Pada bangunan modern, ada istilah mezanin yang cukup populer. Mezanin merupakan istilah bagi sebuah lantai tambahan di dalam bangunan. Posisi mezanin biasa dibangun di tengah dua lantai, antara lantai dasar dengan langit-langitnya. Luas lantai mezanin pun hanya sekitar sepertiga dari luas ruangan tempat ia dibangun.

Masih asing dengan istilah tersebut? Simak penjelasan Kania mengenai serba-serbi lantai mezanin berikut!

Asal-usul Kata Mezanin dan Fungsinya

impressiveinteriordesign.com

Mezanin atau mezzanine berasal dari bahasa Italia ‘mezzo’ yang berarti bagian tengah atau di tengah. Fungsi utama dari lantai mezanin adalah menambah ruang di dalam suatu ruangan tanpa harus merombak rumah atau pun menambah jumlah lantai bangunan.

Lantai mezanin sifatnya semi terbuka sehingga kurang cocok untuk dimanfaatkan sebagai kamar tidur. Namun, ruang tambahan ini akan lebih cocok jika dimanfaatkan sebagai ruang keluarga, ruang bermain anak, ruang kerja, atau tempat menyimpan koleksi buku kesayangan.

Ukuran Ruangan pada Lantai Mezanin

oceanhomemag.com

Ukuran lantai mezanin idealnya sepertiga dari luas ruangan. Tapi, kamu harus memperhatikan juga tinggi langit-langit rumah. Pasalnya, jika langit-langit rumahmu tergolong pendek, lantai mezanin akan membuat ruangan terlihat semakin sempit. Selain berbahaya karena kepala akan mudah terbentur, sirkulasi udara dalam ruangan pun terganggu sehingga hawa ruangan cenderung menjadi panas walaupun insulasi atap sudah terpasang di rumahmu. Pastikan lantai mezanin mempunyai tinggi ruang layaknya ruangan normal, sekitar 2.7 hingga 3 meter.

Material yang Terbaik untuk Lantai Mezanin

self-build.co.uk

Sebagai lantai tambahan, sebagian orang tidak banyak pikir dan memutuskan untuk menggunakan material seadanya untuk membangun lantai mezanin. Padahal, lantai mezanin tetap merupakan bagian dari bangunan utama rumah dan menjadi ruangan yang digunakan sehari-hari oleh penghuni rumah. Tentu material yang dipilih untuk membangun lantai mezanin tidak boleh sembarangan.

Beberapa material terbaik yang bisa kamu pilih adalah kayu, baja ringan, dan beton ringan. Pastikan juga material yang dipilih tadi menyatu sempurna dengan konstruksi bangunan rumah. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan lantai mezanin yang aman.

Pencahayaan dan Sirkulasi Udara di Lantai Mezanin

homedit.com

Saat membangun lantai mezanin, pertimbangkan pencahayaan tepat sesuai dengan fungsi lantai tambahan tersebut dalam rumah. Pikirkan tipe pencahayaan yang diperlukan demi kenyamanan penghuni rumah yang akan menggunakannya. Apabila lantai mezanin tidak mendapat pencahayaan alami, pastikan lampu di lantai mezanin memberikan pencahayaan yang memadai. Sesuaikan tingkat keterangan sinar lampu dengan fungsi ruang, misalkan lantai mezanin digunakan sebagai perpustakaan, tentu memerlukan pencahayaan yang tergolong terang.

Sirkulasi udara di lantai mezanin tentu perlu diperhatikan, mengingat tinggi ruang yang terbatas. Tambahkan kipas angin seperlunya, pada dinding atau sudut lantai. Cobalah memasang jendela pada salah satu sisi lantai mezanin agar sirkulasi udara menjadi lancar dan pancaran cahaya alami dapat masuk ke ruang.

Tangga dan Furnitur pada Lantai Mezanin

thestaircasepeople.co.uk

Elemen utama yang kamu butuhkan untuk berpindah antar lantai, termasuk lantai mezanin, adalah tangga. Sebagai komponen penting dalam rumah, pilihlah desain tangga yang sederhana dan efisien supaya tidak membuat ruangan terasa semakin sempit. Sesuaikan desain tangga dengan interior ruang utama di mana lantai mezanin berada. Desain tangga spiral atau tegak bisa menjadi pilihan yang tepat agar tidak memakan banyak ruang di rumah.

architecturaldigest.com

Lantai mezanin tentu perlu furnitur yang sesuai dengan fungsi lantai tersebut. Pilihlah furnitur dengan tinggi yang tidak terlalu mepet dengan tinggi langit-langit. Pastikan lantai mezanin hanya dipenuhi furnitur pokok sesuai fungsi lantai mezanin seperti lemari penyimpanan untuk menghindari suasana sesak. Sebagai alternatif, pikirkan desain furnitur yang mengutamakan efisiensi tempat seperti furnitur lipat jika memang diperlukan di lantai mezanin rumahmu.

Beri Perhatian pada Area di bawah Lantai Mezanin

shutterstock.com

Saat membangun lantai mezanin, pastinya area di bagian bawahnya akan memiliki langit-langit yang rendah. Namun, ruang gerak yang terbatas bukan berarti ruang itu tidak bisa beralih fungsi. Selain menjadi ruang penyimpanan, area di bawah lantai mezanin dapat menjadi ruang makan sederhana yang tidak terkena dampak ruang gerak terbatas. Jangan lupa untuk memberikan pencahayaan yang cukup dan merawat area tersebut untuk mencegah bersarangnya penyakit dan bakteri.

Lantai mezanin bisa menjadi solusi bagi kamu yang merasa kekurangan ruang dalam rumah untuk kegiatan sehari-hari. Namun, jangan lupa pertimbangkan budget saat membangun lantai mezanin dan memilih desainnya, ya!

Untuk furniturnya, kamu bisa mencari di toko furniture online Indonesia, apa lagi kalau bukan Dekoruma. Ada banyak jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual kursi kantor, sofa, meja makan, laci, lemari pakaian, dan rak sepatu. Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!