Yang namanya rumah kediaman, setiap sudut pasti harus memberikan keamanan bagi anggota keluarga. Namun kenyataannya, ruangan tertentu sering membuat was-was karena berpotensi membuat penghuni tergelincir dan terjatuh. Ruang kamar mandi dan keramik lantai dapur adalah salah satu contohnya.

homestratosphere.com

Menurut para profesional khusus jasa pembersihan rumah, salah satu alasan mengapa keramik lantai dapur licin dan rentan kecelakaan adalah karena cara pembersihan yang salah. Keramik lantai dapur yang tidak dibersihkan dengan benar atau jarang mendapat perhatian menjadi sebab mengapa orang jadi mudah tergelincir dan jatuh.

Banyak sekali resiko jatuh akibat keramik lantai dapur yang licin bisa diatasi dengan hanya membersihkan dengan pembersih yang tepat, alat atau perangkat pembersih yang benar dan beberapa perlengkapan. Kecelakaan akibat keramik lantai dapur licin pun tidak akan terjadi lagi.

Mau solusi keramik lantai dapur bebas licin dan bikin aman? Yuk, baca dulu seputar keramik lantai dapur berikut ini!

Pembersihan Rutin dan Saat Diperlukan

cleaning.lovetoknow.com

Cara terbaik untuk memastikan agar keramik lantai dapur tidak licin adalah dengan membersihkan secara teratur. Ini bisa melenyapkan minyak dan kontaminan keramik lantai dapur yang membuatnya licin.

Usahakan agar kamu selalu membersihkan lantai dapur saat ada makanan jatuh atau terkena noda. Dapur merupakan area rumah yang sering dikunjungi oleh semua anggota keluarga. Kamu pun harus selalu siap siaga untuk membersihkan lantai dapur agar dapur menjadi aman.

Pakai Produk Pembersih Tepat

shutterstock.com

Ada banyak tersedia produk pembersih keramik lantai dapur yang di pasaran dan bisa kalian cocokkan sesuai jenis dan kebutuhan yang ada. Jika tidak, maka residu akan tertinggal di  keramik lantai dapur yang nantinya membuat potensi tergelincir. Pastikan saat memilih produk pembersih keramik lantai dapur sudah ada keterangan antiselip atau slip resistant. 

Selain itu, pastikan kalian memilih pembersih keramik lantai dapur yang berkualitas baik. Walaupun harganya mungkin lebih mahal dibandingkan dengan produk lain, tetapi ini akan jadi strategi yang tepat untuk mencegah kecelakaan yang berbahaya.

Untuk cairan pembersih alami keramik lantai dapur, kamu bisa menggunakan campuran cuka dengan air hangat yang bisa ditambahkan dengan beberapa tetes minyak esensial dengan aroma favorit kalian, seperti lavender, peppermint, pohon gaharu, atau jeruk. Lantai keramik dapur jadi bersih kesat bebas licin, plus wangi yang bikin betah seharian.

Pastikan Kondisi Lantai Kering

shutterstock.com

Setelah mengepel atau mengelap keramik lantai dapur, pastikan untuk membiarkannya kering atau mengeringkannya dengan lap kering untuk mencegah licin atau tergelincir. Begitu juga halnya jika terjadi kejatuhan air baik dalam jumlah besar atau sedikit, langsung lap keramik lantai dapur dengan lap kering dan kibas-kibaskan untuk mempercepat proses pengeringan.

Alat Pembersih Yang Ideal

colibri.club

Selain cara membersihkan keramik lantai dapur yang tepat dan juga menggunakan pembersih lantai keramik dapur yang benar, pastikan juga alat pembersihnya sudah ideal.

Saat membersihkan keramik lantai dapur, gunakan alat lap dan ember khusus, yang artinya tidak bercampur dengan pembersih ruangan lain di rumah. Pastikan alat lap seperti kain pel selalu dibersihkan dengan tuntas setiap kali digunakan, supaya tidak tersisa residu minyak untuk sesi pembersihan selanjutnya.

Ember untuk menampung air juga harus turut dibersihkan dengan seksama. Pastikan juga untuk mengganti alat lap khusus keramik lantai dapur ini secara berkala.

Perhatikan Titik-Titik Rawan

foodandspiritprofessional.com

Umumnya, tidak semua keramik lantai dapur akan rentan licin, hanya beberapa titik-titik rawan yang butuh diberikan perlindungan tambahan berupa keset antislip seperti inspirasi di atas. Titik-titik rawan yang perlu kamu perhatikan adalah di areal dekat wastafel atau bak cuci piring, di depan kulkas, di pintu keluar masuk dan di dekat areal galon atau tempat penampungan air minum dapur.

Tentunya keramik lantai dapur perlu diperhatikan dan dirawat agar jika sudah rusak, langsung diganti. Kania sarankan agar menjaga kondisi keramik dengan membersihkan dan merawatnya demi dapur yang aman bagi semua anggota keluarga.

Temukan ragam dekorasi dan furnitur rumah dengan harga bersahabat hanya di Dekoruma! Dekoruma jual rak buku, sofa, lemari, dan kursi lesehan dengan model serta ukuran yang bervariasi.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual kasur Serta, King Koil, Lady Americana, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!