terpaksa membeli rumah kecil. Namun, rumah kecil umumnya bertingkat sehingga kamu pun memerlukan desain tangga rumah minimalis yang mengutamakan efisiensi ruang.

Lebih dari sekadar estetik, desain tangga rumah minimalis pasti akan menghemat ruang dalam rumah mungil. Simak beberapa desain tangga rumah minimalis berikut yang kamu bisa gunakan sebagai inspirasi.

1. Desain tangga rumah minimalis sekaligus rak

pinterest.com

Memiliki rumah berukuran kecil berarti kamu harus memutar otak untuk menghemat ruangan. Desain tangga rumah minimalis sekaligus rak penyimpanan ini bisa menjadi solusinya. Ruang kosong di bawah tangga tidak akan terbuang sia-sia dan kamu bisa menempatkan barang dengan rapi di dalam rak tersebut. Multifungsi dan sangat brilian untuk rumah kecilmu, bukan?

2. Desain tangga rumah minimalis melayang

pinterest.co.kr

Siapa bilang hanya rak dinding saja yang bisa dibuat melayang? Nyatanya, desain tangga rumah minimalis pun bisa dibuat melayang. Dengan menanam kerangka pada dinding rumah, tangga pun dapat terlihat melayang.

Desain tangga rumah minimalis yang melayang ini cocok untuk rumah kecil karena sifatnya terbuka dan lapang. Ruangan pun tidak akan terlihat penuh. Tapi, desain tangga satu ini sebaiknya dihindari untuk kamu yang memiliki buah hati tercinta di rumah karena tidak ada pegangan di bagian pinggirnya.

3. Desain tangga rumah minimalis gantung

skyengineeringchennai.co.in

Setelah desain tangga rumah minimalis yang melayang, berikut ide tangga rumah yang digantung. Walaupun terlihat seperti digantung, konsep dari desain tangga ini sama seerti tangga melayang dengan kerangka yang ditanam pada dinding rumah.

Namun, perbedaannya terletak pada material tiang besi pada ujung anak tangga sehingga terkesan menopang tangga. Bagi kamu yang memiliki anak kecil, desain tangga rumah minimalis seperti ini akan lebih aman untuk diterapkan.

pinterest.com

Bosan dengan bentuk anak tangga yang monoton? Kalau begitu, coba buat anak tangganya dengan bentuk tidak beraturan seperti desain tangga rumah minimalis di atas.

4. Desain sederhana dengan variasi material

valentinethecomic.com

Sebagian orang tidak suka tangganya didesain secara berlebihan. Jika kamu salah satunya, maka silahkan terapkan desain tangga rumah minimalis sederhana yang satu ini. Desainnya sangat umum, namun terlihat cantik berkat aksen dekorasi seperti aksen kayu pada bagian tengah anak tangga.

Kalau kamu mudah bosan, gunakan karpet untuk dekorasinya karena bisa diganti dengan mudah tanpa harus membongkar desain tangga rumah minimalis secara keseluruhan.

5. Tangga lipat, mudah disimpan

blumuhdesign.com

Butuh tangga untuk naik ke area loteng? Coba desain tangga rumah minimalis dengan sistem lipat ini. Ruangan akan terasa lapang karena tangga dapat disimpan saat tidak digunakan. Saat menggunakan tangga ini, pastikan sudah terpasang dengan sempurna agar kuat menopang badanmu.

6. Desain tangga rumah minimalis bentuk spiral

contemporist.com

Desain tangga berbentuk L atau lurus saja akan memakan cukup banyak ruang di dalam rumah kecil. Sebagai solusinya, kamu bisa menerapkan desain tangga rumah minimalis bentuk spiral. Bentuk spiral ini lebih menghemat ruang sehingga penghuni rumah tidak akan mudah merasa kesempitan.

Demikian enam desain tangga rumah minimalis yang dibuat khusus untuk rumah kecil. Desain apa pun pilihanmu, ingatlah untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan penggunanya. Gunakan material berkualitas tinggi, kerangka yang kuat, serta beri teralis sebagai railing tangga minimalis jika memang diperlukan agar lebih aman.

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma solusinya! Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur dengan beragam model, mulai dari sofa minimalis, kursi kantor, meja makan, kursi teras, hingga kasur dari merek-merek populer, seperti kasur The Luxe dan Guhdo. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan temukan furnitur impianmu!