Koridor merupakan area yang difungsikan sebagai akses penghubung antar ruangan di hunian. Meskipun memberikan peranan penting, namun seringkali penghuni rumah mengabaikan penampilan koridor dan hanya menambahkan elemen dekorasi ala kadarnya.

Sebaiknya, penampilan koridor dibuat menarik supaya sedap dipandang. Terlebih untuk koridor yang ditempatkan di area sentral seperti jalur penghubung antara ruang tamu dan pintu masuk yang tentunya memberikan kesan tertentu pada tamu yang berkunjung.

Melalui artikel ini, Kania akan membagikan ide dekorasi untuk memaksimalkan tampilan koridor di hunian kamu. Mau tahu apa saja? Mari kita simak artikel ini bersama-sama!

Dekorasi Panel Kayu

home-designing.com

Untuk mengisi dinding polos di koridor hunianmu, kamu bisa memasang dekorasi yang terbuat dari panel kayu. Selain memerlukan bujet yang sangat ekonomis, tekstur dan warna alami panel kayu siap membuat penampilan dinding menjadi lebih atraktif. Salah satunya seperti inspirasi dekor panel kayu geometris di atas yang siap memberikan tampilan unik namun tetap bergaya di koridor hunianmu.

Lapisi Lantai dengan Karpet

digsdigs.com

Selain menambahkan elemen dekor pada dinding koridor, kamu juga bisa melapisi lantai menggunakan karpet. Saran dari Kania, pilihlah karpet yang memiliki ukuran lebar sekitar 80% dari lebar koridor sehingga tidak menimbulkan kesan sempit. Selain itu, pilih juga karpet dengan motif yang sesuai dengan konsep interior hunian secara keseluruhan agar lebih serasi.

Pajang Koleksi Foto

billielourd.org

Ingin memamerkan kenangan indah bersama keluarga tersayang dalam bentuk foto? Salah satu caranya, kamu bisa memasang koleksi foto sebagai hiasan dinding dan membuat siapapun yang melewati koridor hunianmu bisa melihat momen indah yang terpampang di dalam foto-foto tersebut. Saat memasang foto, pastikan kamu memilih desain bingkai yang tepat agar serasi dengan dinding maupun konsep interior.

Fungsikan sebagai Perpustakaan Mini

pinterest.com

Untuk kamu yang memiliki banyak koleksi buku, saatnya memanfaatkan koridor rumah untuk difungsikan sebagai perpustakaan mini. Ya, kamu bisa menyimpan koleksi buku dengan memanfaatkan rak kayu yang dibuat secara custom dan ditanam permanen pada dinding sehingga lebih solid.

Dekorasi dengan Lukisan

paintingvalley.com

Selain foto, kamu juga bisa menempelkan koleksi lukisan di dinding koridor. Melalui pemasangan dekorasi lukisan tersebut, koridor hunianmu akan terkesan mewah dengan cita rasa seni yang tinggi. Adapun pilihan lukisan yang bisa kamu pilih, seperti lukisan pemandangan, abstrak, hingga lukisan kaligrafi Arab. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lampu sorot di bagian atas lukisan sehingga memberikan kesan layaknya sebuah galeri seni.

Pasang Lampu Gantung Unik

idealhome.co.uk

Pencahayaan di koridor juga wajib dimaksimalkan agar tak terkesan gelap dan pengap. Untuk mengubah kesan tersebut, kamu bisa menambahkan point of interest berupa lampu gantung yang sekaligus dapat membuat penampilan koridor menjadi lebih hidup, ceria, serta dramatis.

Letakkan Tanaman Hias

bestdecorhub.com

Jika koridor di hunianmu memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang baik, kamu bisa memaksimalkan space tersebut dengan menambahkan tanaman hias. Tentu saja, penempatan pot dengan tanaman hias ini akan membuat tampilan hunian menjadi lebih seimbang, sehat dan estetik.

Ketujuh cara di atas bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan penampilan koridor sehingga lebih hidup dan jauh dari kesan monoton. Sekarang, siapkah kamu menghias koridor supaya tampilannya lebih menarik? Semoga inspirasi-inspirasi yang telah Kania berikan dapat membantumu menghiasi koridor.

Sedang mencari kasur baru untuk kamar tidurmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis kasur dari beragam merek ternama, seperti kasur Serta, King Koil, Comforta, dan Guhdo.

Selain kasur, Dekoruma juga jual Claris, yaitu merek terkenal yang menyediakan berbagai produk kebutuhan rumah tangga, mulai dari keranjang, cermin, talenan, hingga tempat beras. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari semua keperluan rumahmu di Dekoruma!