Tidak punya ruang laundry khusus di rumah yang sempit? Gak masalah lagi, kan sudah ada mesin cuci portabel. Ingin tahu serba-serbi tentang mesin cuci portabel yang kecil-kecil cabe rawit? Langsung deh, simak informasi lengkap seputar mesin cuci portabel berikut ini!

Apa Sih Mesin Cuci Portabel?

shutterstock.com

Berbeda dengan mesin cuci konvensional atau berukuran standar, mesin cuci portabel ukurannya lebih kecil, ringan dan mudah dipindahkan sesuai kebutuhan ruang. Mesin cuci portabel sangat cocok untuk kalian yang tinggal di rumah berukuran kecil atau studio apartemen. Selain menghemat tempat, mesin cuci portabel juga umumnya punya fitur hemat air dan punya cara instalasi yang lebih gampang.

Jenis dan Fitur Mesin Cuci Portabel

homecrux.com

Nah, di pasaran sekarang tersedia beberapa jenis mesin cuci portabel. Dari yang seukuran pompa tangan berukuran sedang, mesin cuci portabel juga ada yang menyerupai mesin cuci mini seukuran galon air. Bentuk dan variasi mesin cuci portabel ini memang berbeda-beda dan punya sistem kerja yang hampir mirip antara satu sama lain.

Di Indonesia sendiri, mesin cuci portabel yang paling populer adalah yang menyerupai mesin cuci biasa tetapi berbentuk lebih simpel dan lebih kecil. Dengan kapasitas 3-5.5 kg, mesin cuci portabel ini didesain dengan kompak & portabel. Bahan mesin cuci portabel ini biasanya terbuat dari plastik supaya bebas karat, tidak bising saat digunakan dan hanya membutuhkan daya yang kecil antara 200-220V saja. Selaras dengan konsep mesin cuci portabel yang mengutamakan kepraktisan dan keiritan saat penggunaan, motornya pun mempunyai daya input yang di bawah 200 watt.

haierappliances.com

Hebatnya lagi, mesin cuci portabel ini sudah dilengkapi dengan dua fitur berbeda, yaitu mencuci dan mengeringkan pakaian. Cara penggunaan untuk kedua fitur ini diatur dari tombol timer tertentu. Beberapa jenis mesin cuci portabel ini juga sudah dipasang dengan thermostat (sekring pemutus hubungan listrik), supaya aman dari korsleting arus pendek.

Keunggulan Mesin Cuci Portabel

rakuten.com

Mesin cuci portabel memang tidak bisa dibandingkan dengan mesin cuci biasanya, tetapi tentunya mesin cuci portabel lebih cocok untuk digunakan di kondisi tertentu saat mesin cuci konventional tidak memungkinkan tersedia.

Selain cara penggunaan yang mudah dan praktis, mesin cuci portabel menghemat biaya bagi kamu yang tidak mempunyai mesin cuci konventional dan harus menggunakan jasa mesin cuci koin atau laundry. Ukurannya yang lebih kecil membuat mesin cuci portabel cocok untuk penghuni rumah kecil, terutama apartemen dan tentunya mudah dipindahkan saat diperlukan.

Pertimbangkan memilih mesin cuci portabel juga bagi keluarga yang harus sering mencuci baju dalam waktu yang singkat. Pemakaiannya yang hemat air juga akan mengurangi limbah air kotor.

Kelemahan Mesin Cuci Portabel

shutterstock.com

Walaupun dibilang portabel, mesin cuci ini tetap membutuhkan area basah, akses air, dan ruang untuk diletakkan sehingga tidak semua apartemen mempunyai fasilitas yang memadai untuk instalasi mesin ini. Selain itu, mesin cuci portabel tidak bisa mencuci dalam jumlah banyak, sehingga kamu tentu perlu lebih sering mencuci apabila tumpukan baju kotormu terhitung sering besar.

Perlu diperhatikan juga bahwa mesin cuci portabel terdiri dari suku cadang yang lebih mudah rusak dibandingkan mesin cuci standar. Ukurannya yang kecil juga tentu membuat proses pengeringan tidak semaksimal mesin cuci standar.

Menurut Kania, tidak ada salahnya kamu memilih mesin cuci portabel, apalagi jika itu bisa menjadi motivasi bagimu untuk berhemat air dan mengurangi tumpukan baju kotormu. Tapi, yang pasti kamu harus pertimbangkan bujet dan kebutuhanmu sebelum memutuskan untuk membeli mesin cuci portabel ataupun mesin cuci konvensional.

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual tempat tidur bayi, meja makan, lemari dapur, sofa minimalis, dan furnitur lainnya. Untuk kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi karena Dekoruma selalu mengutamakan yang terbaik.

Selain furnitur, Dekoruma juga menyediakan alat makan dan pelengkapannya. Dekoruma jual Calista, merek kotak makan terkenal dengan kualitas yang terjamin sehingga makanan akan tetap fresh dan awet. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma dan cari semua keperluan rumahmu!