Gaya hidup sehat saat ini mulai gencar dipromosikan menjadi suatu tren yang populer. Bukan tanpa sebab, pasalnya tubuh yang sehat akan membuat orang-orang lebih menikmati hidup. Angka kematian pun bisa ditekan. Orang tua dulu selalu bertanya untuk apa punya uang banyak tapi tubuh sakit-sakitan dan tidak bisa menikmati hidup.

Banyak yang beranggapan kalau hidup sehat itu membosankan. Padahal, tidak juga lho. Cara menerapkan hidup sehat juga sangat mudah, asalkan kamu benar-benar niat. Daripada terus menunda, ayo mulai hidup sehat dari sekarang!

1. Istirahat yang cukup

nbcnews.com

Kunci hidup sehat yang satu ini sudah dikenal dari dulu. Tidur penting agar tubuh dapat beristirahat setelah hari yang melelahkan. Pastikan kamu beristirahat atau tidur selama enam hingga delapan jam per hari, jangan kurang ataupun lebih. Dengan istirahat yang cukup, metabolisme tubuh akan meningkat dan mampu melawan kuman penyakit.

Kamu yang suka bergadang atau lembur hingga larut malam, mulailah mengatur waktu supaya bisa beristirahat dan menjalani hidup sehat. Pastikan untuk tidak malas bangun juga, ya. Keenakan tidur hanya akan membuatmu malas beraktivitas.

2. Mulai hidup sehat dengan rutin sarapan pagi

eggs.ca

Masih ingat betapa rewelnya orang tua yang memaksamu untuk sarapan sebelum pergi ke sekolah? Yang mereka lakukan tidak salah karena sarapan pagi merupakan salah satu faktor pendukung hidup sehat. Kamu bisa mendapatkan energi untuk memulai hari, memperbaiki mood, dan bisa berpikir dengan jernih hingga waktu makan siang tiba.

Menu sarapan untuk hidup sehat tidak perlu yang berat seperti nasi. Menu sehat yang ringan berupa telur rebus serta semangkuk sereal atau oatmeal yang dilengkapi dengan buah-buahan saja sudah cukup kok.

3. Ganti minuman bersoda dengan air putih

tappwater.co

Minum minuman bersoda yang dingin di tengah cuaca panas memang menyegarkan. Tapi, minuman tersebut jika dikonsumsi terus-menerus akan menimbulkan penyakit seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Sesuai dengan gaya hidup sehat, gantilah minuman bersoda dengan air putih. Cairan tubuh yang hilang lewat keringat akan terisi kembali, racun-racun di dalam tubuh pun akan ternetralkan secara alami. Minumlah air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya agar tubuh tetap terhidrasi dan kamu akan merasakan manfaat minum air putih banyak.

4. Mulai hidup sehat dengan olahraga teratur

thelist.com

Olahraga yang dimaksud bukanlah olahraga yang biasa dilakukan di gym hingga tubuh berotot dan kekar, ya. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah, misalnya saja berjalan kaki dari kantor ke halte bus, mengurangi penggunaan lift dan beralih ke tangga, joging di kompleks rumah pada pagi hari, hingga aerobik. Mulai hidup sehat dengan olahraga tentu akan membuat tubuh akan terasa lebih bugar, sehat, dan metabolisme tubuh pun terjaga.

5. Konsumsi sayur dan buah

thesentinel.com

Sayur dan buah perlu dikonsumsi secara rutin supaya tubuh mendapatkan nutrisi dan serat. Sayur dan buah juga mengandung antioksidan yang mampu mengikat radikal bebas. Sebagai bagian dari gaya hidup sehat, pastikan untuk memilih sayur dan buah yang masih segar serta tidak tercemar oleh pestisida.

6. Hidup bersih sama dengan hidup sehat

deseretnews.com

Menerapkan gaya hidup sehat mulai dari makanan hingga kondisi dalam tubuh sudah dilakukan. Sekarang saatnya untuk mengurus faktor dari luar tubuh yang menghalangi kamu untuk hidup sehat. Salah satu hal yang terpenting adalah berusaha untuk hidup bersih.

Hunian dan tempat kerja yang dipenuhi debu akan memancing beragam penyakit. Jadi, kamu perlu rutin membersihkan area di sekitarmu. Biasakan juga untuk mencuci tangan sebelum makan supaya kuman menghilang. Selain hidup sehat, kamu tentu bisa hidup nyaman juga.

Kesehatan itu mahal harganya. Kalau bukan dirimu sendiri yang menjaganya, siapa lagi? Jangan tunda memulai hidup sehat, ya!

Temukan artikel bermanfaat lainnya di Dekoruma! Beberapa di antaranya, ada pembahasan mengenai inspirasi warna cat rumah yang menenangkan, cara mengatasi wc mampet, hingga ragam gerakan mengecilkan perut. Komplit banget, deh pokoknya!

Selain artikel, berbagai pilihan furnitur untuk hunianmu juga ada di Dekoruma, lho! Dekoruma jual rak tv, kabinet dapur, sofa, dan kursi makan dengan beragam model serta ukuran. Yuk, langsung saja cari di Dekoruma!