Desain dinding yang tampil polos tanpa dekorasi dapat membuat ruangan terasa monoton dan kaku. Sebagai salah satu elemen dekorasi yang cukup personal bagi pemilik rumah—karena dipilih berdasarkan selera pribadi, karya seni sering digunakan untuk mengisi kekosongan tersebut.

Karya seni itu sendiri tidak harus berupa mahakarya dari pelukis atau seniman ternama. Lukisan, wall art sederhana atau karya dua dimensi buatan sendiri juga bisa dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi di rumah. Dengan teknik peletakan yang tepat, karya yang sederhana dapat memberikan efek yang sama kuatnya dengan karya bernilai tinggi.

 thespruce.com

Selain gambar dan warna yang tertuang pada karya seni tersebut, saat hendak memajangnya, kamu juga perlu mempertimbangkan ukuran, desain bingkai foto, dan bentuk simetri dari susunan yang kelak akan dihasilkan. Ikuti tips-tips berikut agar kamu dapat memajang karya seni pada dinding dengan apik.

1. Menyusun karya seni secara linear

thespruce.com

Untuk mengikuti susunan ini, paling tidak kamu harus memiliki tiga jenis karya seni yang berbeda, seperti seni lukis, montase, dan abstrak. Beberapa karya tersebut kemudian diletakkan dalam satu garis lurus, susunannya bisa dilakukan baik secara vertikal maupun horizontal, hal ini bergantung dengan perspektif yang ingin diciptakan.

Jika ingin dinding terlihat lebih lebar, terapkan susunan horizontal, sebaliknya untuk karya seni yang disusun secara vertikal membuat plafon rumah terlihat lebih tinggi. Penyusunan karya ini tidak sebatas untuk bingkai yang berukuran sama, susunan overlapping dari bingkai-bingkai karya yang berbeda ukuran ini juga membuatnya tampil lebih dinamis.

2. Rangkaian karya seni membentuk grid

oldbrandnew.com

Setiap karya seni diletakkan secara simetri membentuk susunan baris dan kolom, dengan tiap-tiap bingkainya diberikan jarak yang sama. Sesuaikan jumlah karya dengan baris dan kolom yang akan diisi. Untuk kamu yang memiliki koleksi karya seni dan berencana menjadikannya sebagai focal point di ruangan, cara ini dapat kamu terapkan.

3. Komposisi acak yang dinamis

thespruce.com

Jika kamu memiliki koleksi karya seni dengan ukuran yang yang beragam, coba letakkan secara acak hingga membentuk cluster atau kelompok-kelompok. Meskipun disusun dengan bebas dan tanpa mengikuti aturan tertentu, namun sebisa mungkin susunannya tetap memperlihatkan komposisi yang berimbang. Susunan karya seni yang acak akan membuatnya terlihat lebih artistik.

Untuk lebih mudah menentukan komposisi rangkaiannya, buatlah skema atau template susunan bingkai karya seni terlebih dahulu, sehingga kamu tidak perlu repot-repot melepas dan memasang kembali karya dari dinding rumah.

4. Memanfaatkan rak

houzz.com

Karya seni tidak harus selalu dipasang menggantung pada dinding, namun kamu bisa memanfaatkan furniture atau fitur arsitektur bangunan untuk memajang koleksi karyamu.

Ruang tamu ini berhasil mengolah tampilan dindingnya dengan memanfaatkan rak dinding sebagai tempat memajang karya seni. Meskipun dirangkai secara linear, perbedaan ukuran dari karya dan susunannya yang saling menumpuk membuat desain ruang tamu yang mungil terlihat lebih berdimensi. Penataan karya seperti ini akan mempermudah jika sewaktu-waktu kamu ingin mengubah susunannya.

5. Membuat galeri karya seni di dinding

apartmenttherapy.com

Penataan karya seni yang satu ini memaksimalkan seluruh bagian dinding ruang. Dari lantai sampai plafon, bagian dinding dipenuhi oleh karya yang tersusun acak, namun terdapat jarak antara satu dengan yang lainnya.

Penyusunan karya seni seperti ini dapat menghasilkan efek dramatis yang megah ke dalam ruangan. Gunakanlah bingkai foto berbahan keras yang memiliki finishing mengilap, seperti kayu dan logam, untuk membaurkan kesan penuh ke dalam ruangan. Jangan ragu untuk menyertakan karya yang dibuat si kecil ke dalam galeri karya senimu.

freshome.com

Sesempurna apapun susunan karya seni pada dinding, jika keindahannya tidak dapat dinikmati maka akan terasa percuma. Untuk itu, sebelumnya kamu perlu memastikan ruangan rumah di mana kamu memasang karya seni memiliki jarak pandang yang cukup luas, paling tidak 2 meter. Selamat mencoba!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual rak dinding, kursi makan, sofa, kasur, side table, bahkan juga kursi kantor yang pastinya siap melengkapi dan menghidupkan suasana rumahmu.

Selain furnitur, Dekoruma juga menyediakan aneka perlengkapan makan dan minum dari berbagai merek ternama, seperti Luminarc dan Nakami. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma!