Bayangkan suatu hari kamu sedang memasak. Tiba-tiba, kamu harus meninggalkan wajan sebentar untuk keperluan lain dalam kondisi kompor menyala. Saat kembali, masakanmu gosong dan meninggalkan noda hitam di wajan. Menyebalkan sekali, bukan?

Meski kamu mencucinya sekeras mungkin dengan spons, noda gosong akan terus menempel. Apakah wajan yang gosong ini berbahaya? Bagaimana cara membersihkan noda gosong di wajan? Apa saja trik untuk menghindari peristiwa ini? Daripada makin penasaran, intip penjelasan Kania di bawah ini.

Apakah wajan gosong berbahaya untuk kesehatan?

Wajan dapat terbuat dari banyak material berbeda-beda, seperti tembaga, aluminium, dan stainless steel. Sayangnya, tak semua material tersebut tahan panas api yang berlebih sehingga memudahkannya gosong, bahkan meleleh. Lelehannya pun berbahaya karena bisa bercampur dengan masakan.

Kania menyarankan untuk menggunakan wajan stainless steel. Material satu ini terkenal sebagai material alat memasak yang paling bagus selama digunakan dengan cara yang benar, seperti tidak membiarkan permukaan wajan tergores. Selain itu, wajan ini tidak akan melepuh meskipun gosong.

Apa saja yang diperlukan untuk menghilangkan noda gosong pada wajan?

Membersihkan noda hitam di wajan tentu berbeda triknya dengan mencuci wajan seperti biasa. Sediakan cuka, baking soda, dan sabut gosok. Air tetap berperan penting dalam proses ini. Jangan lupa menggunakan masker karena untuk beberapa orang, bau dari campuran baking soda dan cuka dianggap sangat menyengat.

Bagaimana cara menghilangkan noda gosong?

Pertama, isi wajan dengan air dan jangan sampai penuh. Paling tidak, air bisa merendam noda gosong yang ingin kamu hilangkan. Tambahkan cuka dengan porsi lebih kecil dari porsi air. Bawa wajan ke kompor dan rebus campuran air cuka hingga mendidih. Matikan kompor dan taburkan baking soda.

Buang air rebusan dan gosok menggunakan sabut gosok hingga noda gosong hilang dari wajan. Jika masih gosong, tambahkan campuran pasta baking soda dan tetesan air. Gosok wajan hingga bersih dan jangan lupa membilasnya dengan air. Wajan pun kembali kinclong seperti awal kamu membelinya.

Yuk, jaga wajan tercinta dari gosong!

Agar peristiwa ini tidak terjadi lagi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebelum menggunakannya, pastikan wajan bersih dan tidak ada kerak makanan yang menempel. Jika kamu memakai wajan dengan kotoran yang masih menempel, noda gosong akan mudah terbentuk.

Sebelum menumis atau memasak, biarkan minyak goreng dalam keadaan panas di wajan. Masukkan bahan makanan saat minyak menguap. Minyak panas bisa membuat permukaan wajan tidak lengket sehingga makanan tidak menempel di wajan. Saat memasak, jangan lupa memutar wajan supaya panas api tersebar merata. Aduk masakan sesering mungkin.

Kania berharap informasi ini dapat membuat kamu menjaga wajan agar tetap kinclong. Jangan sampai peristiwa ini terjadi lagi, ya! Yuk, rawat wajan kesayanganmu dengan cara yang tepat!