Masa kanak-kanak adalah masa saat si kecil mulai suka berkhayal dan menyalurkan kreativitasnya. Sebagai orangtua, tentu kamu perlu memfasilitasinya. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menentukan cat kamar anak.

Namun, apabila cat kamar anak berupa warna biasa, tentu imajinasi si kecil tidak akan berkembang. Bagaimana kalau cat kamar anak dengan desain layaknya mural atau lukisan untuk memercik api kreativitas dalam diri si kecil? Kalau kamu masih bingung, coba intip enam inspirasi cat kamar anak yang bisa mengembangkan kreativitas si kecil berikut ini!

1. Peta dunia yang luas

limitlesswalls.com

Si kecil perlu tahu kalau dunia ini luas dan terdiri dari banyak negara di berbagai belahan dunia. Walaupun mungkin kamu dan si kecil belum bisa bertualang menjelajahi setiap negara, bukan berarti si kecil tidak bisa bermimpi. Coba cat kamar anak agar menyerupai hamparan peta layaknya di atlas.

Agar lebih menarik, kamu bisa cat kamar anak dengan warna-warna cerah serta menggambar beberapa landmark masing-masing negara. Sambil berkhayal di meja belajar, si kecil akan mendapatkan sedikit ilmu pengetahuan.

2. Tema dunia bawah laut yang seru

pinterest.com

Lewat film animasi, si kecil jadi mengenal aneka binatang laut baik itu yang sungguhan atau fiksi belaka. Biarkan si kecil mengembangkan kreativitasnya dan membayangkan dirinya sedang bermain di bawah laut bersama penghuni lautan.

Trik cat kamar anak bertema dunia bawah laut adalah menggunakan gradasi warna biru untuk menunjukkan kedalaman laut dan menghadirkan karakter binatang laut seperti ikan hiu, gurita, ikan, dan kuda laut. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman laut di atas cat kamar anak ini agar suasana bawah laut semakin terasa.

3. Seakan terbang bersama awan di langit yang damai

pinterest.com

Melihat langit yang cerah ataupun langit malam penuh bintang akan memancing si kecil untuk membayangkan dirinya terbang ke langit bermain bersama gumpalan awan yang lembut. Walaupun hal tersebut tidak mungkin terwujud, coba cat kamar anak warna biru dan gambar gumpalan awan pada dinding, terutama di dekat tempat tidur bayi agar si kecil bisa berimajinasi sebelum tidur. Tambahkan juga dekorasi senada di atas lemari anak. Biarkan dia berimajinasi sebelum terlelap.

4. Tema luar angkasa bagi penjelajah dunia asing

simpleshapes.com

Nah, kalau anak laki-laki biasanya akan berimajinasi dengan mesin dan profesi. Seringkali, mereka terpesona dengan ide untuk terbang ke luar angkasa. Coba cat kamar anak dengan warna biru tua dan tambahkan gambar khas luar angkasa seperti roket, planet, alien, dan bahkan astronaut. Untuk lebih menghidupkan suasana, tambahkan juga lampu tidur di samping ranjangnya. Siapa tahu cita-citanya ke luar angkasa bisa terwujud!

5. Bagi para pecinta binatang

mathewguiver.com

Ada anak-anak yang jiwa petualangnya sudah terlihat sejak dini. Kalau si kecil termasuk pecinta binatang juga, coba cat kamar anak dengan gradiasi warna hijau yang melambangkan hutan atau alam bebas. Warna cat kamar anak ini akan menjadi latar belakang yang sesuai untuk ruangan yang dipenuhi oleh boneka binatang.

Agar kreativitas si kecil semakin berkembang, ajak dia untuk menggambar beberapa binatang kesayangannya di atas cat kamar anak untuk menemani hiasan dinding binatang yang telah terpasang, seperti inspirasi di atas.

6. Cat kamar anak menjadi papan tulis raksasa

decoist.com

Selanjutnya, ada inspirasi cat kamar anak menjadi papan tulis kapur raksasa. Dengan menggunakan cat papan tulis kapur atau chalkboard paint sebagai cat kamar anak, salah satu sisi dinding pada kamar anak dapat menjadi tempat bagi anak untuk menyalurkan ide-ide kreatifnya.

Jika dinding sudah penuh dengan coretan si kecil, keuntungan dari cat kamar anak ini adalah kamu dapat dengan mudah membersihkannya sehingga si kecil dapat langsung menggambar kembali.

Dengan keenam inspirasi desain cat kamar anak di atas, apakah kamu sudah menemukan yang tepat untuk si kecil? Sejak dini, ada baiknya si kecil dapat menyalurkan kreativitas melalui seni seperti melukis dan menggambar sehingga kamarnya juga harus kreatif. Apakah kamu sudah siap mengajak si kecil mengembangkan kreativitasnya melalui variasi desain cat kamar anak?

Jangan lupa untuk melengkapi kamar anakmu dengan kasur dan kursi yang nyaman, ya agar si kecil dapat tidur dengan nyenyak! Kalau kamu kesulitan mencari kasur berkualitas, Dekoruma jual kasur Serta, kasur Comforta, kasur Zees, aneka merek kasur terkenal lainnya dan juga jual kursi anak terlucu.

Jika kamu sedang mencari jasa desain rumah, kamu juga bisa menjadikan Dekoruma sebagai pilihan. Desain interior Dekoruma terkenal menarik, efisien, dan multifungsi. Harga jasa desainnya transparan dan bisa dicicil. Yuk, wujudkan desain rumahmu bersama Dekoruma!