Tentulah mudah untuk mengidentifikasi makanan yang sudah kadarluarsa. Selain dari tanggal yang tertera pada kemasan produknya, perubahan warna, tekstur serta munculnya aroma tak sedap dapat menandakan makanan telah basi. Lalu, apa yang menandakan bahwa masa guna dari alat dapur yang kamu miliki telah habis?

Sebagian besar alat dapur yang digunakan secara intens perlu diperbarui secara rutin. Profesor dari Simons Center for Hygiene and Health in Home and Community, Elizabeth Scott, Ph.D menganjurkan untuk segera mengganti alat dapur yang telah lama digunakan karena cenderung lebih mudah diinangi bakteri dan mikroba yang menyebabkan penyakit.

Scott turut memaparkan bahwa setiap alat dapur dalam kitchen set memiliki jangka waktu kegunaan yang berbeda-beda, sehingga tidak semua alat dapur harus diganti dalam waktu yang bersamaan.

Lebih lanjut, Scott menjelaskan kapan tepatnya dan kenapa keenam alat dapur ini perlu diganti dengan yang baru.

Spons Cuci Piring

shutterstock.com

Semakin lembab udara di dapur, semakin banyak bakteri yang terkandung dalamnya. Sebagai area yang paling lembab di dapur, tempat cuci piring sangat berpotensi menjadi wadah berkembangnya bakteri. Alat dapur yang berada di sekitarnya juga lebih berpotensi terpapar lebih banyak bakteri dibandingkan alat dapur yang tersimpan di laci dan kabinet dapur.

Scott menyarankan alangkah baiknya untuk mengganti alat dapur di sekitar tempat cuci piring seperti spons setiap hari, terutama jika kamu rutin memasak di dapur.

Namun jika cara ini dirasa kurang praktis, kamu dapat mengganti alat dapur ini paling tidak seminggu sekali. Dengan catatan, spons hanya digunakan untuk membersihkan peralatan masak dan makan saja, dan jika memungkinkan gunakan spons bersama air hangat dan sabun disinfektan.

Talenan

shutterstock.com

Apapun jenis talenan yang kamu gunakan, apakah itu berbahan kayu, plastik, atau batu alam sangat penting untuk memisahkan penggunaannya untuk tiap jenis makanan guna menghindari kontaminasi makanan dan perpindahan bakteri.

Karena talenan termasuk alat dapur yang paling sering digunakan untuk menyiapkan bahan masakan, maka alat dapur ini harus selalu terjaga kebersihannya. Salmonella dan clampylobacter merupakan bakteri yang kerap menempel pada permukaan talenan. Setelah pemakaian, segera bersihkan talenan dengan menggunakan air hangat dan sabun cair.

Lantas, kapan idealnya alat dapur ini perlu diganti? Perhatikan permukaan talenan. Jika alat dapur ini sudah mulai menghitam dan sulit dibersihkan, itulah pertanda kamu harus mengganti alat dapur ini dengan yang baru.

Kompor dan Alat Elektronik Dapur

shutterstock.com

Menurut perusahaan penyedia garansi dan jaminan elektronik, American Home Shield, daya guna maksimal alat elektronik rumah tangga dapat bertahan sampai 10-15 tahun. Namun apabila terdapat kerusakan pada alat dapur yang elektronik, jangan langsung buru-buru menggantinya. Kamu dapat memakai garansi, jika memang masih berlaku, atau membawa alat dapur ini ke tempat servis elektronik.

Roger Beam, pakar marketing dan direktur Retail Innovation at Wake Forest University School of Business, memiliki pandangan lain soal memperbarui peranti elektronik dapur.

Menurutnya, saat ini perusahaan elektronik kurang memperhatikan aspek durabilitas, melainkan berfokus pada pengembangan teknologi. Mereka berlomba-lomba menghasilkan inovasi alat dapur pintar (smart appliances), sehingga kebutuhan peralatan dapur bergeser sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru tanpa memperhatikan aspek durabilitas alat dapur yang diciptakan.

Panci dan Wajan

shutterstock.com

Mungkin kamu pernah mendengar tentang produk wajan multifungsi yang dipercaya dapat bertahan hingga puluhan tahun. Penawaran alat dapur semacam ini kerap kali dipromosikan oleh channel TV home shopping.

Padahal menurut TheKitch, alat dapur yang dipakai untuk menggoreng dan merebus, seperti wajan dan panci anti lengket sendiri hanya dapat bertahan sampai 5 tahun. Sekalipun alat dapur tersebut belum benar-benar rusak, sudah waktunya berhenti menggunakan wajan jika permukaannya telah berkerak atau berkarat karena dapat meracuni makanan yang dimasak.

Apakah kamu masih menyimpan dan menggunakan alat dapur yang sudah seharusnya diganti? Jangan-jangan ini yang menjadi penyebab anggota keluarga lain sering sakit perut, bukan karena masakanmu yang tidak enak. Kania sarankan agar segera ganti alat masak yang sudah habis masa gunanya demi kesehatan keluargamu. Kamu bisa menggantinya dengan peralatan masak berkualitas dan terkenal, seperti merek Fackelmann. Jangan berlama-lama lagi, yuk ganti sekarang juga!

Selain alat dapur, Dekoruma juga jual bohlam, karpet, vas & pot, cermin, sprei, dan aneka aksesoris rumah lainnya. Modelnya beragam, harganya pun terjangkau.

Kamu juga ingin mengganti kasurmu yang sudah usang? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Di Dekoruma, kamu bisa menemukan ragam jenis kasur berkualitas dari merek-merek ternama. Dekoruma jual kasur King Koil, kasur Lady Americana, kasur Dunlopillo, dan kasur Guhdo. Ukurannya pun bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Yuk, tingkatkan kualitas tidurmu dengan kasur yang nyaman dari Dekoruma!