Ampelas atau kertas pasir adalah sejenis kertas atau kain kasar yang difungsikan untuk menghaluskan berbagai benda. Memiliki permukaan dengan butiran pasir kasar, ampelas dapat dipakai untuk menggosok permukaan yang tidak rata pada furniture minimalis maupun elemen interior hunian sehingga halus dan memudahkan proses finishing.

Tak sekadar menghaluskan kayu, ampelas juga bisa difungsikan untuk menghaluskan berbagai benda atau bahan lain yang ada di hunian, lho! Lantas, apa saja sih manfaat dari penggunaan ampelas? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Memadatkan Pori Kayu

woodworkerssource.com

Selain membuat permukaan kayu menjadi halus, ampelas juga bisa dipakai untuk memadatkan pori-pori kayu yang sulit diisi dengan dempul dan filler. Setelah filler dan dempul diaplikasikan pada permukaan kayu, mengampelas permukaan kayu akan menekan filler dan dempul sehingga pori-pori kayu menjadi lebih padat dan kekuatannya menjadi lebih prima. Proses pengolahan kayu menjadi berbagai macam benda pun menjadi lebih mudah.

Hilangkan Karat Besi

alamy.com

Kamu juga bisa menggunakan ampelas untuk menghilangkan karat pada besi dan logam. Pilihlah ampelas khusus besi yang terbuat dari bahan silicon carbide, kemudian pilih nomor ampelas yang akan digunakan di mana semakin kecil nomor ampelas memiliki permukaan yang makin kasar sehingga mempengaruhi hasil penggosokan yang semakin halus.

Haluskan Permukaan Tembok

shutterstock.com

Sebelum kamu mengecat tembok hunian, kamu pun bisa mengampelas acian atau semen pada tembok supaya permukaannya lebih halus dan memudahkan proses pengecatan. Pertama-tama, gunakan ampelas dengan tingkat kekasaran sedang nomor 120 – 160 untuk menghilangkan butiran sisa semen dan pasir. Setelah itu, bersihkan permukaan tembok dari debu yang tersisa menggunakan air. Setelah tembok kering, kamu bisa memulai pengecatan dengan warna dasar dan dilanjutkan dengan warna cat sesuai keinginan dan konsep hunian.

Hilangkan Baret Mobil

wired.com

Mobil kesayanganmu baret karena terserempet kendaraan lain atau terkena pohon? Jika baret pada bodi mobil terlalu dalam dan tidak hilang meskipun sudah dipoles cairan khusus, kamu bisa menghilangkan baret tersebut menggunakan ampelas. Supaya lebih aman dan tidak merusak lapisan pernis, silahkan gunakan ampelas ukuran 4.000. Sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah membersihkan permukaan bodi mobil dari kotoran dan debu yang menempel, lalu ampelaslah bodi mobil yang baret mengikuti arah baret.

Bersihkan Sisa Lem

shutterstock.com

Pipa air atau permukaan akuarium ikan di rumahmu bocor? Tentu menjadi solusi mudah bagi kamu untuk menggunakan lem untuk menghubungkan kaca maupun pipa yang mengalami kebocoran tersebut. Namun, sisa lem yang menyebar pada benda tersebut harus kamu hilangkan menggunakan ampelas, terlebih pada pipa paralon karena bisa mengganggu proses penyambungan dan membuat kotoran tersumbat.

Kilapkan Batu Akik

google.com

Batu akik yang biasa digunakan pada perhiasan seperti cincin juga tampilannya bisa semakin mengkilap dengan diampelas. Untuk mengkilapkan batu akik tersebut, kamu bisa memulainya dengan memakai ampelas nomor 240 untuk menghilangkan sisa lekukan akibat proses pembentukan batu, dilanjutkan dengan ampelas 600 untuk menghilangkan pori-pori batu akik, lalu memakai ampelas nomor 1.200 hingga 1.500 untuk membuat permukaan batu akik semakin halus.

Walaupun dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, selalu pilih jenis ampelas yang sesuai untuk menghaluskan material benda sehingga pemakaiannya tidak boros dan lebih efisien. Jangan lupa untuk memilih ukuran ampelas yang sesuai dengan besaran benda sehingga pengerjaannya menjadi lebih cepat!  

Kamu sedang mencari kasur baru? Dekoruma sedia ragam jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama, lho! Dekoruma jual Guhdo, Comforta, King Koil, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua keperluan rumahmu bersama Dekoruma!