Salah satu kegiatan yang paling ditunggu saat kumpul-kumpul keluarga atau teman adalah pesta BBQ di luar ruangan. Kalau kamu hanya sesekali melangsungkan pesta BBQ, menggunakan pemanggang portable akan lebih efisien. Tapi untuk kamu yang sering melakukannya, akan lebih seru kalau punya dapur outdoor permanen di halaman belakang!

Tertarik untuk membuat dapur outdoor tersebut? Yuk, simak beberapa inspirasi desainnya berikut ini!

1. Dapur outdoor di sepanjang lorong

casf.com.au

Pertama-tama, ada dapur outdoor yang dibangun di sepanjang lorong samping rumah. Manfaatkan dinding luar bangunan rumah sebagai tempat bersandar lemari dapur dan area kerja saat memasak.

Tampilannya minimalis sekaligus modern karena didominasi dengan warna putih dan furnitur dengan permukaan mengkilap. Kitchen island-nya sangat sederhana karena terdiri dari bak cuci piring dan alat pemanggang. Di sudut lorong ada meja makan yang bisa menampung banyak orang.

2. Dapur outdoor ala kedai

homebnc.com

Dapur outdoor berikutnya memiliki nuansa ala kedai. Bagian utama dapurnya berada di bagian dalam rumah. Namun, dapur tersebut dilengkapi dengan jendela besar yang menghubungkan meja yang dipasang di luar jendela.

Tinggal letakkan kursi dan lengkap sudah setting dapur. Desain dapuroutdoor yang seperti ini cukup efisien karena tidak membutuhkan banyak ruang di rumah. Anggota keluarga pun bisa sesekali menikmati makanan dengan nuansa yang lebih sejuk di luar ruangan.

3. Dapur outdoor ala Mediterania

pulehupizza.com

Desain dapur outdoor lainnya yang akan Kania bahas ini memiliki gaya Mediterania. Dinding backsplash-nya dibuat dari batu alam yang sudah diberi coating. Kitchen island berwarna hitam membuat dapur outdoor ini terlihat lebih modern. Kehadiran cooker hood akan membuat waktu memasak menjadi lebih menyenangkan karena asap saat memasak langsung terhisap olehnya.

4. Dapur outdoor ala rumah gaya pantai

housebeautiful.com

Desain berikutnya bisa dibilang semi-outdoor. Keunggulan memilih desain dapur outdoor seperti ini adalah kamu bisa memasak dan menikmati makanan tanpa takut kepanasan, serta ketika hujan turun pun kamu tetap bisa melanjutkan acara makan-makan. Tapi ada suasana yang alami karena kamu mendapatkan hembusan angin sepoi. Dapur outdoor yang satu ini didominasi dengan material kayu berwarna putih sehingga tampilannya terlihat minimalis ala rumah gaya pantai.

5. Dapur outdoor ala pedesaan

gardenista.com

Ada beberapa orang yang lebih suka BBQ dibakar menggunakan kayu bakar. Konon aroma dan dagingnya akan menjadi lebih nikmat. Kalau kamu termasuk salah satu dari mereka, dapur outdoor ala pedesaan ini perlu dicoba. Semua material untuk membangun dapur ini menggunakan kayu. Alat pemanggangnya pun tradisional, yaitu tungku dengan bahan bakar kayu. Lengkap dengan meja makan kayu, dapur outdoor ala pedesaan ini pun bisa menampung banyak tamu.

6. Dapur outdoor bergaya modern minimalis

imhom.com

Berikutnya, ada dapur outdoor bergaya modern minimalis dengan tema monokrom yang diberi pembatas berupa pintu kaca berukuran besar. Ketika ingin mengadakan pesta BBQ atau acara makan-makan, kamu cukup membuka pintu kaca tersebut kemudian para tamu bisa bebas berkeliaran dan menikmati makanan yang masih hangat.

7. Dapur outdoor penuh kehangatan

huaigugu.info

Saat berkumpul dengan anggota keluarga atau pun teman-teman, suasana yang ingin dibangun adalah hangat dan akrab. Namun, keterbatasan ruang seringkali menghalangi para tamu untuk menikmati acara dengan nyaman. Itulah alasan mengapa Kania memberikan inspirasi dapur outdoor yang didominasi material kayu seperti ini.

Konstruksi dapur di meja beroda tidak hanya mampu mengakomodasi keterbatasan ruang, tentu juga mempercepat kamu dalam merapikan dan membersihkan rumah seusai acara. Dengan hanya menaruh alat dapur yang dibutuhkan, dapur kecil ini tentu sangat berguna.

Apakah kamu sudah mendapatkan ide mau membuat dapur outdoor yang seperti apa? Namun, apa pun pilihanmu yang penting semua orang bisa menikmati makanan dengan nyaman dan aman, ya!

Pastikan juga semua peralatan dapurmu sudah lengkap supaya kegiatan memasak jadi lancar. Kalau kamu bingung mencari peralatan dapur yang tepat, kamu bisa menemukannya di Dekoruma. Dekoruma jual cetakan, panci, oven, hingga kompor.

Psst.. Dekoruma juga menyediakan jasa pembuatan kitchen set untuk di berbagai daerah di Indonesia, lho! Mulai dari pembuatan kitchen set Surabaya, Jakarta, Tangerang, Depok, Bandung, hingga Medan. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!