Gigitan nyamuk tidak hanya menimbulkan rasa gatal pada kulit, tapi juga beresiko menyebarkan penyakit seperti DBD dan malaria. Tapi bukan hanya itu, lebih celakanya lagi, DBD dan malaria berpotensi menyebabkan kematian. Wajar saja jika ada banyak orang yang berusaha mati-matian mengusir nyamuk menggunakan obat semprot atau lotion pengusir nyamuk.  Sayangnya penggunaan bahan kimia ini lama-lama akan menimbulkan penyakit serius lainnya bagi manusia. Oleh karena itu, mengapa tidak beralih ke tanaman pengusir nyamuk yang aman dan cantik ini?

1. Tanaman pengusir nyamuk lavender

wikipedia.com

Pertama-tama, ada lavender yang sudah terkenal khasiatnya sebagai pengusir nyamuk. Rahasia khasiatnya ini ada pada aroma lavender yang mengandung zat linalool dan lynalyl asetat. Kedua zat ini sangat dihindari oleh nyamuk, namun tidak berbahaya bagi manusia. Aromanya harum dan bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Tanaman bunga berwarna ungu ini berukuran kecil sehingga bisa digunakan juga untuk menghias hunian. Letakkan dekat pintu atau jendela untuk mencegah nyamuk berkeliaran di dalam hunian.

2. Tanaman pengusir nyamuk serai wangi

tanamanobatkeluarga-toga.blosgspot.com

Tanaman serai selama ini dikenal sebagai pelengkap bumbu masak dan juga pelengkap minuman yang menyegarkan. Tapi tahukah kamu kalau serai juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk? Tanaman serai mengandung minyak sitronella yang tidak disukai nyamuk. Minyak sitronella ini juga yang kemudian diekstrak oleh sejumlah produsen untuk membuat obat pel dan lotion pengusir nyamuk.

Serai bisa tumbuh mencapai ketinggian 100 cm sehingga tidak cocok ditanam di dalam pot. Sebagai gantinya, tanamlah serai pengusir nyamuk ini di dekat pagar atau di dekat jendela.

3. Tanaman pengusir nyamuk catnip

bonnieplants.com

Sebelum menjadi tanaman pengusir nyamuk, catnip sudah lebih populer sebagai tanaman untuk memancing kucing supaya lebih aktif dalam keseharian. Catnip ini mengandung minyak nepetalactone yang ditakuti nyamuk. Minyak ini juga disebut-sebut lebih ampuh daripada zat kimia diethyl-meta-toluamide.

Tanamlah catnip di area taman karena tanaman pengusir nyamuk ini bisa tumbuh tinggi. Kamu pun harus rutin memangkasnya agar taman tetap terlihat rapi. Bagi kamu yang memelihara kucing, bersiaplah melihat mereka menjadi lebih aktif di siang hari berkat tanaman ini.

4. Tanaman pengusir nyamuk geranium

picdeer.com

Tanaman geranium yang dikenal juga dengan nama tapak dara memiliki bunga cantik dalam aneka warna. Tanaman yang merupakan salah satu jenis bunga gantung ini bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk karena mengandung zat geraniol dan sitronelol. Kedua zat ini menciptakan aroma wangi yang disukai manusia tapi ditakuti oleh nyamuk. Ukuran tanaman ini kecil hingga sedang. Kamu bisa menanamnya di dekat pagar untuk mempercantik eksterior atau membawanya ke dalam rumah menggunakan pot kecil untuk mengusir nyamuk yang berkeliaran.

5. Tanaman pengusir nyamuk lemon balm

piktag.com

Tanaman pengusir nyamuk lainnya yang mengandung zat sitronelol adalah lemon balm. Tanaman yang satu ini tidak memiliki bunga, namun terlihat sangat cantik dan menyegarkan suasana. Aromanya juga menyegarkan sehingga bisa meningkatkan mood pemiliknya. Sayangnya, pengusir nyamuk yang satu ini sifatnya invasif alias cepat pertumbuhannya. Mau tidak mau, sang pemilik harus rutin memangkas agar taman terlihat selalu rapi.

6. Tanaman pengusir nyamuk bawang putih

healthline.com

Lho, kata siapa bawang putih hanya bisa digunakan untuk menangkal vampir? Menanam bawang putih di taman rumah memang bukan hal yang lazim, tapi tidak ada salahnya dicoba karena bawang putih memiliki khasiat sebagai pengusir nyamuk.

Kalau pun malas menanam bawang putih sendiri, kamu bisa memanfaatkan bawang putih yang dibeli di pasar dengan cara mengirisnya kemudian sebarkan di beberapa sudut rumah. Jika aroma bawang putih ini terlalu mengganggumu, tambahkan saja beberapa tetes minyak lavender. Selain sebagai pengusir nyamuk, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk cara mengusir ular, lho!

Yuk beralih dari bahan kimia ke bahan pengusir nyamuk yang alami, aman, dan cantik tadi! Jangan lupa baca artikel menarik lainnya dari Dekoruma, ya!

Kamu sedang mencari rak serbaguna untuk menyimpan aneka barang? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Dekoruma jual Ninebox, yaitu merek rak penyimpanan yang sangat praktis dan hemat tempat. Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!