Kesehatan tidak datang begitu saja tanpa usaha ekstra dari diri kamu sendiri, misalnya mengatur pola makan sehari-hari. Di jaman modern seperti ini, semuanya serba instan termasuk untuk makanan. Kebiasaan menyantap makanan cepat saji atau makanan kaleng merupakan salah satu pola makan yang buruk.

Untuk kesehatan badan dalam jangka panjang, kamu tidak boleh coba-coba. Yuk, mulai membiasakan diri untuk menerapkan pola makan sehat sejak muda dengan cara mudah berikut ini!

1. Mengunyah makanan secara perlahan, pola makan sehat yang simpel

pdckids.com

Apa bedanya mengunyah makanan secara perlahan dan cepat, toh makanannya sama-sama masuk ke dalam perut? Ternyata ada penjelasan dari sejumlah ilmuwan mengenai pola makan sehat ini. Mengunyah makanan secara perlahan akan mencegah kamu mengalami sindrom metabolik yang berujung pada penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Kalori yang didapatkan pun menjadi lebih rendah sehingga kamu terhindar dari obesitas.

Sedangkan, orang yang mengunyah dengan terburu-buru akan sulit merasa kenyang sehingga akan selalu ingin menambah porsi. Hasilnya, fluktuasi glukosa jadi lebih besar.

2. Pola makan sehat yang banyak godaan, mengurangi porsi camilan

self.com

Mengurangi porsi camilan sebagai salah satu langkah menjalankan pola makan sehat memang terdengar sulit. Pasalnya pada saat menjalankan aktivitas, kita akan merasa lapar lebih cepat sebelum waktu makan. Ditambah lagi, kalau sudah mengemil pasti akan susah berhenti. Jika ingin mengemil, pilihlah asupan yang sehat seperti buah-buahan atau salad. Kalau pun mau makan camilan manis dan asin, sebaiknya kamu pisahkan camilan tersebut dalam porsi kecil menggunakan piring bukannya langsung mengambil dari kantongnya karena bisa membuatmu lupa diri.

3. Mengurangi pemakaian garam dalam makanan untuk pola makan sehat

medicalnewstoday.com

Makanan tanpa garam memang akan terasa hambar dan tidak nikmat, maka yang harus kamu lakukan adalah mengurangi pemakaiannya untuk pola makan sehat. Mengapa harus mengurangi garam? Garam mengandung zat sodium yang mampu meningkatkan tekanan darah dan berujung pada resiko penyakit jantung serta stroke.

Daripada selalu memesan makanan dari restoran, mulailah memasak makanan sendiri supaya kamu bisa mengatur pemakaian garam dan menjaga pola makan sehat. Kurangi juga konsumsi aneka keripik dan snack yang terlalu asin.

4. Pola makan sehat tidak mengenal minuman bersoda

todayifoundout.com

Minuman bersoda mengandung kadar gula yang sangat tinggi dan bisa membuatmu mengidap diabetes, bahkan di usia muda. Kadar gula yang tinggi ini juga membuatmu mudah merasa dehidrasi.

Selain gula, ternyata minuman bersoda memiliki kadar kafein. Apabila dikonsumsi terus-menerus, soda akan menyebabkan gangguan irama detak jantung serta memicu perkembangan sel kanker. Mau menjalankan pola makan sehat? Yuk, mulai hindari minuman bersoda! Kalau sudah terlanjur membelinya, manfaatkan saja minuman soda tersebut untuk menghilangkan karat pada perabotan rumahmu!

5. Pola makan sehat termurah, minum air putih

teammodern.com

Melakukan aktivitas selama seharian penuh akan membuat tubuhmu kekurangan cairan. Cairan yang hilang ini bisa dikembalikan lagi hanya dengan minum air putih yang harganya sangat murah dan mudah ditemukan di mana saja. Setidaknya, minumlah air putih sebanyak 8 gelas per hari untuk menjaga pola makan sehat.

Minum air putih juga punya manfaat lain seperti menetralisir racun yang ada di dalam tubuh, melancarkan pencernaan, dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Tips pola makan sehat yang satu ini tidak sulit dilakukan, bukan? Lupakan minuman bersoda dan elektrolit, beralihlah ke air putih.

6. Kurangi makan makanan kemasan untuk pola makan sehat

history.com

Saat ini, ada banyak makanan kemasan dalam kaleng atau plastik. Rasanya memang enak dan penyajiannya praktis. Tapi, tahukah kamu kalau di dalam makanan kemasan tersebut, ada banyak zat yang berbahaya untuk kesehatan? Misalnya saja bahan pengawet, pewarna buatan, perasa buatan, MSG, serta gula dan garam yang jumlahnya berlebihan yang bertolak belakang dengan prinsip pola makan sehat.

Mungkin bagi kamu yang masih muda, kamu belum menyadari bahwa pola makan sehat sangat penting demi menjaga kebugaran dan kesehatan tubuhmu hingga tua nanti. Tunggu apa lagi? Setelah menerapkan pola makan sehat seperti yang Kania paparkan, ayo mulai biasakan mempertahankan pola makan sehat dari sekarang.

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka furnitur dan perabotan sesuai kebutuhan ruangan. Misalnya untuk ruang makan, Dekoruma jual meja makan, kursi makan, taplak meja, gelas, dan lemari kabinet.

Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual kasur Lady Americana, King Koil, Comforta, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!