Punya kayu bekas yang sudah tak terpakai? Jangan dibuang begitu saja! Dengan kreativitas, kayu bekas bisa kamu sulap jadi berbagai hal yang berguna dan fungsional untuk rumahmu, lho!

Bingung bagaimana cara memanfaatkan kayu bekas yang sudah tak terpakai di rumahmu? Intip inspirasi desain daur ulang kayu bekas menjadi berbagai benda yang bermanfaat berikut!

1. Dekorasi Dinding dari Kayu Bekas

fitful.info

Cara paling mudah untuk menyulap kayu bekas adalah dengan menjadikannya bagian dari dekorasi rumah. Salah satu kreasi yang bisa kamu tiru adalah dekorasi dinding satu ini. Coba susun potongan kayu bekas secara vertikal dan sambungkan menjadi sebuah model dinamis. Kayu bekas kini bisa mempercantik dinding rumahmu.

2. Gantungan Dinding yang Serbaguna dari Kayu Bekas

dhariinternational.com

Buat kreasi kayu bekas lebih fungsional dengan membuat gantungan dinding vintage yang sederhana. Dengan memberikan aksesoris gantungan pada kayu, kini kayu bekas yang tak ada nilainya bisa bermanfaat. Kamu bisa meletakkan rak dinding dengan gantungan ini sebagai gantungan handuk di kamar mandi, atau di dapur sebagai tempat menggantung alat masak ataupun bumbu-bumbu dapur.

3. Credenza Unik Daur Ulang Kayu Bekas

rocketuncle.com

Jangan batasi kreativitasmu saat mengolah kayu bekas. Salah satunya dengan membuat perabotan tambahan di rumah dengan menggunakan material kayu bekas yang sudah tak terpakai. Cukup dengan gergaji, bor, sekrup, dan tentunya kayu bekas, kamu sudah bisa memiliki sebuah meja credenza unik seperti ini, lho.

4. Nampan Kayu yang Kekinian

homebnc.com

Berbagai kebutuhan dan alat rumah tangga bisa kamu hadirkan juga dengan mengolah kayu bekas menjadi nampan kayu yang kekinian ini. Tak hanya bisa digunakan sesuai fungsinya yaitu nampan, kreasi DIY satu ini juga cukup menarik sebagai dekorasi untuk menghiasi coffee table atau credenza yang ada di rumah. Sederhana, namun tetap terlihat estetik.

5. Coffee Table dari Palet Kayu Bekas

guidepatterns.com

Jika kayu bekas yang kamu miliki berbentuk model palet, maka ada banyak sekali kreasi yang mudah dan praktis yang bisa diwujudkan dari daur ulang palet kayu bekas ini. Salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai coffee table natural yang cantik ini. Jika ketinggian dari palet kayu terlalu rendah, kamu cukup tambahkan satu lapis palet lagi. Untuk mengakali bagian atas palet kayu bekas yang tak rata atau bercelah, kamu bisa letakkan kaca pada bagian atas coffee table sebagai solusi. Praktis, bukan?

6. Tempat Tanaman dari Kayu Bekas

gardenloversclub.com

Tak perlu repot untuk ubah kayu bekas menjadi dekorasi yang manis untuk rumahmu. Cukup rakit kayu bekas menjadi kotak, kombinasikan dengan tanaman hias kesayanganmu, kamu sudah bisa mendapatkan sebuah dekorasi manis untuk mengisi salah satu sudut ruanganmu.

7. Kayu Bekas untuk Lengkapi Taman

hips.hearstapps.com

Alternatif lain untuk kreasikan kayu bekas adalah dengan menjadikannya bagian integral dari taman rumahmu. Coba buat panel kayu di dinding untuk wujudkan vertical garden atau sekedar rak tanaman manis yang bisa ditumpuk.

Itulah berbagai kreasi menarik yang bisa kamu wujudkan dari bahan kayu bekas yang awalnya tak berguna dan tak terpakai. Untuk hilangkan tampilan kayu bekas yang menurutmu sudah tidak bagus, cukup amplas dan lapisi kayu bekas dengan cat kayu sesuai warna yang cocok untuk interior design rumahmu. Setelah itu, berikan vernis kayu sebagai tahap terakhir untuk membuat berbagai pernak-pernik dari kayu bekas milikmu menjadi lebih awet dan tahan lama. Selamat berkreasi!

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma! Kamu bisa menemukan berbagai inspirasi DIY menarik, seperti cara membuat bingkai foto dari kardus, cara membuat hiasan dinding dari origami, dan masih banyak lagi.

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma juga bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual lemari dapur, meja makan, sofa, bahkan jasa desain interior juga tersedia. Untuk pilihan merek furniturnya pun sangat beragam. Dekoruma jual Pro Design, Heim Studio, dan Livien. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!