Keramik kerap menjadi pilihan keluarga baru untuk dijadikan alas lantai hunian mereka. Tak hanya untuk kamar mandi, keramik juga bisa digunakan di lantai ruangan lainnya, seperti ruang tamu atau kamar tidur. Jika kamu ingin mengganti alas lantaimu dengan keramik, kamu perlu mengetahui cara memasang keramik yang bisa dilakukan sendiri.

Dengan memahami cara memasang keramik ini, kamu bisa menginstalasi keramik dengan lebih berhati-hati dan mengurangi resiko kesalahan yang mungkin terjadi. Kamu pun dapat menghemat pengeluaran karena tidak perlu memanggil tukang bangunan. Tanpa berlama-lama lagi, berikut cara memasang keramik dalam rumah.

1. Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

shutterstock.com

Tahap pertama dalam rangkaian cara memasang keramik tentu dimulai dengan memilih keramik yang akan digunakan. Belilah keramik dengan ukuran dan motif yang kamu suka di toko bangunan terdekat atau melalui lapak online. Nah, cara memasang keramik yang benar tentu memerlukan keramik 10 persen lebih banyak dari yang diperlukan untuk berjaga-jaga apabila kamu membutuhkan keramik lagi untuk lantai yang tidak seukuran.

Cara memasang keramik yang akan Kania bagikan tentu memerlukan material khusus. Jangan lupa untuk membeli perlengkapan dan material lainnya, yaitu semen khusus keramik, papan applicator, dan nat keramik. Pula, tanyakan pada pegawai toko apakah menjual tile spacer. Siapkan meteran, benang yang cukup tebal, dan pensil.

2. Ukur luas lantai ruangan

shutterstock.com

Tahap selanjutnya dalam cara memasang keramik ini dimulai dengan mengukur lantai ruangan dengan meteran. Tarik meteran dari dinding yang satu ke yang lainnya, baik atas bawah maupun kiri kanan. Beri tanda dan pastikan mereka akan bertemu pada satu titik di tengah ruangan. Kemudian, tempelkan benang mengikuti garis meteran dan gunting benang tersebut.

Benang penting dalam rangkaian cara memasang keramik ini sebagai garis acuan saat proses instalasi dimulai. Sekarang, lantaimu terbagi dalam empat area dengan jarak yang sama.

3. Coba pasang keramik tanpa semen

shutterstock.com

Sebelum menempelkan keramik, cobalah atur letaknya pada lantai dahulu. Lanjutkan rangkaian cara memasang keramik dari bagian tengah pertemuan benang tadi dan gunakan tile spacer untuk memberi jarak antar keramik. Cara memasang keramik yang benar tidak akan bisa dilakukan tanpa mengetahui apakah ada bagian lantai yang tidak bisa diaplikasikan keramik secara penuh.

4. Rendam keramik

shutterstock.com

Tahap penting dalam rangkaian cara memasang keramik ini mengharuskan keramik untuk direndam dalam wadah berisi air beberapa saat hingga pori-pori keramik menyerap air. Selain untuk membuat keramik menjadi lebih lentur, air akan membantu mencegah keramik mudah lepas saat diaplikasikan ke lantai nantinya.

5. Mulai memasang keramik

shutterstock.com

Aplikasikan semen pada lantai di mana kamu akan menempel keramik. Cara memasang keramik yang baik adalah dengan memulai aplikasi dari satu area lantai dahulu. Pastikan semen telah dicampur dengan air dan bebas dari kerikil. Gunakan papan applicator untuk melaksanakan cara memasang keramik ini dan oleskan semen di lantai secara tipis. Jangan lupa pakai sarung tangan agar tangan kamu tidak kotor.

Tempel keramik, lalu tekan. Saat sebaris keramik sudah tertempel, gunakan papan apapun dengan permukaan rata untuk menekan keramik. Cara memasang keramik ini harus dilakukan agar keramik terpasang dengan ketinggian yang sama.

shutterstock.com

Lakukan rangkaian cara memasang keramik ini ke empat area yang sudah terbagi. Selipkan tile spacer untuk memberi jarak antar keramik. Jika terdapat area yang tidak dapat terisi penuh dengan keramik, gunakan alat pemotong keramik untuk mendapatkan kepingan keramik yang sesuai dengan area tersebut, lalu tempelkan.

6. Oleskan nat keramik

shutterstock.com

Diamkan keramik yang sudah ditempel hingga kering. Cara memasang keramik selanjutnya adalah mengoleskan nat keramik yang sudah dicampur air. Nat keramik ini berguna dalam cara memasang keramik untuk mengisi sela-sela jarak antar keramik. Gunakan applicator datar untuk mengoleskan nat dan pastikan semua sela-sela terisi penuh.

Penting dalam cara memasang keramik ini untuk mendiamkan nat selama 5-15 menit dan bersihkan dengan spons. Hati-hati dalam menggunakan spons untuk membersihkan area lain, pastikan tidak ada tetesan air dari spons karena dapat membahayakan kinerja nat, apalagi kalau yang kamu pasangkan adalah keramik kamar mandi yang areanya cenderung basah.

google.com

Voila! Selesai sudah rangkaian cara memasang keramik ini. Lantai keramik yang indah pun sudah terpasang rapi. Sekedar saran, sebelum kamu memberi nat, pastikan bahwa tidak ada keramik yang terlepas atau terdapat rongga udara. Cara memasang keramik ini juga bisa kamu aplikasikan walaupun kamu menggunakan keramik berbagai pola yang berbeda.

Agar tidak terkesan seperti pekerjaan rumah, lakukan rangkaian cara memasang keramik ini bersama anggota keluarga lainnya. Selamat mencoba!

Kamu sedang mencari furnitur untuk rumahmu? Dekoruma solusinya! Dekoruma jual furnitur minimalis yang space saving dengan model kekinian, seperti sofa, tempat tidur, jual rak TV, dan lemari display dengan ukuran dan variasi yang beragam. Tak ketinggalan, Dekoruma juga jual Olymplast, yaitu merek lemari kabinet plastik terkenal dengan kualitas terbaik.

Bagi kamu yang suka masak, Dekoruma juga jual peralatan memasak, lho! Di antaranya ada panci, wajan, blender, spatula, dan cetakan kue. Lengkap banget, ‘kan?

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan aneka properti baru dan dijual di berbagai wilayah yang strategis dan sedang berkembang. Beberapa di antaranya ada rumah dijual di Jakarta Selatan, rumah baru di Depok, dan apartemen dijual di Tangerang. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!