Memiliki taman sendiri di rumah merupakan salah satu impian banyak orang. Kehadiran taman tersebut akan membuat rumah terasa lebih asri dan terlihat estetik. Model taman yang saat ini sedang tren adalah taman minimalis dengan tanaman hijau dan sedikit bunga. Lokasi taman ini tidak selalu di luar rumah, melainkan ada juga taman minimalis dalam rumah yang bisa menciptakan suasana adem.

Ukuran taman minimalis dalam rumah bisa disesuaikan dengan lahan yang ada sehingga kamu tidak perlu berkecil hati bila memiliki rumah mungil. Pemilihan jenis dan ukuran tanaman juga mempengaruhi hasil akhir dari tampilan taman minimalis dalam rumah milikmu.

Sebagai inspirasi, simak enam taman minimalis dalam rumah yang bikin adem berikut ini, yuk!

1. Taman Minimalis dalam Rumah di Bawah Tangga

pinterest.com

Area di bawah tangga seringkali terlupakan begitu saja karena lokasinya yang kurang strategis dan nyaman. Padahal, area ini bisa dimanfaatkan sebagai taman minimalis dalam rumah. Kamu mungkin tidak menggunakan area ini, tapi akan melihatnya ketika hendak naik atau turun tangga. Karena luasnya terbatas, pilihlah tanaman hijau berukuran sedang yang disematkan pada bebatuan. Bisa juga gunakan pot yang dipasang pada dinding. Tambahkan lampu untuk menerangi taman minimalis dalam rumah sekaligus membantu proses fotosintesis si tanaman.

2. Taman Minimalis dalam Rumah Model Vertikal

ornatehome.com

Taman minimalis dalam rumah model vertikal adalah pilihan yang tepat untuk rumah dengan lahan terbatas. Posisinya menempel pada dinding sehingga tidak akan menghabiskan banyak ruang dan membatasi ruang gerak para penghuni rumah. Taman satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi dinding. Agar terlihat lebih cantik, susunlah tanaman berdasarkan warna. Membuat pola seperti garis-garis atau melingkar akan membuat taman minimalis dalam rumah terlihat cantik juga. Tambahkan beberapa bunga berwarna cerah pada sudutnya.

3. Taman Minimalis dalam Rumah ala Taman Jepang

pinterest.com

Memiliki taman minimalis dalam rumah bisa jadi merupakan pekerjaan yang merepotkan karena kamu harus membersihkan tanah yang berceceran di lantai ketika menyiramnya. Bagi kamu yang tidak mau repot, silahkan desain taman Jepang yang identik dengan media batu dan tanaman hijau.

pigonthestreet.com

Bila terlalu minimalis, cobalah model taman minimalis dalam rumah yang lebih ramai seperti ini. Dalam satu area kecil yang dipenuhi bebatuan, letakkan beberapa jenis tanaman hijau sekaligus. Tambahkan dekorasi air mancur mungil di bagian tengah.

4. Taman Minimalis dalam Rumah dengan Sistem Hidroponik

eilo-eu.com

Taman minimalis dalam rumah dengan sistem hidroponik tidak membutuhkan banyak ruang, tapi perlu usaha ekstra untuk memasang sistem pengairannya. Taman model ini cocok untuk kamu yang suka bercocok tanam dan memasak menggunakan hasil tanam sendiri. Beberapa sayuran yang bisa ditanam adalah cabai, bayam, selada, tomat, dan sebagainya.

5. Taman Minimalis dalam Rumah di Tempat Semi Terbuka

yellowtrace.com.au

Kalau kamu memiliki area yang semiterbuka, maka akan sangat tepat dijadikan taman minimalis dalam rumah. Karena lokasinya yang strategis, mau menanam rumput atau tumbuhan lain, seperti pohon serut pun boleh-boleh saja. Tanaman ini akan tumbuh subur karena mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

6. Taman Minimalis dalam Rumah Menggunakan Pot

farmanddairy.com

Cara membuat taman minimalis dalam rumah yang paling mudah adalah dengan meletakkan sejumlah pot. Jika rumahmu mungil, tempatkan saja pot ini di sudut ruang atau dekat jendela. Menggunakan satu pot besar yang diisi dengan aneka tanaman atau menggabungkan banyak pot sekaligus, sama cantik dan ademnya kok.

Walaupun lahan dalam rumah mungkin terbatas, kamu tentu juga dapat mempunyai taman dalam rumah untuk suasana rumah yang lebih adem. Dari keenam inspirasi di atas, semoga kamu mendapatkan ide cemerlang untuk memulai taman minimalis dalam rumah milikmu, ya!

Rasanya ada yang kurang kalau taman dalam rumahmu tidak dilengkapi aneka furnitur yang nyaman. Kamu bisa menambahkan furnitur, seperti kursi panjang, kursi malas, atau meja kopi dengan tetap memperhatikan desain secara keseluruhan. Kabar baiknya, kamu bisa menemukan semua furnitur tersebut di Dekoruma, lho!

Selain furnitur, ada juga aneka peralatan dapur untuk kamu yang hobi memasak. Dekoruma jual KitchenAid, merek alat makan dan masak dengan kualitas terbaik. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!