Kehadiran tanaman kerap menjadi pelengkap dekorasi pada rumah sekaligus pemanis ruangan. Jenis tanaman apa yang jadi pilihan favorit kamu untuk menghiasi hunian? Mawar merah yang cantik atau lavender yang mampu memberikan aroma wangi pada ruangan? Terlepas dari pilihan jenis tanaman, tahukah kamu bila berbagai tanaman tersebut bisa ditanam secara organik?

Kini tanaman organik mulai diminati sebagai pengganti tipe penanaman anorganik yang memang lebih umum ditemui di pasaran. Namun, apa itu tanaman organik? Mengapa kamu perlu mempertimbangkan untuk mengganti sistem penanaman di rumahmu agar dapat berkebun tanaman organik?

shutterstock.com

Secara sederhana, tanaman organik adalah tanaman yang diproduksi tanpa bahan-bahan non-sintetis atau bahan kimia. Pada keseharian, bahan non-sintetis dan kimia yang kerap digunakan dalam menanam meliputi pupuk, pestisida, dan juga berbagai obat-obatan tanam.

Jadi, saat berbicara mengenai tanaman organik, sangat erat kaitannnya dengan proses menanam. Memilih untuk menanam secara organik di rumah artinya kamu juga harus melakukan proses pertanian organik dalam merawat tanaman tersebut seperti dengan menggunakan pupuk alami (seperti pupuk kompos) dan menghindari penggunaan bahan-bahan kimia seperti pestisida dan sejenisnya.

Walaupun terkesan perlu banyak persiapan, tentu menanam tanaman organik di rumah mempunyai banyak manfaat. Berikut beberapa diantaranya:

1. Lebih Ramah Lingkungan

shutterstock.com

Salah satu keunggulan utama dari tanaman organik adalah sifatnya yang lebih ramah lingkungan. Tanpa adanya penggunaan bahan-bahan kimia, proses menanam tanaman organik tidak akan mencemari tanah, air, dan juga udara. Lingkungan taman organik pun akan semakin membaik dan membawa kesuburan bagi tanaman di sekelilingnya. Rumah pun akan menjadi lebih sehat setelah kualitas tanah, air, dan udara kian membaik.

2. Menjaga Kualitas Tanah di Taman Rumah

shutterstock.com

Masih sedikit terkait dengan poin sebelumnya, jika kamu menanam tanaman organik di taman dengan media tanah langsung, proses penanaman akan menjaga kualitas dari tanah. Penggunaan bahan alami pada tanaman organik seperti pupuk kompos akan membantu perkembangan mikroorganisme yang berfungsi untuk menyuburkan tanah sehingga zat-zat hara alami di tanah tetap terjaga. Di samping itu, bahan-bahan kimia pada penanaman anorganik bisa mencemari tanah dan penggunaan yang terus-menerus bahkan bisa merusak tanah sehingga membuatnya tak lagi subur.

3. Kualitas Tanaman Organik yang Lebih Baik

shutterstock.com

Salah satu alasan mengapa tanaman organik kini sangat diminati adalah kualitas hasil perkebunan yang lebih baik. Pada sayur dan buah-buahan, tanaman organik mampu menghasilkan hasil pertanian yang lebih segar, sehat, dan tahan lama. Pada beberapa kasus, sayur dan buah yang dihasilkan dari pertanian organik bahkan memiliki ukuran dan bobot yang lebih baik.

Pada tanaman hias, penggunaan pupuk-pupuk organik membantu tanaman organik memiliki akar dan batang tanaman yang lebih kokoh sehingga tanaman hias akan lebih kuat dan tahan terhadap beberapa jenis penyakit tanaman.

4. Hemat Biaya

pixabay.com

Meskipun terdengar lebih merepotkan, proses menanam tanaman secara organik mampu menekan biaya perawatan tanaman, lho. Harga pupuk organik cenderung lebih murah dan bahkan bisa kamu buat sendiri dari sisa sampah rumah tangga.  Dengan sisa-sisa makanan dan sayur, kamu sudah bisa menciptakan pupuk kompos untuk menyuburkan tanaman organik milikmu.

5. Rumah yang Lebih Segar dan Sejuk

eilo-eu.com

Seperti layaknya tanaman hias pada umumnya, keberadaan tanaman organik di rumah mampu memberikan kualitas hunian yang lebih baik dengan suasana yang lebih sejuk dan udara yang lebih segar. Tentu tanpa adanya polusi udara dari bahan kimia yang biasa muncul jika tanaman dirawat secara konvensional.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu perlu memiliki tanaman organik di rumahmu. Tertarik mengganti caramu berkebun guna akomodasi tanaman organik untuk menghiasi taman atau sudut rumahmu?

Sedang mencari furnitur baru untuk huninamu? Daripada pergi ke toko fisik, lebih baik kamu beli saja di toko yang jual furniture online Indonesia, apa lagi kalau bukan Dekoruma! Selain furnitur, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual spring bed Lady Americana, King Koil, Guhdo, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!