Dapur bisa dibilang sebagai salah satu ruangan di rumah yang penuh dengan kesibukan setiap hari. Ibu menghabiskan sebagian besar harinya di dapur demi memasak hidangan yang enak dan bernutrisi bagi semua anggota keluarga lain.

Tentu, kegiatan memasak memerlukan aneka peralatan dapur seperti wajan, panci, sendok, garpu, sumpit, piring, dan sebagainya. Aneka ragam peralatan dapur perlu dialokasikan ke tempat penyimpanan yang memadai untuk menghindari kerumitan saat memasak. Ibu juga dimudahkan dengan mengetahui pasti lokasi setiap alat yang diperlukan. Terlebih, ibu tentu perlu memperhatikan desain dapurnya saat menentukan apa saja yang dibutuhkan untuk menata dapur dengan rapi.

Rak piring menjadi pilihan yang tepat untuk membantu para ibu pintar menata peralatan dapur. Tak seperti namanya, rak piring mempunyai fungsi lain dari hanya untuk menata piring. Simak tujuh jenis rak piring berikut agar kamu dapat menentukan rak piring yang sesuai untuk dapurmu.

1. Rak piring cantik dengan penampung air

homedepot.com

Saat meniriskan air setelah mencuci, tentunya kamu ingin menghindari kecelakaan yang mungkin terjadi karena butiran air yang bersebaran di area dapur. Rak piring ini mungkin merupakan jenis rak piring klasik, tapi desain sederhana ini praktis dengan nampan khusus untuk menampung air.

Pada salah satu sisi nampan, terdapat jalur kecil di mana air yang tertampung akan mengalir ke bak wastafel cuci piring. Rak piring dengan fungsi ganda ini juga dapat menampung alat dapur lainnya seperti gelas dan peralatan makan. Ide sederhana tapi tentu membantu ibu pintar untuk efisiensi ruang dalam dapur.

2. Rak piring tinggi untuk dapur kecil

amazon.com

Memiliki dapur kecil menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu. Efisiensi ruang dapur perlu diperhatikan dengan memilih furnitur dan aneka peralatan dapur yang tidak memakan banyak ruang. Saran Kania adalah menempatkan daerah penyimpanan di ruang vertikal dapur kecil. Rak piring tingkat dapat ditempatkan di atas wastafel cuci piring.

Selain memudahkan penirisan air setelah dicuci, desain rak piring ini memiliki fungsi tambahan jadi tempat gantung alat dapur lainnya seperti spatula dan wajan. Memanfaatkan ruang vertikal, furnitur penyimpanan alat dapur dapat diminimalisir sehingga dapur kecil pun terasa lebih lega.

3. Rak piring built-in

marsballoon.com

Ingin furnitur dalam dapur senada dengan interior lainnya tapi mulai kekurangan ruang untuk peralatan dapur? Pilihlah rak piring built-in dengan desain dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan interior dapurmu. Rak piring built-in terbuka dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memajang beragam piring dan peralatan makan lainnya yang kamu punya sehingga dapat berfungsi menjadi dekorasi dapur juga.

4. Rak piring dinding dari kayu

notonthehighstreet.com

Beralih ke desain rak piring yang tidak konvensional, kamu dapat menggunakan rak dinding yang biasanya digunakan untuk pajangan dan hiasan sebagai rak piring. Merangkap sebagai rak untuk memajang alat dapur lainnya, rak piring dari kayu ini juga membawa kehangatan dan nuansa alam ke dalam dapur. Desainnya yang simpel membuat rak piring ini cocok untuk ditempatkan di dalam dapur bergaya vintage atau rustic.

5. Rak piring model lingkaran

redcandy.co.uk

Rak piring dengan model segiempat sudah terlalu mainstream hingga mungkin tak pernah terpikir bahwa rak piring dapat juga berbentuk lain. Hal inilah yang membuat rak piring model lingkaran ini unik. Walaupun hanya terdiri dari besi-besi penyangga piring, rak piring model lingkaran dapat mempermudah para ibu mengambil piring atau alat dapur lain yang diperlukan karena desainnya yang dapat diputar. Rak piring ini pun dapat ditempatkan di atas meja makan untuk mempermudah persiapan makan sehari-hari.

6. Rak piring stainless steel

organized-home.com

Rak piring yang terbuat dari stainless steel akan membuat dapurmu terlihat lebih elegan dan profesional layaknya dapur-dapur restoran kelas atas. Material metal yang resistan terhadap karat ini menjadi material furnitur ideal untuk di dapur yang rentan terhadap kelembapan dan temperatur yang drastis saat memasak. Berkat ketahanannya, kamu pun tidak perlu sampai repot-repot mengaplikasikan cairan penghilang karat di kemudian hari.

Dengan desain modern, rak piring ini terdiri atas beberapa sekat yang bisa digunakan untuk memajang piring, gelas, kain lap, hingga dekorasi mungil. Dilengkapi dengan kait-kait untuk menggantung cangkir, gunting, cetakan kue, dan alat dapur lainnya, rak piring ini akan menghemat ruang dan juga membantu ibu pintar menata alat dapur sesuai dengan kebutuhan.

7. Rak piring gantung untuk ruang yang lebih luas

malaysia.masterharga.org

Rak piring gantung dapat menjadi andalan untuk mendapatkan ruang lebih luas untuk memasak. Dengan kait-kait yang dapat ditambahkan pada area kitchen set, desain rak piring gantung ini dapat dibesarkan atau dikecilkan sesuai kebutuhan.

Selain terlihat rapi dan unik, rak piring gantung ini dilengkapi sekat yang berbeda ukuran sehingga dapat memajang beragam bentuk dan ukuran alat dapur yang dimiliki. Posisi yang fleksibel membantu untuk menyimpan hampir semua benda dapur agar meminimalisir keperluan untuk ruang penyimpanan lainnya.

Tentu semua jenis rak piring ini unik dan menarik dengan fiturnya masing-masing. Ibu pintar, pastikan untuk memilih rak piring yang cocok untuk dapurmu, ya! Jangan lupa lengkapi juga koleksi peralatan masakmu dari Dekoruma! Dekoruma menyediakan beragam merek peralatan masak terkenal untukmu, seperti Fackelmann dan Nakami.

Nah, kalau kamu sedang mencari aneka rak untuk menyimpan segala kebutuhanmu, Dekoruma juga jual rak TV, rak gantung, rak display, dan aneka rak lain dengan ragam model dan ukuran. Lengkap banget, ‘kan?

Tak hanya sampai di situ saja, melalui DekorumaHouse, kamu juga bisa menemukan hunian baru di dalam perumahan yang nyaman dari berbagai lokasi, lho! Beberapa di antaranya, ada perumahan baru di Tangerang, Jakarta Selatan, Depok, dan daerah lainnya yang sedang berkembang. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!