Kesibukan orang ataupun kondisi di mana dia hidup sendiri sering kali mengandalkan usaha laundry untuk mencuci pakaian sehari-hari. Tak hanya itu, beberapa tipe pakaian juga perlu dicuci dengan perlakuan khusus. Tak heran, berbagai peralatan laundry pun wajib dimiliki oleh para pengusaha laundry agar dapat menjawab segala persoalan mencuci pakaian pelanggannya.

Jika kamu salah satu orang yang tertarik dengan usaha ini, kamu harus tahu peralatan laundry apa saja yang dibutuhkan. Barang-barang ini nantinya akan memudahkanmu dalam proses penyucian pakaian. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita intip ragam peralatan laundry yang harus ada di usaha laundry!

Timbangan

cartsplushealthcare.com

Apa sih guna timbangan di usaha laundry? Peralatan laundry ini digunakan untuk menimbang jumlah pakaian yang akan dicuci.

Biaya jasa cuci pakaian ini ditentukan dari seberapa banyak pakaian yang dicuci dalam satuan kilogram. Bersama dengan timbangan, biasanya peralatan laundry ini juga menyediakan keranjang untuk menopang pakaian-pakaian tersebut dan dibawa ke proses pencucian.

Mesin Cuci

shutterstock.com

Tak harus memiliki banyak fitur, pilihlah mesin cuci yang bisa bekerja dengan baik dan bisa mencuci pakaian dalam jumlah banyak. Pula, peralatan laundry ini harus tersedia lebih dari satu buah.

Agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, kamu harus rajin membersihkan peralatan laundry satu ini setidaknya sekali dalam enam bulan. Selain agar awet, bau tak sedap hingga bakteri juga perlu dihilangkan.

mumknowsbest.com.au

Untuk membersihkan peralatan laundry ini, masukkan dua cangkir cuka ke dalam bak dan operasikan seperti biasanya dengan pilihan air hangat. Kombinasi air hangat dan cuka putih mampu memusnahkan bau tak sedap dan bakteri yang terselip.

Kemudian, bilas setiap bagian peralatan laundry ini mulai dari wadah deterjen, bagian dalam, hingga bagian luar, dengan seperempat cuka putih dan air hangat menggunakan spons. Terakhir, bilas bagian luar peralatan laundry ini dengan air hangat dan operasikan mesin cuci berisi air hangat untuk membilas bagian dalamnya.

Mesin Pengering

shutterstock.com

Walaupun sebenarnya ada juga mesin cuci sekaligus pengering, mesin pengering perlu disediakan secara terpisah agar lebih efisien saat mencuci dan mengeringkan pakaian. Pula, peralatan laundry ini jadi alternatif apabila cuaca hujan.

Dalam merawat peralatan laundry ini, kamu harus sering mengecek bagian dalamnya agar tidak ada kotoran yang menempel. Jika tidak sering dicek, kotoran akan membuat pakaian kembali kotor.

Gantungan Jemuran

shutterstock.com

Tidak semua pakaian bisa dikeringkan secara cepat dalam peralatan laundry sebelumnya. Nyatanya, ada beberapa jenis pakaian yang harus dijemur, seperti jeans, pakaian renang, kaus kaki, handuk, legging, pakaian dalam, dan pakaian dengan dekorasi tambahan. Maka dari itu, kehadiran jemuran pakaian sebagai peralatan laundry tetap dibutuhkan.

Pilih jemuran yang memiliki banyak penyangga gantungan dan tentunya peralatan laundry ini harus terbuat dari bahan yang kokoh seperti kayu dan besi. Letakkan peralatan laundry berupa jemuran handuk dan baju di luar ruangan yang terpapar dengan sinar matahari secara tidak langsung.

Gantungan Baju Kering

shutterstock.com

Selain untuk jemuran, kamu juga perlu menyediakan gantungan untuk baju yang sudah selesai dikerjakan. Tak hanya membantu mencari pakaian pelanggan, peralatan laundry ini berguna untuk menggantungkan pakaian pelanggan agar lebih rapi dan terawat.

Setrika dan Papan Setrika

shutterstock.com

Dua peralatan laundry ini tak bisa dipisahkan. Berbicara soal setrika, ada dua jenis setrika yang digunakan yaitu setrika listrik biasa dan setrika uap (steamer).

Keunggulan setrika uap adalah mampu menjangkau daerah pakaian yang sulit dilicinkan. Pula, kamu bisa menghemat waktu karena uap yang dihasilkan dari peralatan laundry ini menyebar dan membantu pakaian lebih cepat rapi.

shutterstock.com

Namun, tak ada salahnya bila kamu tetap ingin menggunakan setrika listrik biasa. Peralatan laundry satu ini harus kamu gunakan dengan hati-hati. Apabila kamu sedang menyetrika dan harus melakukan kegiatan lain, jangan lupa untuk berdirikan setrika agar pelat besinya tidak bikin pakaian gosong.

Papan setrika digunakan apabila kamu menggunakan setrika gosok seperti setrika listrik. Pilih papan setrika dengan ketinggian setara dengan pinggang orang dewasa agar punggung tidak cepat pegal saat menyetrika. Peralatan laundry ini tidak boleh dari bahan yang ringan karena dapat mudah jatuh ketika tersenggol.

Gantungan Pakaian

unsplash.com/@lishakov

Digunakan saat mengeringkan dan memajang pakaian bersih, peralatan laundry ini memang wajib dimiliki. Untuk menjemur pakaian, gunakan gantungan baju  (hanger) dengan bahan plastik atau kayu berkualitas baik supaya tidak melukai pakaian. Saat mengembalikan pakaian, gunakan hanger yang berkualitas apik demi kesenangan pelanggan.

Itulah ketujuh peralatan laundry yang harus ada dalam sebuah kios laundry. Di samping peralatan laundry di atas, kamu juga harus memilih detergen yang tepat. Pastikan kamu mempunyai semua peralatan laundry di atas.

Kamu sedang mencari furnitur multifungsi baru untuk hunianmu? Dekoruma jual meja komputer, lemari, dan meja makan dengan desain yang kekinian. Selain furnitur, Dekoruma juga menyediakan jasa pembuatan lemari custom dan kitchen set.

Lengkap banget, ‘kan? Yuk, mulai wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!