Hari Nyepi telah datang untuk memperingati Tahun Baru Saka. Para umat Hindu akan berdiam diri di dalam rumah mereka masing-masing dan tidak melakukan kesibukan seperti biasanya, seperti bekerja, mendengarkan atau menonton hiburan lewat media apapun, bepergian, hingga kegiatan apapun yang membutuhkan api di dalamnya.

Sembari berdiam diri dalam rumah, kamu bisa melakukan meditasi, lho. Bertujuan untuk menjernihkan pikiran dan meningkatkan stabilitas dalam dirimu, ada banyak ragam bentuk meditasi yang bisa kamu coba. Manfaatnya pun juga banyak. Nah, apa saja manfaatnya?

Mengurangi stres

shutterstock.com

Stres bisa dipicu oleh banyak hal, seperti pekerjaan, masalah keluarga, hingga pertemanan. Jika hal ini terjadi, hormon cortisol dalam tubuh akan meningkat dan bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu. Kamu akan sulit tidur, merasa gelisah setiap saat, hingga mengalami masalah kesehatan seperti darah tinggi dan pusing sehingga sulit untuk bekerja lebih produktif.

Saat meditasi, kamu akan melepaskan diri dari pemicu stres dan dijauhkan dari hal-hal di atas. Meditasi bisa mengurangi stres sehingga hormon cortisol pun akan berkurang dan kamu bisa beraktivitas dengan pikiran yang lebih jernih.

Lebih mudah tidur

shutterstock.com

Sulit tidur atau insomnia merupakan hal yang sering terjadi. Insomnia juga bisa disebabkan oleh stres yang berkepanjangan hingga memikirkan rangkaian masalah yang tiada ujungnya. Pada akhirnya, kamu akan kekurangan waktu untuk beristirahat dan kondisi tubuh pun jadi kurang sehat.

Untuk menyelesaikan sengsara ini, lakukanlah meditasi secara rutin. Meditasi mampu merilekskan otot dan saraf dalam tubuh. Selain itu, pikiran juga lebih tenang dan tidak mudah bercabang memikirkan hal lain saat waktu istirahat datang. Terakhir, meditasi membuatmu tidur lebih awal dan jauh lebih nyenyak ditemani dengan penerangan redup sehingga esoknya kamu bisa bangun dengan tubuh yang segar dan bugar.

Memperbaiki pola pikir mengenai diri sendiri

shutterstock.com

Sebelum kamu mengenal orang lain lebih dalam, kamu juga harus mengenal dirimu sendiri dan ini bisa dilakukan lewat meditasi. Melalui kegiatan ini, kamu bisa memahami diri sendiri lebih dalam sehingga proses pendewasaan pun menjadi lebih lancar. Meditasi dapat menumbuhkan perasaan cinta terhadap diri sendiri, membuatmu lebih percaya diri dan berdampak pada pola pikirmu. Cara pandangmu mengenai hal-hal yang terjadi dalam hidup ini pun lebih positif, menangkal pesimis dalam dirimu.

Menurunkan tekanan darah

shutterstock.com

Seperti yang diketahui, tekanan darah yang tinggi bisa memicu pada ketegangan saraf hingga penyakit jantung. Berguna untuk menurunkan tekanan darah, meditasi dengan rutin membantu jantung tidak bekerja terlalu berat dan pasokan oksigen dalam tubuh pun menjadi lebih lancar. Berguna untuk merilekskan otot dan saraf, meditasi tentu akan menyehatkan tubuh dan menjauhkanmu dari serangan jantung.

Tidak pelupa

shutterstock.com

Semakin bertambahnya usia, potensi manusia untuk lupa akan semakin besar. Kamu akan sering lupa terhadap hal-hal kecil seperti lokasi kunci rumah, kegiatan yang perlu kamu lakukan, atau masakan apa yang perlu disiapkan. Cegah hal ini dengan meditasi. Saat kamu melakukannya secara rutin, kamu akan merasakan peningkatan fokus dan daya ingat yang lebih tinggi.

Saat fokus meningkat, produktivitas pun akan ikut meningkat. Keuntungannya adalah kamu bisa melakukan beberapa hal dalam satu waktu, khususnya saat bekerja. Tentu hal ini akan lebih memudahkanmu dalam menyelesaikan serangkaian tugas yang menumpuk.

Gaya hidup yang lebih sehat

shutterstock.com

Saat kamu rutin meditasi, gaya hidup sehat akan mengikuti. Selain cocok untuk membantu berhenti merokok dan minum alkohol, meditasi akan membuatmu lebih menghargai kesehatan diri sendiri. Dimulai dengan makan makanan yang lebih sehat, seperti mengonsumsi sayuran, tubuhmu tentu akan makin kuat dan pastinya jauh dari penyakit jika kamu mulai menjaga kesehatan rohanimu dengan meditasi.

Setelah melihat enam manfaat di atas, apakah kamu ingin mulai melakukan meditasi? Tak hanya di Hari Nyepi saja, meditasi sebaiknya dilakukan setiap hari selama 5-10 menit. Luangkan waktu di rumah ataupun di sela-sela kesibukan kantor untuk meditas. Dijamin, kamu akan merasa lebih damai dan bugar baik dari sisi jasmani maupun rohani.

Temukan beragam dekorasi dan furnitur untuk hunianmu di Dekoruma! Tak hanya itu, kamu bisa menemukan aneka alat masak. Dekoruma jual cetakan kue, microwave, kompor, dan panci.

Untuk kebutuhan tidur, tersedia aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual kasur The Luxe, King Koil, Lady Americana, dan Comforta. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!