Keberadaan sabun mandi memang penting untuk membersihkan tubuh setelah seharian beraktivitas. Ada dua jenis sabun, cair dan batang. Sabun mandi cair lebih sering digunakan karena mudah dipindahkan ke tempat lain dan lebih praktis. Tapi, apakah kamu tahu bahwa sabun mandi, khususnya sabun batang, punya banyak kegunaan lain?

Selain untuk mengusir kuman dari tubuh, sabun batang mampu menyelesaikan ragam masalah di rumah. Apa saja kegunaan sabun mandi batang? Yuk, kita intip bersama! Kania yakin setelah kamu membaca enam manfaatnya, kamu akan menyediakan sabun batang di rumah.

1. Memperbaiki ritsleting yang macet

shutterstock.com

Ritsleting yang macet memang membuat kesal. Tak hanya ritsleting celana atau dress, ritsleting yang ada di wadah penyimpanan pun akan membuat diri kita jengkel jika macet dan tidak bisa ditutup. Untuk mengatasinya, kamu tidak perlu memaksakan ritsleting untuk menutup secara penuh. Cukup dengan menggosokkan sabun batang dalam kondisi kering di risleting. Voila! Ritsleting pun kembali lancar dan kamu bisa menggunakan pakaian dan wadah seperti sediakala.

2. Memperbaiki laci dan pintu geser yang macet

shutterstock.com

Laci dan pintu geser yang macet suka menimbulkan suara yang memekakkan telinga. Selain itu, kamu juga akan kesulitan membuka laci atau menggeser pintu. Cara mengatasinya adalah gunakan sabun batang dan gosok di bagian jalan roda laci atau pintu. Sabun mandi mampu melicinkan jalan roda tersebut sehingga roda bisa berjalan dengan lancar.

3. Sebagai pengharum ruangan

shutterstock.com

Saat pengharum ruangan habis, kamu bisa menggunakan sabun mandi sebagai pengharum ruangan sementara. Pilihlah aroma sabun mandi batang sesuai dengan seleramu dan letakkan di bagian-bagian yang membutuhkan aroma segar, seperti di lemari, laci, koper, hingga mobil. Gunakan kain tipis atau kertas khusus untuk membungkus sabun mandi supaya lebih rapi, lalu gantung di posisi yang strategis, terpapar dengan angin.

4. Mencegah embun pada cermin kamar mandi

shutterstock.com

Saat kamu mandi menggunakan air hangat, kamu akan melihat cermin menjadi penuh embun. Hal ini dikarenakan uap yang dihasilkan air hangat menutupi cermin. Bagi beberapa orang, cermin berembun sangat menjengkelkan karena menghalangi mereka untuk berdandan, cuci muka, atau menyikat gigi.

Dengan menggunakan sabun mandi, masalah ini akan hilang. Saat cermin dalam keadaan kering, gosokkan sabun mandi batang di permukaan cermin. Sabun mandi juga harus dalam keadaan kering. Nah, setelah kamu mandi menggunakan air hangat, kamu akan melihat cermin tidak berembun lagi. Berdandan pun jadi lebih menyenangkan!

5. Sebagai bantal jarum

shutterstock.com

Biasanya, jarum pentul ditancapkan di bantal kecil supaya lebih aman. Namun, menggunakan bantal jarum dari sabun mandi batang justru memberikan manfaat lebih, lho! Selain tetap menjaga jarum tidak berceceran dan membahayakan orang lain, tekstur sabun yang licin bisa memudahkanmu mengambil jarum. Jarum pentul juga lebih mudah diaplikasikan di kain yang sedang kamu jahit.

Kamu cukup membungkus sabun batang dengan kain. Nah, karena ukuran sabun batang yang kecil, mudah bagi kamu untuk menyimpannya di wadah yang lebih besar sehingga ruangan jahit jadi lebih rapi.

6. Mencegah kotoran masuk ke sela-sela kuku

shutterstock.com

Merawat kebun di belakang rumah memang menyenangkan. Namun, kamu harus bekerja ekstra saat membersihkan tanah dan kotoran yang menyelip di sela-sela kukumu. Untuk mengatasi hal ini, gunakan sabun batang.

Sebelum pergi ke kebun belakang rumah, tekan kuku-kuku jarimu di permukaan sabun. Biarkan sabun menyelip di sela-sela kuku. Hal ini akan mencegah kotoran masuk ke sela-sela kuku sehingga kamu akan lebih mudah membersihkannya usai merawat kebun.

Keren, bukan? Tak disangka, sabun mandi batang punya banyak manfaat di samping membersihkan tubuh saat mandi, ya! Yuk, sediakan sabun mandi batang di rumah untuk mengatasi masalah-masalah di atas!

Temukan ragam furnitur dan dekorasi rumah dengan harga bersahabat hanya di Dekoruma! Selain jual furnitur, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual kasur Serta, King Koil, Lady Americana, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!