Tanpa soda kue atau biasa disebut baking soda, adonan tidak akan mengembang secara sempurna, tekstur kue yang dihasilkan pun jadi tidak seberapa kenyal. Kandungan sodium karbonat menjadikannya bersifat basa. Saat bereaksi dengan asam, gas karbon dioksida yang dihasilkan akan membuat adonan mengembang.

shutterstock.com

Melalui reaksi kimia yang sama, soda kue dapat dengan efektif mengangkat kotoran yang menempel pada benda-benda di rumah bahkan membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Namun sebelum melakukan pembersihan rumah, tak ada salahnya jika kamu mengetahui terlebih dahulu antara perbedaan baking soda dan baking powder. Ini bertujuan agar kamu tidak salah menggunakannya.

Sebagai antiseptik alami yang praktis dan aman digunakan untuk membersihkan rumah dan merawat tubuh, berikut adalah cara-cara kreatif memanfaatkan soda kue sebagai pembersih alami.

1. Membersihkan noda membandel pada peralatan dapur

shutterstock.com

Minyak dan noda makanan yang menempel pada wadah atau kotak makanan, terutama yang terbuat dari plastik sangat sulit untuk dibersihkan. Soda kue dapat melarutkan minyak dan lemak yang menempel pada wadah tersebut. Oleskan soda kue menggunakan spons pada bagian wadah yang kotor, lalu rendam dengan air panas semalaman.

Tidak hanya minyak dan noda makanan, noda gosong pada wajan juga dapat hilang! Taburkan soda kue pada permukaan wajan yang menghitam, siram dengan air, kemudian didihkan. Diamkan wajan sampai keesokan harinya, lalu bersihkan.

2. Membersihkan area dapur

decoist.com

Soda kue juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan sejumlah tempat di dapur seperti area countertop, tempat sampah sampai peralatan masak yang berbahan stainless steel, microwave, dan oven.

Taburkan soda kue pada permukaan benda yang ingin dibersihkan lalu bilas dengan lap basah. Jika terdapat noda yang sulit dibersihkan, tambahkan sedikit larutan cuka lalu gosok sampai bersih. Untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari tempat sampah, kamu dapat menaburkan setengah cangkir soda kue di dalam plastik sampah sebelum digunakan.

3. Mencuci pakaian

shutterstock.com

Menggunakan soda kue saat mencuci bisa menjadi salah satu cara menghilangkan noda tinta dan kotoran lainnya pada pakaian. Cukup masukkan satu sendok soda kue ke dalam detergen cair dan biarkan keduanya bereaksi. Selain dapat menjernihkan kandungan air dan meningkatkan kerja detergen, cara ini juga menyeimbangkan tingkat pH dalam larutan air dan detergen sehingga pakaian menjadi lebih bersih.

4. Membersihkan kamar mandi

shutterstock.com

Mulai dari lantai yang berlumut, bak kamar mandi yang berjamur, sikat gigi yang kotor, sampai saluran air yang tersumbat dapat diatasi dengan memanfaatkan soda kue. Bersihkan lumut dan jamur dari permukaan keramik dengan menggunakan alat kebersihan berupa spons basah yang telah ditaburi soda kue, kemudian gosok sampai bersih. Tidak hanya bersih dari noda, kuman dan bakteri juga ikut terangkat sehingga kamar mandi lebih higienis digunakan.

shutterstock.com

Untuk membersihkan kloset atau wastafel yang pampat, tuangkanlah setengah cangkir soda kue dan setengah cangkir cuka ke dalam lubang saluran. Tutup rapat lubang saluran, pastikan tidak ada sedikitpun udara yang masuk. Setelah didiamkan selama lima menit, kemudian siramkan air panas ke dalamnya. Cara ini berguna untuk menghancurkan kotoran penyumbat yang menempel di sepanjang saluran air.

5. Menyegarkan udara ruangan

apartmenttherapy.com

Udara di ruang tamu kerap kali terkontaminasi polusi dari luar dan bau tak sedap dari dapur sehingga membuat ruangan terasa pengap. Untuk menetralisir aroma menyengat yang menganggu di dalam ruangan, cobalah taburkan soda kue ke atas karpet ruang tamu, diamkan sampai udara ruangan terasa segar kembali. Setelahnya, bersihkan sisa serbuk dengan menggunakan vacuum cleaner.

Cara ini dapat dilakukan pada area-area tertutup lainnya di dalam rumah, seperti menghilangkan bau apak di lemari pakaian. Simpan soda kue dalam kotak kecil, tempatkan di pojok lemari. Pewangi ruangan alami yang terbuat dari campuran soda kue dan air juga dapat disemprotkan untuk membersihkan udara ruangan.

6. Membersihkan perhiasan

apartmenttherapy.com

Perhiasan yang kotor karena debu atau terkena noda makanan tertentu juga dapat dibersihkan dengan soda kue. Gunakan lap basah untuk mengaplikasikan campuran pasta gigi dan soda kue pada perhiasan. Setelah menggosok halus permukaan perhiasan, tampilannya pun kembali berkilau seperti sediakala.

7. Mencegah gulma dan tanaman liar

apartmenttherapy.com

Menaburkan soda kue ke celah-celah batu atau pasir yang dijadikan media tanam dapat mencegah pertumbuhan gulma dan tanaman liar. Selain itu, cara ini juga mampu mempertahankan kesegaran bunga dan daun tanaman hias yang ditempatkan di dalam rumah.

8. Merawat tubuh

shutterstock.com

Untuk perawatan diri, kamu dapat mencampur pasta gigi dengan soda kue, niscaya karang gigi dan plak akan tergerus dan gigi pun terlihat lebih putih.

Soda kue juga dapat digunakan sebagai deodoran alami. Ia dapat menjaga kelembapan kulit dan membantu proses eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati pada bagian tubuh yang kering. Tak heran, berendam di dalam larutan air dan soda kue pun dapat melembutkan kulit dan mencegah iritasi.

Wah, banyak sekali ya manfaat yang dimiliki soda kue. Sebagai pembersih alami, soda kue sangat aman digunakan untuk membersihkan setiap tempat di rumah, pengaplikasiannya pun juga tidak terlalu sulit, bukan? Yuk, gunakan soda kue sebagai pembersih rumah!

Sedang mencari kasur baru untuk kamar tidurmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Ada beragam jenis kasur dari merek-merek ternama yang bisa kamu pilih. Dekoruma jual kasur King Koil, Guhdo, Lady Americana, dan Comforta.

Selain kasur, Dekoruma juga jual rak tv, sofa, tempat tidur, lemari, meja makan, dan laci lainnya untuk mengisi hunianmu. Tunggu apa lagi? Langsung saja kepoin laman Dekrouma, yuk!