Mengetahui dan Menentukan Ukuran Tempat Tidur dengan Tepat

Berbicara soal kasur atau tempat tidur, mungkin kamu sudah sering mendengar beberapa istilah ukuran kasur pada umumnya. Namun, kamu juga harus memahami arti istilah-istilah tersebut, baik untuk mengukur jenis kasur spring bed maupun kasur busa. Pasalnya, manusia menghabiskan hampir sepertiga hidupnya untuk tidur, lho! Tentu kamu perlu mengetahui ukuran tempat tidur sendiri, mulai dari panjang dan lebar matras hingga istilah umum untuk ukuran tersebut.

Ayo, simak ulasan Kania berikut mengenai ukuran kasur yang standar di Indonesia beserta istilah-istilah yang harus kamu ketahui! Ada tips memilih ukuran kasur yang tepat juga, lho!

Standar Ukuran Tempat Tidur

1. Ukuran Tempat Tidur Single 90 cm x 200 cm dan 100 cm x 200 cm

time4sleep.co.uk

Sesuai namanya, kasur euro single dengan lebar 90 cm dan panjang 200 cm merupakan standar ukuran kasur terkecil yang sesuai untuk satu orang, baik anak kecil maupun orang dewasa dengan berat badan rata-rata dan tinggi badan normal. Ukuran kasur ini sering ditemui di perhotelan dan biasanya bukan untuk sharing

Sementara itu, kasur dengan lebar 100 cm dan panjang 200 cm merupakan ukuran kasur yang paling dikenal di Indonesia jika berbicara tentang ukuran tempat tidur single atau tunggal. Berbeda dengan euro single, kasur ini mempunyai lebar ekstra untuk mengakomodasi satu orang tambahan jika diperlukan. Ukuran tempat tidur single pun cocok digunakan di kamar anak ataupun kamar kos.

2. Ukuran Tempat Tidur
Double
120 cm x 200 cm

yigitalp.com

Dengan lebar 120 cm dan panjang 200 cm, ukuran tempat tidur double atau ganda sering dikenal dengan super single karena hanya lebih besar sedikit dari ukuran tempat tidur single. Dikenal dengan istilah twin bed di dunia perhotelan, kasur ini tetap diperuntukkan untuk satu orang saja. Ukuran tempat tidur double cocok bagi anak remaja hingga orang dewasa dengan ukuran badan yang agak besar atau di atas rata-rata.

3. Ukuran Tempat Tidur
Queen
160 cm x 200 cm

bedrockfurniture.co.uk

Layaknya seorang ratu, ukuran tempat tidur queen cocok untuk individu-individu yang membutuhkan ruang gerak ekstra karena lebih memadai dibandingkan ukuran tempat tidur double. Biasanya dalam dunia perhotelan, ukuran tempat tidur queen dengan lebar 160 cm dan panjang 200 cm diperuntukkan untuk dua orang.

Banyak pasangan yang memilih kasur dengan ukuran queen jika harus menyiasati kamar tidur dengan luas terbatas. Ukuran tempat tidur ini menjadi standar ukuran kasur yang diperuntukkan bagi dua orang.

4. Ukuran Tempat Tidur
King
180 cm x 200 cm

zinhome.com

Sesuai namanya, ukuran kasur dengan lebar 180 cm dan 200 cm ini nyaman, luas, dan sangat memadai dibandingkan dengan ukuran tempat tidur sebelumnya. Saat memesan kamar dengan ukuran tempat tidur king di hotel, tentu harganya akan lebih mahal dengan ruangan yang lebih ekslusif. Pada umumnya, ukuran kasur ini diletakkan pada kamar tidur utama. Selain dapat mengakomodasi dua orang dewasa dengan leluasa, ukuran kasur ini memungkinkan orangtua untuk tidur bersama dengan anaknya yang masih kecil.

5. Ukuran Tempat Tidur
Super King
200 cm x 200 cm

wimex.co.uk

Ukuran tempat tidur terbesar ini layaknya dua kasur single yang digabungkan menjadi satu. Ukuran tempat tidur super king bisa memuat hingga tiga orang dewasa ataupun dua orang dewasa dengan satu anak.

Tips Memilih Ukuran Tempat Tidur

today.com

1. Sesuaikan Ukuran Tempat Tidur dengan Ruang Kamar

Sebelum membeli kasur, sesuaikanlah ukuran kasur atau tempat tidur dengan luas ruangan kamar. Pastikan setelah kasur diletakkan, kamar masih bisa diakses dengan nyaman dan leluasa. Posisi dan sisa ruang gerak harus tetap memadai agar akses keluar masuk kamar tidak terblokir.

2. Sesuaikan Ukuran Tempat Tidur dengan Pengguna

Memilih ukuran tempat tidur juga perlu disesuaikan dengan pengguna kasur. Pertimbangkan jumlah pengguna, ukuran tubuh, dan kebiasaan tidur pengguna. Jangan lupa, pikirkan juga secara saksama kegunaan kasur tersebut dalam jangka panjang.

overstock.com

Hal ini sangat berpengaruh jika kamu memilih ukuran tempat tidur untuk anak kecil. Pertumbuhan badan mereka yang pesat tentu perlu dipertimbangkan karena kasur atau tempat tidur merupakan kebutuhan kamar tidur yang semestinya bertahan lama. Usahakan untuk membeli ukuran tempat tidur single jika ingin mengakomodasi si kecil hingga dia remaja. 

Pada dasarnya, semua merek kasur memiliki ukuran-ukuran yang dibahas di atas, seperti produk milik kasur Alga dan kasur Elite. Beberapa hal yang membedakannya hanya bahan tiap elemen kasur saja.

Kalau kamu sedang mencari kasur, Dekoruma menyediakan banyak ragam kasur, lho! Mulai dari kasur busa, memory foam, hingga spring bed. Untuk spring bed, Dekoruma menyediakan spring bed Dunlopillo, King Koil, Lady Americana, dan kasur The Luxe. Semoga ulasan Kania ini dapat membantu kamu menemukan ukuran kasur yang tepat untuk keperluan istirahatmu, ya!

Kamu sedang mencari rumah dijual di Jakarta Barat? Kamu bisa menemukannya melalui Dekoruma Properti, lho! Ada berbagai pilihan rumah dijual dengan harga terbaik untukmu. Tak hanya di daerah Jakarta Barat saja, tapi juga ada di berbagai wilayah Jabodetabek. Tunggu apa lagi? Yuk, temukan rumah impianmu bersama Dekoruma!