Membangun rumah menjadi impian semua orang. Terlebih jika kamu sudah memiliki sebidang tanah, pastinya pembangunan rumah menjadi hal yang paling diinginkan karena menjadi tahapan akhir dalam rangka menciptakan hunian idaman.

Buat kamu yang punya bujet terbatas dan berencana melakukan pembangunan rumah, Kania punya tips untuk menyusun strategi sehingga proses pembangunan rumah bisa berjalan secara maksimal dan efisien. Buat kamu yang penasaran, simak artikel di bawah ini, yuk!

Buat Perencanaan Pembangunan Rumah

shutterstock.com

Strategi pembangunan rumah pertama adalah membuat perencanaan secara jelas dan rinci terkait dana maksimal yang dimiliki, ukuran bangunan, bentuk rumah dan tenggat waktu pembangunan rumah. Dengan demikian, kamu pun bisa menghindari penyimpangan dana dan rencana tambahan saat eksekusi pembangunan rumah.

Lakukan Pembangunan Rumah pada Waktu yang Tepat

dofo.org

Kapan kamu akan memulai pembangunan rumah merupakan hal yang perlu kamu pertimbangkan karena kemungkinan adanya pengeluaran tambahan pada kondisi tertentu.

Perlu kamu ketahui, memulai pembangunan rumah saat masuk ke musim hujan sangat kurang tepat karena dapat mengganggu proses penggalian fondasi. Hal ini tentu akan memperpanjang masa konstruksi dan menambah biaya. Selain itu, hindari juga proses pembangunan rumah saat mendekati hari raya seperti Lebaran karena terdapat kemungkinan proyek akan dihentikan sementara mengingat para pekerja lapangan akan melakukan mudik.

Tentukan Desain dalam Pembangunan Rumah

shutterstock.com

Desain bangunan dapat mempengaruhi bujet material dan durasi pengerjaan pembangunan rumah. Jika uangmu terbatas, maka kamu bisa memilih konsep hunian minimalis agar dapat meningkatkan efisiensi proses pembangunan rumah. Alternatif lainnya, kamu juga bisa melakukan pembangunan rumah dengan bentuk persegi atau persegi panjang yang cenderung lebih mudah untuk diaplikasikan dan menekan pengeluaran.

Lakukan Perbandingan antara Harga Bahan Bangunan

ewgraniteandmarble.com

Semakin hari, harga material untuk pembangunan rumah semakin tak ramah di kantong. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk melakukan perbandingan harga bahan bangunan di beberapa toko-toko bahan bangunan yang ada di sekitar hunianmu.  Dengan begitu, kamu bisa memilih bahan bangunan berkualitas dengan harga termurah untuk menghemat anggaran.

Menentukan Jumlah Ruangan di Hunian

shutterstock.com

Selain desain, penentuan jumlah ruangan di hunian juga harus dilakukan sejak awal. Perlu diketahui, hunian dengan banyak ruangan akan memakan bujet lebih tinggi karena memerlukan bahan bangunan yang lebih banyak dan proses yang lebih panjang. Sebagai alternatif, kamu bisa membuat ruangan terbuka yang multifungsi sehingga menghemat bahan bangunan.

Cermat Memilih Pekerja Lapangan

shutterstock.com

Agar proses pelaksanaan berlangsung dengan lancar, kamu pun dituntut untuk cermat dalam memilih tukang atau pekerja lapangan. Pastikan kamu merekrut tukang yang benar-benar ahli dan memiliki reputasi baik sehingga tidak mengganggu pelaksanaan proyek pembangunan rumah.

Untuk menekan bujet, kamu pun bisa memilih pekerja lapangan dengan sistem borongan sehingga dapat memprediksi total biaya yang akan dikeluarkan. Namun pastikan, cek kinerja para tukang secara rutin supaya proses eksekusi tidak dilakukan dengan terburu-buru, serta tetap mengutamakan kualitas rumah yang dibangun.

Pembangunan Rumah secara Bertahap

shutterstock.com

Jika bujet yang kamu miliki dirasa belum cukup, bukan berarti kamu harus menunda rencana pembangunan rumah. Kamu dapat melakukan pembangunan rumah secara bertahap dengan alur pembuatan fondasi, pendirian bangunan, instalasi atap, hingga finishing. Meskipun budget keseluruhan belum mencukupi, hal ini bisa kamu lakukan untuk menghadapi harga material yang terus mengalami kenaikan dan meminimalisir adanya material yang tidak terpakai dan terbuang.

Walaupun memiliki rumah impian akan memakan biaya yang besar, Kania berharap ketujuh strategi ini dapat membantumu agar anggaran pembangunan rumah bisa dimaksimalkan dan terhindar dari pemborosan.

Kalau rumahmu sudah selesai dibangun, jangan lupa lengkapi dengan aneka perabotan dan furnitur sesuai kebutuhanmu, ya! Tidak perlu khawatir, kamu bisa menemukan aneka furnitur berkualitas dengan harga terjangkau di toko furniture online Indonesia, Dekoruma. Model dan ukurannya pun sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan keperluanmu.

Selain furnitur, Dekoruma juga menyediakan kasur beragam jenis dari ragam merek ternama untuk menemanimu tidur. Beberapa di antaranya adalah spring bed The Luxe, King Koil, dan Comforta. Ada juga berbagai peralatan makan dan minum. Dekoruma jual cangkir, piring, sendok, dan gelas. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!