Ruangan minimalis sudah menjadi pilihan banyak orang di zaman yang serba modern ini. Gaya ruangan minimalis menawarkan kemampuannya dalam menghemat ruangan dan lebih mengutamakan fungsionalitas. Maka dari itu, kita bisa melihat di tiap ruangan minimalis, tidak ditemukan banyak barang.

Terkadang kamu bingung cara mengaplikasikan ruangan minimalis dalam rumahmu. Mungkin desain yang kamu inginkan terlihat seperti ruangan minimalis, tetapi nyatanya tidak. Nah, untuk menjawab seluruh keluh kesahmu, Kania akan membagikan lima inspirasi ruangan minimalis yang bisa kamu terapkan di setiap ruangan dalam rumahmu. Yuk, kita intip bersama!

Warna Gelap yang Menarik Mata

hunker.com

Ruang keluarga adalah ruangan dalam rumah yang menjadi titik kumpul seluruh anggota rumah. Di sini, kamu bisa menonton TV, bersenda gurau bersama anggota keluarga lain, atau sekedar istirahat sejenak. Supaya ruang keluarga lebih atraktif, kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah ruangan minimalis.

Di ruangan minimalis ini, penggunaan warna gelap menjadi focal point. Warna abu-abu tua terkumpul pada satu tempat di mana ada sofa, karpet, bantal, dan lampu lantai. Di dinding atas sofa, pasanglah foto dengan warna senada. Dengan menggunakan teknik ruangan minimalis ini, ruang keluarga akan terlihat lebih hidup dan tentunya tali kekeluargaan pun makin erat.

Penggunaan Lukisan Besar sebagai Dekorasi

home-designing.com

Kamu penyuka warna monokrom? Cobalah menggunakan desain ruangan minimalis ini pada ruang makan. Penataan gaya ruangan minimalis pada ruang makan sebaiknya di dekat jendela yang bersebelahan dengan taman belakang rumah supaya kamu bisa menikmati santapan dengan lebih rileks.

Saat matahari terasa terik, kamu bisa menggunakan gorden model sheer untuk meminimalisir cahaya matahari yang masuk.  Saat malam tiba, tutup jendela dengan gorden blackout.Cara memasang gorden pun mudah. Lapis terluar yang dekat dengan kaca jendela adalah gorden sheer, lalu diikuti gorden blackout di belakangnya.

Selain itu, pasanglah sebuah lukisan atau karya seni berukuran besar. Kehadirannya mampu meramaikan ruangan minimalis sehingga tidak terlalu sepi dan hampa. Di tengah meja, letakkan jenis tanaman dalam ruangan untuk menemanimu makan.

Bermain dengan Warna-warna Retro

home-designing.com

Ruangan minimalis tak harus selalu berwarna monokrom, lho. Kamu bisa memadukan warna khas retro, khususnya di dapur. Justru, penggunaan warna retro pada ruangan minimalis juga bisa membuatnya terasa lebih ada kehidupan. Namun karena warna retro yang kuat, kamu tetap harus menggunakan warna putih untuk menetralkannya, seperti pada dinding dapur.

Kamar Mandi Natural

home-designing.com

Konon katanya, sebuah rumah akan terbilang bersih bila memiliki kamar mandi yang bersih juga. Bersih biasa identik dengan warna putih. Supaya hal ini bisa terasa efeknya, aplikasikan warna putih pada dinding kamar mandi. Gunakan rak dinding kayu dan beberapa tanaman hijau di ruangan minimalis tersebut. Cara ini dilakukan supaya kamar mandi lebih terasa alami.

Dalam penataan gaya ruangan minimalis pada kamar mandi, Kania menyarankan kamu untuk menggunakan model kamar mandi yang memisahkan area mandi dan area toilet. Area toilet sebaiknya kering untuk menjauhkan kamu dari penyakit. Selain itu, buang air pun lebih nyaman karena kamu tidak melewati area basah.

Penggunaan Rangka Kasur Kotak

elledecor.com

Desain ruangan minimalis yang terakhir adalah kamar tidur. Kasur merupakan benda utama yang harus ada. Maka dari itu, kamu harus membuat kamar tidur terasa lebih nyaman. Untuk menghadirkannya, gunakan rangka kasur kotak yang menjulang ke atas warna hitam. Kemudian, taruh kasur beserta penyangga berwarna putih. Kombinasi warna hitam dan putihnya terlihat seimbang di kamar tidurmu. Tak hanya itu saja, untuk mendukung gaya ruangan minimalis, gunakan furniture lain yang memang dibutuhkan, seperti nakas, kursi, cermin, dan lampu dekat kasur.

Pada intinya, penerapan gaya ruangan minimalis tak perlu repot-repot. Cukup pikirkan barang mana yang dibutuhkan dan mana yang tidak. Hal ini akan membantumu menghemat ruang di interior rumah minimalis. Selain itu, gunakan furniture yang tidak terlalu aneh tapi tetap bisa menggaet perhatian orang yang mengunjunginya.

Kamu sedang mencari furnitur baru? Dekoruma bisa jadi tempat kamu menemukan furnitur dan dekorasi kekinian. Beberapa furnitur yang bisa kamu temukan adalah sofa, tempat tidur, lemari pakaian, kursi kantor, dan kasur. Untuk kasur, Dekoruma jual King Koil, Comforta, dan Sleep Care, tiga merek kasur ternama untuk temani kamu tidur.

Tunggu apalagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!