Tak dipungkiri, kesulitan tidur jadi masalah umum yang dialami pekerja, baik pekerja kantoran, wiraswasta, hingga ibu rumah tangga. Pikiran sering kali diganggu oleh kecemasan dan kekhawatiran dalam kehidupan sehari-hari. Alih-alih beristirahat, otak malah berakhir sibuk memikirkan cara cepat tidur yang efektif. Kalaupun bisa tidur, pikiran dan fisik tidak akan bugar saat bangun.

Banyak yang menawarkan obat tidur sebagai solusi, tapi lebih baik jangan beralih ke cara cepat tidur dengan obat karena justru makin membahayakan tubuhmu. Sebaiknya, kamu memakai cara cepat tidur yang lebih alami dan tidak membawa bahaya. Kania akan membagikan enam cara cepat tidur tanpa harus menggunakan obat. Bagaimana caranya?

Kurangi konsumsi kafein

unsplash.com/nate_dumlao

Minuman berkafein seperti kopi menjadi primadona para pekerja demi meningkatkan produktivitas dan kewaspadaan. Sayangnya, terlalu banyak minum kafein bisa bikin kamu sulit tidur sehingga durasi dan kualitas tidur pun berkurang.

Cara cepat tidur paling efektif dan mudah adalah dengan membatasi takaran minuman berkafein setiap harinya. Pastikan minum kopi terakhir maksimal enam jam sebelum tidur. Walaupun cara cepat tidur ini tampak berat bagi para pecinta kafein, tubuh pasti akan terasa lebih sehat karena dapat beristirahat dengan nyaman dan bangun dengan lebih bugar.

Sebagai pendukung cara cepat tidur ini, cobalah untuk meminum minuman yang menenangkan otakmu seperti susu almond, air kelapa, atau teh chamomile.

Makan makanan berkarbohidrat

unsplash.com/eaterscollective

Walaupun terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat bisa memicu peningkatan berat badan, karbohidrat bisa jadi cara cepat tidur, lho! Menurut jurnal The American Journal of Clinical Nutrition, kamu harus mengonsumsi makanan karbohidrat maksimal empat jam sebelum jam tidur. Cara cepat tidur ini akan membantu tidur menjadi lebih cepat dan nyenyak.

Beberapa makanan berkarbohidrat yang bisa kamu konsumsi saat mengikuti cara cepat tidur ini adalah nasi putih, pasta, roti putih, dan kentang. Apabila kamu sedang dalam program diet atau sekadar mengurangi karbohidrat, konsumsi makanan berkarbohidrat saat makan malam saja. Dengan cara cepat tidur ini, kamu bisa istirahat tenang dan berat badan tidak naik.

Gunakan pengharum ruangan lavender

shutterstock.com

Setelah mengikuti cara cepat tidur sebelumnya, saat hendak bersiap untuk tidur, semprotkan pengharum ruangan varian lavender. Penelitian yang dilakukan oleh beberapa orang dari Wesleyan University pada 2005 menunjukkan bahwa subjek penelitian yang mencium bau minyak lavender selama dua menit pertama dalam interval 10 menit bisa tidur lebih cepat dan bangun dengan lebih segar.

Tak hanya bunganya yang indah, bau bunga lavender juga bisa merilekskan sarafmu dan menurunkan tekanan darah, lho. Cara cepat tidur dengan harumnya bunga ungu ini akan menemanimu tidur dan membawamu ke dunia mimpi indah.

Jangan terlalu sering melihat jam

shutterstock.com

Jam beker yang diletakkan di meja samping kasur memang membantu kita untuk mengetahui waktu dengan cepat dan sebagai alarm. Tanpa sadar, mengecek jam terus menerus malah berbalik dengan cara cepat tidur. Lisa Meltzer, seorang sarjana dari National Sleep Foundation dan profesor di National Jewish Health Denver, mengatakan bahwa kebiasaan ini justru membuat otak makin stres sehingga otak tidak tenang dan tidak bisa tidur dengan cepat.

Jauhkan jam beker dari pandangan kamu saat hendak tidur. Cara cepat tidur ini akan membuat otak lebih tenang dan lama-kelamaan kamu akan terlelap dalam tidur yang nyenyak.

Buat kamar jadi lebih dingin

shutterstock.com

Berdasarkan Harvard Medical Center, suhu tubuh dan tekanan darah kita akan turun saat kita sedang tidur. Untuk mendukung kinerja tubuh saat tidur, lakukan cara cepat tidur dengan menggunakan pendingin ruangan seperti air conditioning atau kipas angin.

Cara cepat tidur ini juga harus didukung dengan ruangan yang gelap dan nyaman. Dengan mematikan sumber pencahayaan ruangan, hormon melatonin yang berfungsi membantu manusia tidur akan diciptakan oleh otak dengan jumlah yang lebih banyak sehingga cara cepat tidur ini bisa terbilang efektif.

Masukkan wajah dalam wadah berisi air dingin

theblushworks.com

Seperti yang dijabarkan sebelumnya, masalah utama manusia sulit tidur adalah kecemasan yang terus bernaung di pusat kontrol tubuh kita. Jantung berdegup kencang dan tekanan darah pun meningkat menjauhkan kita dari menerapkan cara cepat tidur demi istirahat yang nyenyak.

Cara mengatasinya adalah dengan merendam wajah dalam wadah yang berisi air dingin selama 30 detik. Cara cepat tidur dengan teknik ini disebut dengan Mammalian Dive Reflex di mana air dingin memiliki kemampuan untuk meredam detak jantung yang tadinya cepat.

Cara cepat tidur satu ini bisa dilakukan untuk mengatur ulang otak yang sudah terkontaminasi dengan kekhawatiran berlebih. Melalui cara cepat tidur unik ini, kamu lebih tenang dan bisa tidur dengan rileks.

Menggunakan minyak akar wangi

brightenyourmood.com

Jika kamu membutuhkan aroma yang menyenangkan di kamar tidur, kamu bisa menggunakan minyak akar wangi. Minyak akar wangi dipercaya mengatasi kecemasan hingga gangguan emosional lainnya yang menyebabkan insomnia.

Lakukan keenam cara cepat tidur di atas secara rutin. Imbangi juga dengan gaya hidup sehat dan olahraga rutin. Sebab, tubuh yang sehat juga pasti bisa mendukung cara cepat tidur. Selamat mencoba!

Sedang mencari kasur baru? Dekoruma menyediakan ragam jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama, lho! Dekoruma jual Comforta, King Koil, The Luxe, dan Guhdo.

Selain kasur, ada juga aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu. Dekrouma jual lemari, meja makan, sofa bed, dan rak buku. Tunggu apa lagi? Yuk, segera wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma dan ciptakan momen indah bersama keluarga!