Seperti apa kriteria rumah impianmu? Rumah tapak atau apartemen? Baik rumah tapak ataupun apartemen tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga kamu bisa memilih rumah impianmu sesuai kebutuhan.

Namun, buat kamu yang memiliki rumah impian berupa rumah tapak, ayo cari tahu lebih dalam mengenai apa saja keunggulan memiliki rumah tapak dibandingkan apartemen!

Investasi Jangka Panjang yang Lebih Baik

imoney.ph

Jika kamu memiliki rumah tapak, berbeda dengan apartemen, kamu juga memiliki kepemilikan atas tanah tempat rumah itu dibangun. Apartemen hanya memberikan hak guna bangunan tanpa kepemilikan atas tanah. Harga tanah yang cenderung terus naik membuat harga jual rumah tapak jauh lebih cepat naik dibandingkan dengan apartemen. Tentu, lebih bijak untuk berinvestasi di rumah tapak jika memang ada keinginan untuk menjadikannya sebagai investasi jangka panjang.

Fleksibilitas dalam Desain Rumah Tapak untuk Wujudkan Rumah Impian

shutterstock.com

Jika membahas mengenai rumah impian, setiap orang tentu memiliki gaya dan desain hunian tertentu yang diinginkan. Jika kamu memilih untuk tinggal di rumah tapak, eksplorasi desain pada rumah cenderung lebih mungkin untuk dilakukan. Dari desain fasad rumah hingga interior, kamu bebas berkreasi demi mewujudkan desain rumah impian, asalkan mengikuti peraturan dan undang-undang setempat. Apartemen sudah memiliki standar desain yang ditentukan oleh pengelola apartemen tersebut, sehingga desain interior menjadi satu-satunya ruang berkreasi untuk hunian apartemen.

Biaya Bulanan Rumah Tapak yang Lebih Rendah

telegraph.co.uk

Ketika berbicara mengenai biaya bulanan rumah tangga, kamu tentu teringat akan biaya listrik dan juga air. Jika kamu tinggal di apartemen, selain biaya-biaya tersebut, kamu masih harus membayar iuran perawatan fasilitas gedung yang umumnya tidak sedikit, apalagi jika kamu tinggal di apartemen yang tergolong cukup mewah dengan fasilitas yang lengkap. Walaupun tinggal di rumah tetap perlu membayar iuran keamanan dan kebersihan, tentu biaya bulanan yang dikeluarkan cenderung lebih rendah saat tinggal di rumah tapak.

Halaman di Rumah Tapak

shutterstock.com

Salah satu keunggulan memiliki rumah tapak dibandingkan apartemen adalah kamu bisa memiliki halaman rumah. Hal ini juga kerap menjadi alasan utama mengapa banyak orang cenderung lebih memilih rumah dibandingkan apartemen sebagai hunian.

Keberadaan halaman rumah memungkinkanmu untuk memiliki carport untuk memarkir mobil hingga taman dan ruang terbuka hijau yang akan membuat suasana hunian menjadi lebih segar dan teduh. Meskipun memiliki fasilitas parkir, tentu tinggal di apartemen masih mengharuskanmu untuk menuju gedung parkir sehingga membuat rumah tapak jadi lebih praktis untuk kamu yang memiliki kendaraan.

Bebas Miliki Hewan Peliharaan

shutterstock.com

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, tentu rumah tapak menjadi pilihan paling memungkinkan karena kamu akan lebih bebas dalam memelihara hewan peliharaanmu, baik itu kucing ataupun anjing. Berbeda dengan apartemen dimana terdapat keterbatasan dalam memelihara hewan peliharaan karena peraturan-peraturan operasional, rumah tapak tidak terbatasi oleh aturan-aturan yang mengikat penghuninya seperti di apartemen. Sulit juga bagi kamu untuk menemukan apartemen yang memperbolehkan penghuninya untuk memelihara hewan.

Walaupun rumah tapak mempunyai kelebihan-kelebihan seperti yang telah dijabarkan di atas, tentu apartemen mempunyai keunggulan dalam beberapa aspek lain. Lakukan riset yang mendalam untuk menentukan jenis hunian yang diperlukan dan diinginkan karena banyak pertimbangan yang perlu dilakukan, dari bujet hingga lokasi hunian yang strategis dan lebih dekat ke tempat kerja.

Jangan lupa untuk pikirkan juga tujuan kamu membeli hunian itu, karena untuk investasi dan tempat tinggal tentu mempunyai prioritas yang berbeda. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya!

Kesulitan mencari furnitur rumah yang berkualitas? Tenang, kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual sofa minimalis, meja makan, rak tv, tempat tidur, hingga kursi teras.

Selain furnitur, ada juga peralatan masak dan makan. Dekoruma jual panci, kompor, sendok garpu, dan lainnya. Jangan berlama-lama lagi, langsung saja cari furnitur impianmu di Dekoruma!