Memiliki rumah sendiri adalah sebuah impian dari semua individu yang ada di dunia ini, terlebih bagi pasangan yang baru membangun rumah tangga. Selain menjadi tempat berlindung, rumah bisa menjadi investasi yang bagus di masa mendatang. Harganya yang meningkat setiap saat membuatmu tidak memiliki alasan lagi untuk menunda pembelian rumah. Harga rumah yang mencapai ratusan juta pun bisa kamu sanggupi asalkan kamu mengetahui cara mengatur keuangan yang baik.

Yuk, simak tips cara mengatur keuangan berikut demi mendapatkan rumah impian secepatnya!

1. Mulai tentukan dan terapkan cara mengatur keuangan dari sekarang

moneycontrol.com

Semakin lama menunda, maka semakin banyak juga uang yang kamu butuhkan untuk membeli rumah. Cara mengatur keuangan paling simpel adalah dengan mulai menerapkan berbagai cara mengatur keuangan yang kamu ketahui dari sekarang. Sisihkan sebagian dari penghasilanmu untuk ditabung, sementara selalu sediakan tabungan untuk kebutuhan darurat.

Menabung di bank dan mengharapkan bunga bukanlah hal yang akan Kania sarankan. Lebih baik gunakan tabunganmu untuk berinvestasi dalam emas atau reksa dana. Sebagai cara mengatur keuangan yang sering diulas akhir-akhir ini, investasi menjadi pilihan yang tepat asalkan kamu selalu memantau status investasimu. Dalam hitungan tahun, kamu tentu sangat mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar dan bisa menggunakannya untuk membayar DP (Down Payment) rumah.

2. Tentukan tujuan dan nominal yang jelas untuk ditabung

shutterstock.com

Jika kamu sudah memiliki impian untuk memiliki rumah dalam waktu dekat, mulailah mencari rumah impianmu beserta detail harga dan sistem pembayaran yang tersedia. Salah satu cara mengatur keuangan yang paling disarankan adalah untuk menentukan nominal yang jelas untuk setiap tujuan menabung. Misalkan untuk rumah impianmu, kamu bertekad untuk membeli rumah yang diincar dalam kurun waktu dua tahun. Mengetahui harga DP beserta cicilan per bulan hingga lunas tentu akan mempermudah kamu dalam menerapkan cara mengatur keuangan ini.

3. Hidup hemat dengan meminimalisir pengeluaran

today.com

Gaji pas-pasan bukan berarti kamu tidak bisa membeli rumah impian. Cara mengatur keuangan berikutnya adalah hidup hemat dengan meminimalisir pengeluaran. Ingat, hidup hemat bukan berarti hidup pelit, ya. Tahukah kamu bahwa makan di luar merupakan pengeluaran terbesar yang seharusnya bisa dihindari? Cobalah membawa bekal makan siang saat bekerja atau sekolah. Jika ingin makan di luar, tentukan dari awal bujet pengeluaran dan frekuensi kegiatan seperti hanya boleh sebulan sekali. Cara mengatur keuangan seperti ini memang mudah untuk diucapkan tapi sulit untuk diterapkan. Namun, pikirkan kembali tujuan kamu menabung setiap kali melihat perangkat elektronik baru atau diskon saat hendak berbelanja.

4. Mencatat setiap pengeluaran di catatan kecil

blog.enotes.com

Dengan berbagai tips berikut, tentu kamu menyadari bahwa semua cara mengatur keuangan selalu memerlukan catatan kecil. Setiap pengeluaran dan pemasukan baik untuk investasi, tabungan darurat, atau kebutuhan sehari-hari tentu perlu dicatat. Hal ini akan mempermudah kamu saat menentukan bujet setiap bulannya agar tetap dapat menabung untuk rumah impian. Cara mengatur keuangan dengan catatan kecil ini berguna juga untuk mengetahui apakah kamu sudah mencapai target tabungan atau belum.

5. Lunasi semua utang supaya dapat memfokuskan diri menerapkan cara mengatur keuangan

shutterstock.com

Apakah saat ini kamu memiliki utang atau cicilan untuk produk lain? Jika iya, sebaiknya kamu melunasi semua utang-utang tersebut. Dengan demikian, kamu bisa fokuskan semua pemasukanmu dalam semua tips cara mengatur keuangan di atas. Pasalnya saat sudah membayar DP, kamu akan dihadapkan dengan cicilan rumah yang tentunya tergolong besar per bulannya dalam waktu bertahun-tahun. Jangan sampai utangmu bertambah banyak dan kamu harus mengorbankan banyak hal demi membayar cicilan per bulannya.

Tentu cara mengatur keuangan di atas perlu disesuaikan dengan keadaan finansial dan kepribadian kamu, ya. Tidak semua cara mengatur keuangan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-harimu, tapi Kania berharap kamu dapat mendapatkan inspirasi agar dapat mulai menerapkan cara mengatur keuangan yang cocok untukmu!

Kamu sedang mencari furnitur berkualitas untuk melengkapi hunianmu? Dekoruma juga menyediakannya, lho! Dekoruma jual rak tv, kursi, meja makan, dan lemari pakaian. Selain model dan ukurannya beragam, pilihan mereknya pun bervariasi, seperti dari Funika, Livien, dan Pro Design.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menemukan berbagai perlengkapan kamar tidur yang pastinya akan membuat tidurmu semakin nyenyak. Dekoruma jual sprei, kasur, selimut, dan lampu tidur. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!